Thank God, It's Friday the Thirteenth

13 Juli 2012 03:34:43 Dibaca :
Thank God, It's Friday the Thirteenth
(foto : www.shutterstock.com)

Hari ini adalah hari Jumat, tanggal 13 : Friday the thirteenth. Dalam dunia folklor tradisional dan modern, hari Jumat punya posisi khusus. Dari sisi tradisional Jumat adalah hari buruk, atau unlucky day. Jumat dianggap sebagai unlucky day sejak abad 14, dan amalgamasinya dengan tanggal 13, Friday the thirteenth, mulai dikenal orang sebagai hari menyeramkan mulai abad ke 19. Kenapa pula tanggal 13? Itu karena tanggal 13 dipandang sebagai angka yang tak umum dipakai setelah angka 12 yang memiliki makna ‘sempurna’. Sempurna karena ada 12 bulan dalam setahun, karena 12 adalah angka terakhir dalam putaran jam, karena 12 adalah jumlah dewa Olympus, 12 murid Jesus.

Angka 13, itulah sebabnya, seringkali dihindari untuk nomor rumah, nomor telepon, nomor mobil, nomor lantai gedung, dan sebagainya. Fobia terhadap angka 13 menjadi gejala universal. Sebagian pebisnis juga memilih untuk tidak meresmikan gedung, meresmikan pabrik, atau serah terima jabatan pada tanggal 13. Lebih dihindari lagi bila tanggal 13 jatuh pada hari Jumat.

Dalam dunia modern, hari Jumat boleh jadi tidak sesangar jaman sebelumnya. Di dunia barat, Jumat adalah akhir weekdays (hari kerja dalam seminggu), yang besoknya adalah weekends (akhir minggu), sehingga muncul jargon Thank God It’s Friday (TGIF) di kalangan para pekerja yang amat berharap segera datangnya weekends buat santai dan menghibur diri.

Dalam dunia Islam, Jumat adalah hari yang khusus, dan tak sedikit sekolah bernuansa Muslim pilih libur hari Jumat sebagai ganti Minggu. Dan setidaknya di Indonesia, Jumat dinobatkan sebagai hari pendek, yang membolehkan orang bekerja tak sepenuh hari-hari biasa, karena kaum lelaki Muslim wajib berangkat ke Masjid untuk shalat Jumat. Karena ‘hari pendek’ itulah dulu di negeri ini Jumat diberi gelar sebagai ‘Hari Krida”, di hari mana kegiatan kantor dan sekolah diawali dengan senam pagi dan olahraga. Faktor-faktor inilah yang membuat Jumat menjadi hari yang menyenangkan, meski bagi para pebisnis, Jumat adalah hari yang ‘rush’ karena besok dan lusanya, transaksi perbankan non-ATM tak bisa dilaksanakan.

Bagi saya, semua tanggal sama, dan saya memilih tanggal 13 setiap bulan sebagai hari penggajian para guru bahasa Inggris yang bekerja pada kursusan saya. Judul artikel di atas, adalah kutipan salah satu status facebook guru bahasa Inggris yang bekerja pada saya.

Thank God, It’s Friday the thirteenth, yang dimaksud status FB itu maksudnya adalah Terimakasih Tuhan, ini Jumat tanggal 13: waktunya gajian dan waktunya santai setelah kerja seminggu. Selebihnya, kita wajib berterimakasih kepada Tuhan atas semua hari-hari produktif yang dikaruniakan pada kita. Tuhan melimpahkan berkah dam rejeki kepada kita tanpa pilih-pilih hari.

Rujukan :

www.en.wikipedia.org

Eddy Roesdiono

/eddyroesdiono

TERVERIFIKASI (HIJAU)

'S.C'. S for sharing, C for connecting. They leave me with ampler room for more freedom for writing. PIN BB 7E5CBA67
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?