IMBEX 2016: Fit Mum & Bub Exercise, Mempererat Hubungan Ibu dan Bayi Melalui Kegiatan Olahraga

30 November 2016 22:51:04 Diperbarui: 30 November 2016 23:44:39 Dibaca : Komentar : Nilai :

Setelah menembus kemacetan hampir selama 5 jam perjalanan Bekasi - Jakarta, sore itu 26 November 2016 akhirnya sampai juga saya di lokasi  IMBEX 2016 - Indonesia Maternity Baby & Kids Expo di Jakarta Convention Center. Sebuah acara tahunan yang menyediakan perlengkapan ibu, anak dan bayi yang diselenggarakan mulai tanggal 25-27 November 2016 yang ternyata tidak saja sangat meriah tetapi juga menarik dan edukatif. 

Selain menyediakan perlengkapan ibu hamil, ibu melahirkan, bayi dan balita, IMBEX 2016 ini juga menggelar berbagai macam talkshow dan lomba seperti talkshow tentang merawat kulit bayi dengan produk perawatan yang tepat, Meet and Greet bersama Doraemon, Fashion Show dan lelang stroller produk Inglesina bersama Blibili.com, Mom Fashion Show bersama produk I-Angel dan Blibli.com, lomba mewarnai bersama Gramedia, demo masak dan berbagai aktivitas seru lainnya. 

Salah satu acara seru yang sempat saya hadiri adalah sebuah acara yang disponsori oleh  Blibli.com : Fit Mum & Bub Exercise with Baby bersama produk I-Angel. Fit Mum & Bub Exercise with Baby ini merupakan suatu kegiatan latihan peregangan - semacam senam low impact yang dilakukan oleh ibu bersama bayinya.  Acara seru berdurasi 45 menitan ini menurut founder-nya Adianti Reksoprodjo, tidak saja dapat mempererat hubungan ibu dan bayinya melalui kegiatan olah raga tetapi juga mampu mengatasi baby blues yang kerap menghinggapi para ibu yang baru saja melahirkan karena adanya perubahan hormon yang tiba-tiba, meningkatkan kualitas tidur ibu serta membantu mengembalikan berat badan dan bentuk tubuh ibu setelah melahirkan.

Namun, untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari kegiatan Fit Mum & Bub Exercise ini menurut Adianti Reksoprodjo ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

- Boleh mulai dilakukan sejak bayi berusia 3 bulan sampai dengan 1.5 tahun

  Kenapa? Karena pertama, saat berusia 3 bulan  tubuh bayi sudah cukup kuat dan stabil menahan hentakan dan gerakan dan kedua, jahitan luka bagi ibu yang melahirkan  melalui operasi caesar sudah cukup kuat dan tidak mudah teregang.

- Durasi setiapkali latihan adalah 45 - 60 menit yang dilakukan secara rutin minimal 3-5 kali dalam seminggu.

- Menggunakan baby carrier atau gendongan yang kuat, nyaman, stabil menyangga berat badan bayi dan tidak mengubah postur tubuh ibu dan bayinya yang dapat menyebabkannya cedera. 

Dalam kesempatan ini pula, Adianti membagikan tipsnya dalam memilih baby carier yang baik, nyaman dan aman bagi bayi :

1. Kuat 

2. Dalam jangkauan penglihatan sang ibu, sehingga ibu bisa mengawasi bayinya dengan tenang dan nyaman saat dalam gendongan

3. Menempatkan posisi bayi cukup dekat dengan sang ibu sehingga  mudah untuk dicium

4. Ada jarak yang cukup antara dagu bayi dan tubuh ibu untuk menghindari bayi kekurangan oksigen

5. Mampu menyangga tubuh bagian belakang bayi dengan aman dan nyaman 

Acara yang berlangsung meriah dan dihadiri oleh beberapa selebriti beserta bayinya seperti Sigi Wimala dan Nadia Mulia ini akhirnya ditutup dengan foto bersama dan pembagian hadiah pada peserta teraktif dan terseru.

 “Bagi Moms yang berhalangan hadir ke IMBEX 2016, bisa juga belanja perlengkapan untuk buah hati dengan klik link berikut ( https://www.blibli.com/promosi/royal-carnival ). Happy Shopping!

Dhevi Anggarakasih

/dhevianggarakasih

TERVERIFIKASI

I'm just ordinary people with extra ordinary dreams - Writer wanna be
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article