Mohon tunggu...
Dr. Elkana Timotius
Dr. Elkana Timotius Mohon Tunggu... Freelancer - Retail Expert, Industrial Engineer, Wedding MC, Tour Leader, Nature Photographer, Road Cyclist!

Live Passionately...

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Tour Leader, Pemimpin yang Melayani

20 Juli 2018   20:19 Diperbarui: 23 Juli 2018   08:27 2455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak wisatawan yang telah menjadi korban para oknum. Umumnya mereka mengalami kerugian akibat pihak penyelenggara wisata tidak memberikan pelayanan yang sesuai dan memenuhi komitmen yang dijanjikannya pada saat para calon korban mendaftarkan diri mengikuti suatu paket wisata.

Kerugian yang dialami bukan hanya dari segi uang dan waktu yang hilang percuma namun juga secara emosional, rasa kuatir, malu, dan marah. Berita yang cukup menghebohkan baru saja terjadi ketika seorang pemimpin kelompok wisatawan (Tour Leader) tiba-tiba menghilang dan tidak bisa dihubungi. Tentu saja kejadian ini membuat resah dan kuatir para wisatawan yang sedang dipimpinnya, apalagi terjadi di luar negeri.

Menjadi seorang Tour Leader tidaklah semudah yang dibayangkan. Kebanyakan orang menilai bahwa pekerjaan sebagai Tour Leader sangat sederhana dan menyenangkan karena bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri. Orang awam banyak beranggapan bahwa tidak diperlukan keahlian dan pendidikan khusus untuk menjadi seorang Tour Leader sehingga siapapun bisa menjadi Tour Leader. Padahal, sejatinya syarat untuk menjadi seorang Tour Leader tidak semudah yang dipikirkan selama ini. Kemampuan berbahasa asing dan pengalamannya berpergian ke luar negeri tidaklah cukup untuk menjadi seorang Tour Leader.

Tour Leader menjadi ujung tombak dari suatu biro perjalanan wisata (Travel Agent). Paket wisata yang sudah dikemas menarik oleh biro perjalanan wisata akan menjadi sia-sia bila pada pelaksanaannya Tour Leader tidak mampu menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya dengan baik. 

Seorang Tour Leader harus memiliki pandangan yang benar terhadap pekerjaannya karena dia tidak sekadar menjadi pemimpin bagi wisatawan-wisatawan dalam kelompoknya. Para wisatawan selalu berharap mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat pergi berlibur sehingga mereka berharap kehadiran Tour Leader dapat mendukung terwujudnya impian mereka. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi, handal untuk mencari solusi bila ada masalah, disiplin, dan bertanggung jawab menjadi salah satu kriteria mendasar yang patut dimiliki oleh seorang Tour Leader.

Kebersamaan Tour Leader Saat Menjalankan Tugasnya di Luar Negeri
Kebersamaan Tour Leader Saat Menjalankan Tugasnya di Luar Negeri
Pekerjaan Kelas Dunia

Salah seorang pakar perjalanan wisata mengatakan bahwa pekerjaan seorang Tour Leader merupakan pekerjaan kelas dunia. Pernyataan ini bukan berarti karena pekerjaannya yang berkeliling dunia tapi karena pekerjaan ini memerlukan suatu keahlian yang tidak semua orang bisa melakukannya. 

Sama seperti pekerjaan profesional lainnya, misalkan: pilot, dokter, mekanik, maka seorang Tour Leader sebaiknya terdaftar dalam organisasi resmi, tergabung dalam komunitas, dan memiliki sertifikasi yang menjadi bukti kompetensi terkait dengan pekerjaannya. Ada berbagai aturan dan etika yang mengikat seorang Tour Leader saat menjalankan pekerjaannya. Hal ini tentunya dapat meminimalisir risiko dan kejadian-kejadian yang tidak diharapkan oleh para wisatawan selama perjalanan dilakukan.

Pekerjaan seorang Tour Leader sangat kompleks karena dia bukan hanya menjadi pemimpin bagi sekelompok wisatawan sebelum, selama, dan sesudah perjalanan namun juga harus mampu berkoordinasi dengan seluruh pihak yang terlibat, seperti: pramuwisata setempat (local guide), transportasi, restoran, hotel, objek wisata, dan sebagainya.

Saat menjalankan tugasnya di luar negeri, kekompakan dan kebersamaan antar Tour Leader juga sangat perlu dibangun. Seringkali dalam kondisi darurat para Tour Leader yang berasal dari travel agent yang berbeda saling bahu-membahu bekerjasama untuk menolong, mencari solusi, dan menyebarkan informasi yang bermanfaat. Dalam dunia Tour Leader tidak ada istilah senior dan yunior, tanpa mempedulikan asal travel agent-nya, proses saling belajar dan berbagi harus berjalan tiada henti.

Kompetensi seorang Tour Leader tidak hanya diukur dari seberapa besar pengetahuannya terhadap sejarah suatu daerah atau objek wisata. Seorang Tour Leader harus mampu membangun kebersamaan dan rasa menyenangkan bagi wisatawan yang berada di kelompoknya. Pengalaman dan informasi-informasi inilah yang sulit diperoleh wisatawan bila melakukan perjalanan sendiri dibanding ikut dalam suatu paket wisata.

Pemimpin yang Melayani

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun