Mohon tunggu...
Eddy Roesdiono
Eddy Roesdiono Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris, Penerjemah, Copywriter, Teacher Trainer -

'S.C'. S for sharing, C for connecting. They leave me with ampler room for more freedom for writing.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengajar Bahasa Inggris dengan Lagu

6 Maret 2012   06:23 Diperbarui: 25 Juni 2015   08:27 4860
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1331014882444476395

Guru bahasa Inggris kerap kali berhadapan dengan berbagai situasi di mana siswa bosan dengan class action (tindakan kelas) yang monoton. Itulah sebabnya, amat disarankan guru bahasa Inggris mencari variasi-variasi class action agar suasana belajar selalu lively dan exciting.

Aktivitas listening melalui lagu bisa jadi pengusir bosan dan alternatif menarik. Hanya saja banyak guru masih bertanya-tanya bagaimana aktivitas listening dengan lagu dijalankan dengan varian-varian menarik.

Ijinkan saya berbagi kiat-kiat varian class action tersebut, berdasarkan pengalaman 25 tahun mengajar bahasa Inggris.

Okay, Anda kini sudah siap dengan CD atau kaset atau media digital. Lagu yang sudah Anda siapkan, misalnya, adalah ARE YOU LONESOME TONIGHT? lantunan asli Elvis Presley yang amat kondang itu. Anda juga sudah browsing via google untuk mendapatkan lirik lagu itu (bila dibanding dengan usaha mendengar sendiri lagu dan mencatat liriknya, browsing lirik menghemat tenaga dan membebaskan Anda dari kesalahan dengar).

Hendak diapakan lagu dan lirik tersebut? Apa yang harus dikerjakan siswa di dalam kelas dalam kaitan belajar listening? Ini dia kiat-kiatnya.

[caption id="attachment_164928" align="aligncenter" width="332" caption="Contoh lirik asli (foto : lit-torture.blogspot.com)"][/caption]

# 1 GAP FILLING

Ini adalah jenis paling tipikal. Anda siapkan liriknya, kemudian hapus bagian kata yang Anda jadikan sasaran belajar dengar, gantikan dengan garis kosong. Tugas siswa adalah mendengar lagu dan mengisi bagian kosong itu selagi mendengar lagu (gap filling = mengisi celah).

Bagian atau kata apa saja yang perlu Anda kosongkan? Itu tergantung tujuan latihan listeningnya. Lagu ARE YOU LONESOME TONIGHT, misalnya, untuk kelas-kelas tingkat awal, bisa saya gunakan untuk menyimak baik-baik ‘yes/no question’ ‘APAKAH’ yang dalam bahasa Inggris bisa diwakili auxiliary verbs macam are, is, am, do, does, did, have, will dan sebagainya. Jadi tampilan LKS (Lembar Kerja Siswa) Anda akan seperti ini :

Are You Lonesome Tonight?

By Elvis Presley

________ you lonesome tonight,

______ you miss me tonight?

_____ you sorry we drifted apart?

______ your memory stray to a brighter sunny day

When I kissed you and called you sweetheart?

_____ the chairs in your parlor seem empty and bare?

____ you gaze at your doorstep and picture me there?

____ your heart filled with pain, shall I come back again?

Tell me dear, ______ you lonesome tonight?

Bila kelas Anda berlevel tinggi, gap filling Anda bisa saja berupa kata-kata sulit, kata-kata kerja, kata-kata sifat atau jenis-jenis kata yang lain. Mari lihat contoh :

Are You Lonesome Tonight?

By Elvis Presley

Are you ________________ tonight,

Do you ____________ me tonight?

Are you sorry we _________ apart?

Doesyour memory __________ to a brighter sunny day

When I kissed you and called you ______________?

Do the chairs in your __________ seem empty and bare?

Do you _________ at your doorstep and picture me there?

Is your heart __________ with pain, shall I come back again?

Tell me dear, ______ you lonesome tonight?

I ___________ if you're lonesome tonight

You know _________________ said that the world's a stage

And each must play a ____________.

Fate had me ______________ in love you as my sweet heart.

Act one was when we met, I loved you at first _____________

You read your line so ______________ and never missed a cue

Then came act two, you seemed to change and you ____________ strange

And why I'll never __________.

Honey, you lied when you __________ you loved me

And I had no ___________ to doubt you.

But I'd rather go on hearing your ________

Than go on living __________ you.

Now the stage is _________ and I'm standing there

With ____________ all around

And if you _________ come back to me

Then make them bring the ___________ down.

Is your heart filled with _______, shall I come back again?

Tell me dear, are you lonesome tonight?

Asyik bukan? Nah, bila Anda berencana menyajikan aktivitas listening dengan gap-filling, pastikan lagunya bertempo pelan, satu gap-fill per baris, dan jangan mengulang kata yang sudah digap-fill-kan sebelumnya.

Di kelas, bagikan LKS, minta siswa mendengar dan mengisi ruang kosong, putar lagu 2 atau tiga kali, kemudian cek hasil isian siswa, lalu nyanyi bersama dengan lagu asli yang disetel dengan volume rendah agar nyanyian siswa yang lebih menonjol.

# 2 JUMBLED TEXT

Pertama-tama, lakukan acak kalimat pada teks lirik asli. Perhatikan, acak kalimat hanya diberlakukan baris perbaris, bukan keseluruhan teks mulai atas sampai bawah. Lihat contoh berikut ini

lonesome are tonight you =

you do tonight me miss =

apart sorry we you are drifted =

memory brighter does a to your stray day sunny =

called kissed when you I and called sweetheart you? =

parlor empty in chairs in your the seem and bare do? =

you you at there gaze do and doorstep picture your me? =

filled is your with heart, shall pain I again back come? =

tonight dear you me tell lonesome are?=

Mula-mula minta siswa mencoba menyusun ulang kata-kata pada tiap baris tanpa mendengar lagunya terlebih dahulu, dengan menulis hasil susun ulang itu di belakang tanda sama dengan (=). Bila sudah selesai dengan percobaan susun ulang itu. Siswa pintar biasanya bisa menyusun ulang dengan baik kata-kata yang benar berdasarkan logika struktur bahasanya. Siswa yang kerap mendengar lagu ini sebelumya akan mudah menyusun ulang. Yang akan mengalami kesulitan adalah siswa yang tak cakap struktur dan tak pernah mendengar lagu ini sebelumnya.

Kemudian, putar lagunya dan biarkan siswa mengoreksi kesalahan mereka atau memeriksa apakah hasil susun-ulang mereka benar. Putar dua kali, kemudian periksa dan cek susunan yang benar, diteruskan menyanyi bersama-sama.

# 3 ERROR RECOGNITION

Seperti judulnya, kali ini aktivitas kita fokuskan pada upaya identifikasi kata-kata yang salah. Mula-mula siapkan lirik lagu, dan ganti kata sasaran dengan kata lain yang mirip-mirip atau kata-kata lain(per baris satu kata yang Anda ganti), seperti ini :

Do you lonesome tonight?

Do you kiss me tonight?

Are you sorry we gifted apart?

Does your memory stay to a brighter sunny day

When I kissed you and called you honey?

(dan seterusnya).

Bagikan LKS ini dan katakan pada siswa bahwa tiap baris lagu itu memiliki satu kata yang tidak sama dengan lirik lagu aslinya. Tugas siswa adalah menentukan kata mana yang salah, kemudian mencoret kata itu dan menggantikan dengan yang benar.

Putar dua kali, kemudian cek hasil kerja mereka, sampaikan pula kata yang benar. Lalu, seperti yang sudah-sudah, nyanyi bersama.

Bila memilih lagu untuk pelajaran seperti ini, pastikan lirik lagu itu benar strukturnya, dengan lexical area sesuai kemampuan dan peringkat kelas siswa, dan bertempo pelan.

Manakala menyanyi bersama, boleh juga dibuat kompetisi, misalnya, pertama siswa laki-laki dulu, baru siswa perempuan. Boleh juga begini, larik pertama siswa perempuan, larik kedua siswa laki-laki.

Bayangkan serunya. Siswa perempuan bernyanyi duluan, “Are you lonesome tonight?”, lalu siswa laki-laki meneruskan , “do you miss me tonight?’ dan seterusnya.

Okay, rekan-rekan guru, saya masih punya banyak cara untuk menjadikan lagu sebagai bagian dari class action yang menarik. Bila minat, silakan tulis pesan di Inbox saya. Selamat bersenang-senang dengan kelas-kelas dan siswa-siswa tercinta!

Lagu Elvis Presley ARE YOU LONESOME TONIGHT bisa disimak di sini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun