Mohon tunggu...
Dian Topan Arif Pribadi
Dian Topan Arif Pribadi Mohon Tunggu... -

Husband | Father | Executive | Author | Speaker

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Family Grocery vs Convenience Store: Struggling The Shopper’s Needs

14 Januari 2017   12:38 Diperbarui: 15 Januari 2017   22:13 1193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="modern grocery"]

A Short Prolog

Industri ritel di Indonesia diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya dan dipandang sebagai sebuah industri yang menjanjikan keuntungan besar untuk segala jenis usaha ritel seperti Hypermarket, Supermarket, Minimarket, Convenience Store, Family Groceries, Department Store, dan Nonstore Retailer (E-Commerce). 

Hal ini banyak dipengaruhi oleh:

1. Perubahan gaya hidup dan Consumption Pattern masyarakat Indonesia.

2. Meningkatnya jumlah pekerja kelas menengah di level usia produktif.

3. Kebutuhan akan efektifitas dan efesiensi waktu yang mendorong munculnya pola simplicity dalam berbelanja.

Para pengusaha ritel mematok target growth 12% di 2017, lebih tinggi dibandingkan tahun 2016 yang berada di level pertumbuhan 10%. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memperkirakan nilai penjualan ritel modern 2016 mencapai 1.630 triliun.

Diantara delapan jenis Modern Trade (Hypermarket, Supermarket Premium, Supermarket, Convenience Store, Minimarket, Cash and Carry, Drug Stores, Family Grocery yang berkembang di Indonesia diperkirakan channel Convenience store, Minimarket, dan Family Grocery akan mendominasi perkembangan yang fantastis baik berupa jumlah gerai maupun nilai penjualan. Salah satu faktornya adalah karena angka imvestasi yang dinilai masih realistis dibandingkan investasi di channel Supermarket yang sudah pasti membutuhkan modal besar dan persiapan lahan yang sangat luas.

Analis keuangan memprediksi Minimarket akan tumbuh 15.5% dalam tiga tahun kedepan. Jauh melampaui angka pertumbuhan Hypermarket dan Supermarket yang diperkirakan berada di average 7%-9.2%.

Family Grocery head to head Convenience Store

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun