Mengintip Warna-Warni "Kuliner Soto Nusantara"

26 Mei 2011 14:26:48 Dibaca :

Berbicara kuliner, ada satu kuliner Indonesia yang tentunya sangat terkenal dan benar-benar kuliner yang simpel dan ada dimana-mana. Apalagi kalo bukan SOTO, ya..soto adalah masakan tradisional Indonesia yang terkenal di Nusantara karena kelezatannya, begitu bervariasi masakan soto semakin memanjakan lidah penikmat kuliner, mau pilih soto ayam, soto daging dan soto babat tergantung selera dan cita rasa masing-masing individu. Itulahlah nikmatnya tinggal di negeri yang kaya akan kulinernya seperti di Indonesia ini. Di daerah Jawa timur pilihan masakan soto sangat bervariatip antara lain Soto lamongan dan Soto Madura. Daerah Jawa tengah terkenal dengan Soto Kuwali, Jakarta Soto Betawi, Sumatera Soto Medan dan Banjarmasin terkenal dengan Soto banjar. Begitu banyak khas masakan soto di Indonesia.

Soto Lamongan disajikan dengan potongan daging ayam dalam mangkuk. Di beri mie suun, irisan kol, seledri, touge (kecambah) dan telur. Lalu ditaburi dengan bawang goreng. Dihidangkan dengan sambal cabai rawit rebus, kerupuk udang dan irisan jeruk nipis. Dan yang terakhir yaitu menuangkan kuah soto yang masih hangat yang sudah diramu dengan rempah-rempah menambah cita rasa khas kuliner Jawa timur.

Soto Madura atau Soto Sulung adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya bagi yang suka rasa manis biasanya titambah dengan kecap manis agar rasanya benar-benar mengaoda lidah.

Soto Kuwali, berisi mie suun, tauge, kentang, daun bawang, irisan ayam dan daging sapi ini memang tampil menggoda. Apalagi dinikmati hangat-hangat saat cuaca mendung tak bersahabat seperti ini slurp,,, hangat dan sedap nian. Masakan kas Jawa tengah (Sukoharjo Solo) diracik hampir sama dengan Soto Madura, berbedanya adalah Soto kuwali tidak memakai kuah santan dan penyajiannya ditambah jeruk nipis dan blimbing uluh rasanya Heummm asam-asam sedap nikmat.

. Soto Betawi tidak hanya digemari oleh orang-orang Betawi saja tetapi banyak digemari hampir di setiap pelosok Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya yang cenderung berkuah bening, Resep Soto Betawi menggunakan santan sebagai salah satu bahan pokok. Penggunaan santan yang cukup dominan ini menyebabkan Soto Betawi memiliki rasa gurih. Ditambah dengan irisan tomat dan taburan emping melinjo menjadikan Soto Betawi sebagai salah satu alternatif menu yang sangat di sukai penikmat Soto.

Soto Medan di sajikan dengan bumbu rempah-rempah digunakan untuk memberikan warna kuning. Rempah-rempah adalah irisan daging ayam, taoge, mie suun dan bakso (kentang bakso). Soto ini disajikan hangat dengan ditaburi dengan bawang merah, seledri Cina dan kecap (kecap asin). Ini Soto khas medan, dan rasanya sedikit asin di banding dengan soto-soto lain.

Soto Banjar, bahan yang menjadi khasnya yaitu irisan ketupat di atas mangkuk beserta mie suun, kentang, pergedel, irisan ayam, telur, kemudian siram dengan kuah soto yang sudah dibumbuhi rempah-rempah. Taburkan bawang goreng, bawang putih goreng, seledri dan perahan jeruk memberikan rasa tersendiri cirikas masakan Banjarmasin banget.

Bagi pencinta kuliner Indonesia bedakan rasanya masakan Soto khas Nusantara yang ada Indonesia yang telah ada di daerah kita masing-masing, atau pada saat kita melakukan perjalanan kota atau kunjungan kekota-kota lain, sempatkan mencicipi masakan Soto kas`daerah masing-masing.

Selamat menikmati kuliner Soto khas Nusantara

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi penggemar masakan Soto

Batam 26 May 2011

E_mahendra Jaya

/e-mahendra

Belajar untuk lebih baik dan selalu berbagi Ilmu, Kota asal Ponorogo. Tempat tinggal diBatam.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?