Kuasailah Teknologi, Bukan Teknologi yang Menguasaimu

17 Juni 2017 15:56:03 Diperbarui: 17 Juni 2017 16:48:55 Dibaca : 8 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

TIK berkembang sejalan dengan perkembangan zaman, dan semakin berkembang pesat di abad 21 ini. Penguasaan TIK menjadi suatu hal yang penting agar kita tidak tertinggal dan kehilangan informasi serta dapat bersaing secara global. TIK bukan lagi suatu hal yang mewah dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, tetapi sudah menyatu dalam segala aspek kehidupan manusia di semua kalangan. Apalagi dalam dunia pendidikan. Bagi guru keterampilan dan penguasaan TIK mutlak diperlukan dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan.

Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran harus mampu menyediakan ruang dan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan, dan hal itu dapat tercapai salah satunya dengan penggunaan TIK sebagai sarana dalam belajar. Siswa kita sudah sangat akrab dengan TIK, karena mereka sejak belum lahir sampai dengan saat ini memang sudah berada dalam era digital. Sedangkan guru baru mengenal TIK setelah mereka menjadi guru, sehingga tingkat kemampuan penggunaan TIK guru masih jauh dibawah dari siswa siswanya. Itulah yang harus diatasi oleh guru zaman ini.

Tuntutan zaman dan tuntutan profei seorang guru inilah yang memotivasi saya dalam mengikuti Training ini. Selain dapat mengimbangi kemampuan siswa dalam pemanfaatan TIK, keinginan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan dengan TIK sebagai alat bantunya dapat saya capai. Selain itu salah satu usaha membendung dampak negative TIK terutama di kalangan pelajar, adalah dengan menggunakan TIK tersebut di jalur yang positif. Kuasailah teknologi, pergunakanlah dengan bijak, jangan sampai teknologi yang menguasaimu.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana