Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Human Resources - Dulu Pekerja Kantoran, sekarang manusia bebas yang terus berkaya

Membaca, menulis hasil merenung sambil ngopi itu makjleb, apalagi sambil menikmati sunrise dan sunset

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Jelajah Masjid, Agenda Tak Sengaja tapi "Joss" di Bulan Ramadan

20 Mei 2018   11:18 Diperbarui: 21 Mei 2018   10:13 1287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Jami Tunggal Bakti (Sumber : dok.pribadi)

Sebab sering terjebak macet saat pulang kerja menuju rumah membuat saya sering mampir ke masjid untuk berbuka puasa. Sebut saja safari atau jelajah masjid numpang berbuka dan sholat maghrib . Praktis tahun lalu saja ada hampir 10 kali saya mampir ke masjid saat berbuka puasa. 

Senang berbuka di masjid. Selain dapat takjil gratis (wew 😀) juga bisa melihat rahmah keindahan sebuah masjid, mempererat tali silaturrahim ukhuwah Islamiyah dengan sesama jemaah serta merasai aura ritmis suasana ramadhan, spiritual disana. Jika kebetulan sedang ada makanan saya letakkan makanan yang saya bawa di hidangan bersama. Kalau tidak bawa ya menyelipkan infaknya agak diperbanyak sedikit dari biasanya.

Dari beberapa masjid yang saya kunjungi saat buka puasa, ada 5 yang jadi Favorit saya

  1. Masjid Al Falah di Jalan Rajawali Palembang. Masjid ini rame pake banget. Jemaahnya beragam, dari yang pake. Gamis dan sorban serta perempuannya bercadar, sampai yang  hijab biasa seperti saya.  Seingat saya mampir berbuka disana karena kebelet pengen makan sate untuk makan malam setelah taraweh. Beli sate dan dibungkus untuk dibawa pulang. Lokasi masjid itu dekat dengan Sate Soepardi di Jalan Rajawali Palembang. Masjidnya besar dan ruangan belakang untuk marbot dan petugas cukup luas. 
  2. Masjid Jami Tunggal Bakti di dekat Pempek Tince di Tugu Mulyo Palembang. Masjidnya megah. Bersih. Suka pokoknya. Setelah membeli pempek dan model Tince yang terkenal yummy itu eh 20 menit lagi jadwal adzan maghrib, gak mungkin saya langsung pulang mengingat jalanan macet. Bukalah saya disana.
  3. Masjid Baiturahman di Jalan Letnan Mukmin di belakang Hotel Santika Palembang. Ke masjid ini asli karena semua jalan menuju alur saya pulang kena macet. Terpaksa putar arah mencari jalan alternatif. Subhanalah berkat putar arah karena macet saya jadi berbuka puasa disini. Jadi suka dengan masjid ini
  4. Masjid atau tepatnya mushollah (langgar) Miftahul Jannah dekat pempek panggang (terimakasih Deddy Huang yang mengingatkan saya nama mushollah ini) Di dempo. Yang saya ingat masjid ini dulunya mungkin surau (langgar) tapi sangat hidup dan bermanfaat bagi umat Islam yang melaksanakan aktivitas di lokasi perdagangan pusat Kota Palembang. Di depan masjid atau mushollah ini ada kedai pempek yang saya lupa namanya. Terkenal book kedai ini karena lemak nian Pempek tunu atau pempek panggang dan pempek lenggangnya. Spesial dan tradisional dipanggang dengan arang dan pake daun pisang (loh malah cerita soal pempek😁)
  5. Masjid Darussaid atau wong Plembang menyebutnya Masjid Abi Asan di Jalan. MP. mangkunegara, Kenten Palembang. Ini masjid paling megah dan saya suka banget. Jemaahnya banyak, hidangan berbuka di letakkan ala munggahan (ngidang) di Kampung Al Munawar. Masjid ini favorit saya banget karena selain megah dan besar dan buka puasanya rame juga karena lokasinya di jalur saya pulang ke rumah. Saya sempat melihat bahwa marbot dan panitia buka puasa mendapat kiriman nasi bungkus dari sebuah Rumah Makan Padang yang cukup terkenal di Palembang. Alhamdulillah, senang melihatnya.

Masjid Jami Tunggal Bakti (Sumber : dok.pribadi)
Masjid Jami Tunggal Bakti (Sumber : dok.pribadi)
Masjid Darussaid (Dok,pribadi)
Masjid Darussaid (Dok,pribadi)
Suasana dalam Masjid Darussaid (dok.pribadi)
Suasana dalam Masjid Darussaid (dok.pribadi)
Hidangan sederhana pemecah buka puasa (dok.pribdi)
Hidangan sederhana pemecah buka puasa (dok.pribdi)
Ukhuwah di Masjid Darussaid (dok.pribadi)
Ukhuwah di Masjid Darussaid (dok.pribadi)
Demikian 5 masjid Favorit saya saat Ramadhan bagi saya. Favorit karena suka dengan suasananya. Favorit untuk mampir saat berbuka puasa. Masjid Agung yang merupakan masjid paling tua, besar dan megah di Palembang juga favorit sih. Hanya karena letaknya jauh dari rumah saya dan nyaris saya belum pernah buka puasa disana. Satu lagi, masjid Jamiatul Muslimin di komplek rumah saya, ini favorit juga karena tempat malaksanakan taraweh saat sempat (saya lebih sering taraweh di rumah)

Sudah berapa masjid yang kamu mampiri? Ayo mampir buka di masjid. Seru loh. Kapan lagi sempat bersilaturrahim dengan semua kalangan umat kalau gak ke Masjid dan menyampaikan amal ke kotak infaq secara langsung kalau gak karena bulan ramadhan penuh hikmah ini.

Semoga Ramadhan ini serta semua masjid yang melaksanakan aktivitas keagamaan bagi umat membawa berkah bagi saya dan kita semua. Kalau ke Palembang cari pempek dan cari masjid-masjid ini ya gaes.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan hari ke 5 bagi yang menjalankankan. Salam Ramadhan. Salam Kompal.  Salam Nusantara. Salam kompak selalu.

Logo Kompal (dok.Kompal)
Logo Kompal (dok.Kompal)
 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun