Menelaah Belajar dan Pembelajaran

01 Oktober 2011 12:37:19 Dibaca :

Dalam dunia pendidikan tentunya tak pernah lepas dari belajar dan pembelajaran. Lalu apakah mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan mengerti belajar dan pembelajaran dalam arti sebenarnya? Belajar merupakan kegiatan esensial dalam pengajaraan, yang akan memberikan perubahan pada siswa. Perubahan yang dialami siswa berupa perubahan tingkah laku, pengetahuan, keterampilan atau perubahan mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah proses belajar. Belajar bukan suatu tujuan tetapi suatu proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan

Tujuan belajar dapat tercapai dengan maksimal jika komponen – komponen yang ada dalam proses belajar dapat bekerjasama dengan baik. Komponen – komponen tersebut antara lain siswa, guru, lingkungan. Guru merupakan sosok yang melakukan kegiatan mengajar. Sedangkan siswa merupakan sosok yang melakukan kegiatan belajar. Komunikasi antara siswa dan guru atau sering disebut komunikasi dua arah merupakan kegiatan pembelajaran.

Dalam kegiatan pembelajaran, guru dan siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan daripada proses belajar. Sehingga dapat diketahui bahwa belajar dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Karena dalam pembelajaran terdapat proses belajar. Proses pembelajaran harus berjalan dengan baik agar proses belajar juga dapat berjalan dengan baik. Guru harus dapat membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, ini ditujukan agar siswa dapat mencapai hasil belajara dengan maksimal.

Metode yang digunakan dalam pembelajaran dipilih secara benar, agar dapat sesuai dengan kondisi yang sedang mengalami proses belajar. Jika kesemuanya sudah berjalan baik, kualitas mutu pendidikan akan baik pula.

TITIS PRIHATININGTYAS II

/donad.donad

saya mahasiswa PGSD UNS KAMPUS VI KEBUMEN
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?