Efron Dwi Poyo
Efron Dwi Poyo

Fanatik FC Bayern München. Mia San Mia

Selanjutnya

Tutup

Adakah Jabatan Sejenis “KAPOLRI” di Amerika Serikat?

9 Februari 2015   14:31 Diperbarui: 17 Januari 2016   16:06 14820 0 0
Adakah Jabatan Sejenis “KAPOLRI” di Amerika Serikat?
14233742051479077688

Seorang bintara polisi di Indonesia, sebut saja AIPTU Labora Sitorus, dapat memiliki tabungan sebesar 1,5 trilyun. Apakah kemewahan ini yang membuat jabatan KAPOLRI begitu seksi sehingga banyak orang dan lembaga negera di republik ini “rela” menghabiskan energi demi membincangkan jabatan KAPOLRI? Tau ah gelap! Yang pasti jabatan KAPOLRI sangat seksi, karena langsung di bawah presiden. Ia bukan anggota kabinet, namun penunjukan dan pengangkatan seorang KAPOLRI acapkali menuai persengketaan. Sungguh ironis! Jika ada persengketaan, ia akan memeras energi seorang presiden seperti yang terjadi sebulan terakhir.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Amerika Serikat (AS) merupakan negara demokrasi dengan sistem presidensial tertua di dunia yang berpopulasi penduduk sedikitnya 315 juta jiwa (data 2012) ternyata tidak mempunyai polisi nasional atau federal. Kepolisian di AS paling tinggi pada tingkat negara bagian (state). Pada dasarnya kepolisian di AS dibentuk oleh kepala daerah dan bertanggungjawab atau melapor kepada kepala daerah. Kepolisian di AS dibentuk menurut ciri dan kesesuaian wilayah masing-masing. Tidak ada hubungan komando antara kepolisian yang satu dan kepolisian lainnya. Menurut sifat, kesesuaian (suitability) dan wilayah jurisdiksi kepolisian di AS sebagai berikut:

Kepolisian Negara Bagian (State Police)

Kepolisian Kota Besar (Municipal Police)

Kepolisian Wilayah (Sheriffs)

Kepolisian Tugas Khusus (Specialist Police)

Seorang teman bertanya bukankah FBI adalah polisi federal AS? FBI (Federal Bureau of Investigation) bukanlah lembaga kepolisian. FBI merupakan badan penyidik federal yang dipimpin oleh seorang direktur. FBI merupakan satu dari beberapa badan penegak hukum di bawah departemen keadilan (U.S. Department of Justice), seperti DEA, U.S. Marshals Service, ATF, dan beberapa lainnya, yang dipimpin oleh Jaksa Agung (Attorney General).

Mengapa sih selalu AS yang dirujuk? Apakah karena AS negara demokrasi tertua? Ya, benar. Namun ada alasan sentimental yang jarang diketahui orang Indonesia. Indonesia merupakan satu-satunya negara di luar AS yang pernah menggunakan US. United States of Indonesia. Republik Indonesia Serikat.

 

Kepolisian Negara Bagian (State Police)

Kepolisian negara bagian adalah unik menurut sifat dan kesesuaian wilayah. Tugas umum kepolisian ini ialah menegakkan hukum dan menyidik tindakan kriminal, menegakkan hukum lalu lintas di jalan raya negara dan antar-negara bagian, mengamankan kompleks perkantoran pemerintah negara bagian, melindungi gubernur, melatih polisi lokal di akademi polisi, menyediakan pelayanan teknologi dan ilmiah, serta membantu polisi lokal pada kasus berat yang rumit yang wilayah jurisdiksinya antar-distrik.

Secara umum kepolisian negara bagian di bawah dinas kegubernuran seperti dinas keselamatan umum, dinas perhubungan, atau dinas sumberdaya alam. Namun ada kepolisian yang langsung di bawah gubernur, misalnya Kepolisian Negara Bagian Illinois (Illinois State Police). Sementara Negara Bagian Hawaii tidak menamakan lembaganya dengan police, melainkan dinas keselamatan umum, yang terdiri atas dua divisi: Sheriff dan Badan Pemberantasan Narkotika. Dari 50 negara bagian ada 22 menggunakan istilah state police, 18 mengunakan istilah highway patrol (misal, California yang sangat dikenal dalam film serial CHIPS), dan tujuh menggunakan istilah state patrol.

Kepala kepolisian negara bagian biasanya disebut dengan chief. Pada umumnya mereka diberi pangkat kolonel yang membawahkan pangkat mayor, kapten, letnan, sersan, kopral (tidak selalu), dan petugas (trooper). Tanda pangkat yang diberikan sama dengan angkatan darat. Hanya saja tidak ada penjenjangan untuk pangkat letnan, sersan, dan kopral.

Daftar di bawah adalah contoh pemangkatan Kepolisian Negara Bagian Alabama (Alabama Highway Patrol).

 

 

Sekadar untuk diketahui bahwa negara-negara bagian di AS secara geopolitik membagi daerahnya menjadi beberapa wilayah yang disebut county. Barangkali di Indonesia mirip dengan karesidenan. County yang mempunyai kota metropolitan cenderung mempunyai kepolisian sendiri yang disebut dengan county police. Namun tidak selalu demikian. Sebagai contoh Negara Bagian Hawaii. Walaupun Hawaii merupakan negara bagian, namun kepolisiannya mirip dengan county police. Pada pihak lain ada county yang dijaga oleh kantor/dinas sheriff. Jadi penentuan jenis tingkat kepolisian sangat bergantung pada sifat dan kesesuaian wilayah masing-masing.

Kepolisian Kota Besar (Municipal Police)

Kota-kota besar di AS memiliki lembaga kepolisian menurut sifat dan kesesuaian kota masing-masing. Semakin besar kota dan penduduknya, maka semakin besar jumlah petugas polisi yang dibutuhkan. Tidak ada hubungan komando antara kepolisian kota besar dan kepolisian negara bagian. Tata kelola organisasi kepolisian kota besar sangat beraneka dan setiap kota tidak selalu sama. Kesamaannya hanya terletak pada induknya, yakni di bawah kantor pemerintah lokal atau walikota. Pengangkatan dan pemberhentian kepala polisi dilakukan oleh walikota.

Penamaan atau penyebutan kepala kepolisian kota besar juga tidak sama. Di Kota New York kepala polisi disebut dengan chief, sedang di Kota Chicago disebut dengan superintendent. Kepolisian Kota New York (NYPD) merupakan kepolisian lokal terbesar di AS yang diikuti Kepolisian Kota Chicago (CPD) sebagai terbesar yang kedua, kemudian disusul peringkat ketiga oleh Kepolisian Kota Los Angeles (LAPD). Contoh pemangkatan kepolisian kota besar.

Daftar pemangkatan NYPD

1423374267246177063
1423374267246177063

 

Daftar pemangkatan CPD

14233743381761033606
14233743381761033606

 

Kepolisian Wilayah (Sheriffs)

Data 2008 menyebutkan ada sekitar 3.085 sheriff di AS. Dari yang berkekuatan dua orang saja sampai yang sangat besar seperti Los Angeles County Sheriff's Department (LACSD). Meskipun bertipe sherrif, LACSD merupakan organisasi terbesar keempat setelah NYPD, CPD, dan LAPD. Ada dua negara bagian yang tidak menerapkan sheriff: Alaska dan Connecticut.

Berbeda dari kepala polisi, sheriff bukan diangkat oleh kepala daerah, melainkan dipilih oleh rakyatdaerah yang bersangkutan. Meskipun demikian kepala daerah setempat dapat memberhentikan seorang sheriff, jika ia melanggar kode etik jabatan. Masa jabatan sheriff selama empat tahun yang berlaku di 42 negara bagian, sedang Massachusetts enam tahun, New Jersey tiga tahun, serta New Hampshire dan Arkansas dua tahun.

Tugas sheriff tidak jauh berbeda dari kepolisian kota besar. Makin besar tugas yang diemban mereka dalam penegakan hukum, makin besar kekuatan sheriff. Istilah sheriff sendiri merujuk satu orang. Sheriff adalah seorang yang memimpin organisasi ke-sheriff-an. Seorang sheriff dibantu/didukung mulai dari satu orang saja, ratusan orang seperti pada San Francisco Sheriff’s Department (SFSD), sampai ribuan orang seperti LACSD yang memekerjakan sebanyak 18.347 orang (data 2010).

Daftar di bawah contoh pemangkatan sheriff SFSD.

14233744651256249944
14233744651256249944

 

 Kepolisian Tugas Khusus (Specialist Police)

Oleh karena ada keterangan tugas khusus, kita jangan membayangkan kepolisian jenis ini seperti komando pasukan khusus. Yang dimaksud dengan kepolisian tugas khusus ialah polisi penjaga keamanan pada tempat-tempat khusus, seperti misalnya polisi bandar udara, polisi pelabuhan, polisi kampus, polisi lingkungan sekolah, polisi penjaga kantor atau aset pemerintah daerah, polisi taman, dan lain sebagainya. Selain untuk membuat rasa aman polisi ini juga bertugas menegakkan hukum di wilayah jurisdiksinya.

Pengangkatan dan pemberhentian kepala polisi tugas khusus ini diwewenangi oleh otoritas tempat polisi itu bertugas. Misal, polisi kampus oleh rektor atau otoritas kampus, polisi pelabuhan oleh otoritas pelabuhan, dan lain sebagainya. Pemangkatan sangat beraneka sesuai dengan sifat dan kesesuaian tempat.

Daftar pemangkatan Polisi Pelabuhan New York dan New Jersey

1423374519177809812
1423374519177809812

 

 

Refleksi

Penjelasan mengenai lembaga kepolisian di atas sudah pasti jauh dari memadai. Ada sangat banyak badan penegak hukum di AS. Selain kepolisian dan badan penegak hukum federal di bawah jaksa agung di atas masih banyak lagi penegak hukum federal di bawah departemen keamanan dalam negeri AS dan beberapa departemen lainnya.

Dengan begitu banyak badan penegak hukum memang menimbulkan kerumitan dan ketidaklenturan dalam bekerja. Mereka melekat pada wilayah jurisdiksi masing-masing. Tidak jarang mereka berbenturan dalam penegakan hukum dalam arti jika berhadapan pada wilayah abu-abu antara hukum wilayah/negara bagian dan hukum federal.

Namun sisi positifnya tidak ada orang/pihak yang diberi kesempatan membuat kerajaan hukum di dalam lembaga. Jika ada yang mencobanya, maka badan penegak hukum lainnya akan memberikan perlawanan hukum. Seorang deputi sheriff bahkan dapat menangkap seorang agen federal, jika ia melanggar hukum di wilayah jurisdiksi sheriff. Dengan tidak adanya hubungan komando antara sheriff dan agen federal, maka penyelesaian hukum bebas dari intervensi eksekutif, karena seorang sheriff dipilih oleh rakyat di wilayahnya.

Sisi positif lainnya yang tidak kalah penting ialah ketika kita menonton film tentang polisi, kita sudah mempunyai kilasan penggambaran struktur kepolisian di AS. :-)

Sangat berbeda dengan wajah badan penegak hukum di Republik Indonesia, yang merupakan satu-satunya negara di luar AS yang pernah menggunakan US. United States of Indonesia. Republik Indonesia Serikat.