Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy ibu rumah tangga

Ibu dari 3 putra-putri, momwriter & Blogger. Contact : Twitter @mutia_karamoy, Email elisakaramoy30@gmail.com, Blog www.elisakaramoy.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Berburu Rumah Idaman di Perumahan Bukittinggi

23 Agustus 2015   07:31 Diperbarui: 23 Agustus 2015   08:09 134 0 0

Saat ini, Kota Bukittinggi mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa pesat, baik dalam sektor perdagangan dan industri pariwisata maupun meningkatnya jumlah penduduk. Tingkat kepadatan penduduk pada tahun-tahun terakhir ini mencapai 4.400 jiwa per kilometer persegi, hal ini menunjukkan bahwa Kota Bukittinggi merupakan kota yang sangat potensial untuk dijadikan tempat tinggal dan mengembangkan usaha perekonomian masyarakat. Kenaikan jumlah penduduk tentu tidak lepas dari kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal. Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka perumahan Bukittinggi harus terus di bangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah tinggal.

Selain dikenal sebagai kota perdagangan sejak zaman dahulu, Kota Bukittinggi juga dikenal memiliki pemandangan alam yang indah. Dengan letak geografis yang berada pada rangkaian Bukit Barisan yang membujur di sepanjang Pulau Sumatera dan dikelilingi oleh dua gunung berapi, yaitu Gunung Singgalang dan Gunung Marapi, tak pelak lagi kota ini memiliki pemandangan alam pegunungan yang pastinya sangat indah. Dengan topografi kota yang berbukit dan berlembah, membuat kota ini sangat dikenal dalam industri pariwisata Indonesia, sebagai kota yang berhawa sejuk dan pemandangan alam yang indah. Bahkan, deretan keutamaan Kota Bukittinggi masih di tambah lagi dengan banyaknya bangunan peninggalan bersejarah yang menunjukkan bahwa kota ini memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah.

Namun, dalam 10 tahun terakhir, geliat pertumbuhan ekonomi kota menyisakan beragam masalah, diantaranya semakin bertambahnya jumlah penduduk yang secara otomatis meningkatkan permintaan akan rumah tinggal nyaman. Kondisi inilah yang kemudian memicu berkembangnya daerah-daerah di sekitar Kota Bukittinggi menjadi pusat pemukiman baru sebagai solusi mengatasi kepadatan pusat kota yang terus meningkat. Di sisi yang lain, tumbuhnya pusat pemukiman baru berpengaruh positif bagi tumbuhnya pusat ekonomi baru di daerah pinggiran tersebut, yang tadinya sepi dan nyaris tak berpenghuni. Namun, di sisi yang lain, semakin melebarnya daerah perkotaan membuat akses informasi untuk masyarakat yang tadinya sangat cepat dan mudah, menjadi lebih sulit.

Kemajuan teknologi ternyata berpengaruh positif bagi kemudahan masyarakat untuk mengakses informasi, terutama informasi tentang pencarian rumah idaman yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Yah...memang, rumah memang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi sebagai tempat berlindung dari hujan, panas, binatang buas, dan lain-lain. Hadirnya Urbankompas sebagai portal informasi properti di Kota Bukittinggi dan sekitarnya merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat, baik di Kota Bukittinggi maupun di seluruh Indonesia, akan informasi yang mudah dan cepat tentang rumah di jual atau sewa rumah Bukittinggi.

Keberadaan portal informasi jual beli atau sewa rumah, tentu saja memudahkan masyarakat untuk berburu rumah idaman tanpa harus bersusah payah dan menghabiskan banyak waktu berkeliling ke seluruh penjuru kota. Hanya dengan menekan tuts keyboard komputer, maka informasi yang diinginkan akan hadir dengan cepat dan lengkap. Bahkan, dengan bantuan website Urbankompas, profil informasi properti disajikan dengan lengkap dan akurat. Bahkan, foto-foto yang menunjukkan tiap sudut properti tersebut ditampilkan sejelas dan seakurat mungkin.

Meskipun keberadaan portal properti seperti Urbankompas memberi banyak kemudahan bagi masyarakat untuk mencari informasi secara cepat dan mudah, namun untuk memilih rumah yang benar-benar merupakan idaman sejak lama bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk mendapatkan rumah idaman yang benar-benar nyaman untuk ditinggali bersama keluarga dalam waktu yang lama bahkan seumur hidup. Berikut beberapa kriteria atau point yang mungkin bisa membantu untuk mendapatkan dan memilih rumah sesuai yang diidam-idamkan.

  1. Lokasi Perumahan. Lokasi perumahan sangat menentukan kenyamanan untuk tinggal di rumah tersebut. Jika rumah tersebut berada pada lokasi perumahan yang aman dan strategis, tentu para penghuninya akan merasa nyaman berada di rumah tersebut. Selain itu, pastikan perumahan tersebut telah dilengkapi faslitas-fasilitas yang sangat penting seperti rumah ibadah, pasar, sekolah atau fasilitas pendidikan, dan klinik atau bahkan rumah sakit. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan bahwa fasilitas infrastruktur jalan dalam kondisi yang baik dan tidak rusak sehingga akses transportasi dari dan menuju lokasi perumahan lancar dan tanpa hambatan. Satu hal yang juga sangat penting adalah pastikan struktur tanah di mana perumahan tersebut berlokasi tidak ada masalah dan dalam kondisi baik agar di kemudian hari tidak menimbulkan masalah baru.
  2. Developer perumahan. Pastikan pengembang atau developer yang membangun perumahan tersebut terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik. Selain itu, pastikan bahwa developer tersebut telah memiliki kelengkapan perizinan untuk membangun perumahan tersebut agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari. Pastikan juga rumah tersebut telah dilengkapi sertifikat tanah dan bangunan yang jelas, jika meragukan maka bisa mengeceknya melalui Badan Pertahanan dan Pemerintah Daerah setempat.
  3. Sesuaikan dengan budget yang disiapkan. Ada puluhan bahkan ratusan rumah yang mungkin sesuai dengan kriteria idaman, namun tidak semua rumah tersebut sesuai dengan besarnya budget yang dimiliki. Untuk itu, saringlah beberapa rumah yang sesuai dengan kriteria idaman kemudian pilihlah rumah yang biayanya sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Untuk kebutuhan ini, portal jual beli dan sewa properti Urbankompas telah menyediakan fasilitas fitur pencarian properti sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Tinggal memasukkan kata kunci, maka dengan cepat informasi tersaji di layar komputer. Namun jika budget yang dimiliki tidak banyak, maka solusi paling mudah adalah dengan bantuan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), fasilitas yang diberikan pemerintah melalui pihak perbankan untuk membantu masyarakat memiliki rumah idaman secara kredit. Meskipun demikian, pastikan besarnya kredit yang diambil sesuai dengan kemampuan keuangan agar cicilan yang harus di bayar setiap bulan tidak memberatkan masyarakat itu sendiri.
  4. Sesuaikan dengan rencana jangka panjang. Bagi keluarga muda, pilihlah rumah sesuai dengan rencana yang telah disusun tentang jumlah anggota keluarga beberapa tahun ke depan. Berapa jumlah anak dan anggota keluarga lainnya yang akan tinggal bersama di rumah tersebut merupakan salah satu kriteria penting untuk memilih rumah idaman yang nyaman untuk ditinggali seumur hidup.
  5. Jika memungkinkan, cari tahu Rencana Tata Ruang Kota di mana lokasi rumah yang akan dibeli tersebut berada. Meskipun bukanlah hal yang penting, namun mengetahui rencana pengembangan kota di mana lokasi perumahan tersebut berada akan membantu rencana jangka panjang selama tinggal di rumah tersebut.

Tidak mudah memang berburu rumah idaman, membutuhkan alokasi waktu dan kerja keras untuk mendapatkan rumah sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan hadirnya portal jual beli dan sewa properti seperti Urbankompas, sedikit banyak hal-hal yang tadinya sulit akan sedikit terbantu sehingga berburu rumah di beberapa Perumahan Bukittinggi menjadi lebih mudah, cepat, dan nyaman. Tentu saja nyaman, karena berburu rumah di Urbankompas dapat dilakukan dari mana saja bahkan dari kamar tidur sekalipun, dan kapan saja selama 24 jam dalam 7 hari melalui berbagai macam gadget yang dimiliki, seperti smartphone, tablet, atau netbook.

Selamat berburu rumah idaman!