Inilah Prestasi Spektakuler Kompasiana dan Apa Untungnya bagi Anda?

05 Juli 2012 19:52:26 Dibaca :
Inilah Prestasi Spektakuler Kompasiana dan Apa Untungnya bagi Anda?

Bagi anda yang belum tahu, atau yang tidak pernah terpikirkan, sekarang cermatilah gambar dibawah ini:

Lihat angka 2,995.

Itu adalah posisi Kompasiana di tangga popularitas situs di dunia maya saat ini. Malam ini saat saya menulis postingan ini.  Dan ingat, itu skala International. Dari kompetisi puluhan juta situs yang ada di dunia maya. Dan angka itu saya cermati diraih Kompasiana malam ini, saat saya menulis postingan ini (6 Juli 2012),  setelah malam sebelumnya masih berada di posisi 3.004

Inilah Prestasi Spektakuler Kompasiana dan Untungnya bagi Anda

Itu artinya apa?

Inilah rumusnya: 3.004 - 2.995 = 9

Sebanyak 9 situs di dunia maya berhasil didepak Kompasiana dari posisinya.

Ibarat baris antrian, Kompasiana berhasil maju memotong antrian sebanyak 9 nomor. Sedangkan 9 situs yang sebelumnya berada didepan Kompasiana jadi pindah di belakang Kompasiana. Ditendang oleh Kompasiana.

Apakah itu culas? Tidak sah?

Justru sah. Resmi. Legitimate! Justru itulah sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Karena begitulah engine situs Alexa dalam merangking semua situs di dunia maya. Algoritma Alexa akan menempatkan ranking yang tinggi untuk situs yang lalu lintas pengunjungnya juga tinggi. Mulai dari berapa jumlah pengunjung yang mampir setiap hari, berapa lama setiap pengunjung berselancar di sebuah situs, dan berapa banyak halaman yang dibuka oleh pengunjung. Semua ini diakumulasikan oleh Alexa. Lalu hasil akhirnya? Adalah Rank Alexa. Dan itulah prestasi sebuah web situs dalam konteks statistik. Tidak bisa dipungkiri. Dan hingga saat ini, Alexa inilah juri yang paling otoritatif dalam hal ini di blantika duina web blogging. Dengan kata lain, bila bicara popularitas situs, maka Alexa-lah ukurannya.

Lalu kenapa saya menulis semua ini?

Ya ini ungkapan  suka cita saya atas prestasi Kompasiana. Sudah melesat kencang menembus posisi yang semakin menggiurkan. Sebab itu tidak mudah.

Jika anda seorang blogger,

Anda akan sadar, bahwa untuk meraih posisi tangga sebagai situs populer dunia itu tidak gampang. Bahkan sangat tidak gampang. Karena banyak aspek yang harus dimiliki oleh sebuah blog hingga bisa mencapainya. Dan sebagai perbandingan, saya pribadi punya blog pribadi (blogernas), rata-rata pengunjung saya perhari hingga saya menulis postingan ini adalah 15.000 perhari. Dan lebih kurang 35.000 pageview perhari. Itu sudah angka yang sangat menggirukan dalam impian para blogger. Tapi jangan lupa, dengan jumlah pengunjng sebanyak itu perhari, blogernas masih berada di posisi 99.357 tangga Alexa. Bisa anda bayangkan, berapa jumlah pengujung Kompasiana yang Rank Alexanya sudah menembus posisi 2.995 ?

Silahkan anda hitung sendiri.

Atau silahkan merujuk langsung ke situs tukang catatnya, misalnya ke Alexa.com

Lalu apa hikmah yang bisa anda petik sebagai Kompasianer?

Menurut saya,

Semua ini adalah berkat anda semua (bukan oleh saya ... hahah) Artinya semakin kencang anda menulis, semakin menarik tulisan anda, semakin bervariasi konten anda, maka secara langsung juga akan memperkaya konten Kompasiana. Dan secara berantai, akan semakin menggila Kompasiana di halaman SERP Google atau search engine pada umumnya. Setiap kata kunci yang diketik penggila maya, akan cendrung Kompasiana yang muncul di halaman pertama Google, dan bila perlu pada ranking 1. Akibatnya, ramailah pengunjung kesasar ke Kompasiana. Lalu setelah ramai apalagi? Mereka akan betah berlama-lama di Kompasiana, Dan jika tulisan yang mereka baca menarik, maka mereka belum akan kenyang sebelum juga membaca tulisan-tulisan yang lainnya. Artinya mereka akan mengklik beberapa tulisan lainnya. Setelah itu baru mereka pergi.

Dan ketahuilah,

Akumulasi semua itulah yang membuat ranking Alexa Kompasiana menjadi meningkat.

So, jadi apa untungnya semua itu bagi Kompasiana?

Hehe ... ini sebenarnya rahasia perusahaan. Tapi baiklah. Dosa besar bagi saya menyembunyikan semua ini. Makin tinggi popularitas sebuah situs di dunia maya, maka makin tinggi juga nilainya dalam kancah bisnis internet. Misalnya, jika Kompasiana akan bekerja sama dengan sebuah situs dan para Internet Marketter, maka itu akan jadi mudah? Jika Kompasiana ikut kompetensi pada projek-projek bisnis internet, atau sebutlah sebuah tender maya, maka itu juga akan jadi mudah untuk diraih. Kenapa? Karena situs Kompasiana sudah populer. Apalagi terhadap sewa iklan. Makin tinggi popularitas sebuah situs, maka harga space iklan juga akan semakin mahal.

Lalu apa untungnya semua ini bagi anda sebagai penulis atau Kompasianer?

Anda dapat pahala!

Cukup

EA Sadar

EA Sadar

/easadar

Akhirnya aku mengerti
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?