DONY PURNOMO
DONY PURNOMO lainnya

Seorang anak bangsa yang memiliki impian untuk senantiasa mencerdaskan anak bangsa Aktivitas sehari-hari sebagai pengajar di SMAN 1 Purwantoro, Sebagai pemilik Bisnis SPIRIT KAOS dan suka menuliskan buah fikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Tekno headline

Kalibrasi, Cara Mengatasi Baterai Android Ngedrop

15 Juni 2015   08:22 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:02 144155 0 0

Masalah yang dihadapi oleh para pengguna android adalah baterai yang mudah ngdrop. Apalagi perangkat android yang usianya sudah diatas satu tahun. Penurunan kapasitas baterai bisa dipengaruhi oleh kualitas baterai atau bisa juga karena terdapat kerusakan pada sistem perangkat android anda. Salah satu ciri kerusakan sistem pada perangkat android adalah baterai ketika mudah penuh saat proses charging. Misal, pada pengisian normal untuk 2 jam, tetapi indikator baterai saat diisi 1 jam sudah menunjukan tanda penuh, dengan ciri ini berarti ada sistem android anda yang rusak. Kerusakan sistem ini adalah tampilan widget tidak sama dengan kapasitas yang ada pada baterai.

Jika mengalami masalah seperti diatas biasanya kita berpikir baterai perangkat android kita yang rusak. Namun, sebenarnya perangkat android anda hanya memerlukan proses kalibrasi saja. Mungkin kata kalibrasi masih asing, kalibrasi adalah menyesuaikan antara widget baterai dengan kapasitas baterai yang sebenarnya. Dengan adanya proses kalibrasi akan membenarkan data yang ada pada widget perangkat android dengan kapasitas baterai sebenarnya.

Cara untuk melakukan kalibrasi ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan melakukan root terlebih dahulu pada perangkat android anda. Cara kedua dengan dilakukan secara manual, yang sudah pernah saya coba dan terbukti adalah cara manual karena sederhana dan mudah dilakukan.

  1. Kosongkan isi baterai HP, Saat baterai perangkat android anda masih terisi, maka kuras terlebih dahulu dengan cara digunakan secara terus menerus hingga habis. Bisa digunakan untuk memutar video, musik atau bermain game hingga mati sendiri.
  2. Isi baterai dalam keadaaan HP mati, Ketika daya baterai sudah habis total, maka charge kembali dalam keadaan mati hingga daya baterai penuh. Jika sudah mencapai 100% maka hidupkan kembali.
  3. Charge HP dalam keadaan hidup, Ketika widget sudah menunjukkan 100% tetap biarkan hp dicharge dalam keadaan hidup.
    Charge Hp dalam keadaan mati, Setelah melewati tiga proses sebelumnya, dan daya baterai sudah terisi 100% maka tetap charge Hp dalam keadaan mati.
  4. Hidupkan kembali Hp, Ketika sudah melewati 4 tahapan diatas maka gunakan perangkat android anda seperti biasanya hingga daya baterai kembali habis. Dan charge seperti biasanya maka hp sudah terkalibrasi. Jika belum berhasil ulangi tahap diatas.

Saya praktikkan langkah diatas pada Hp Lenovo A369i dan berhasil baterai normal kembali. Tetapi cara ini tidak bisa dilakukan pada baterai yang sudah rusak misal menggelembung atau bocor.

Selamat mencoba.

----

Foto Ilustrasi: phandroid.com