Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Jumat dan 13

13 September 2019   23:47 Diperbarui: 13 September 2019   23:49 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Harvest moon yang langka terjadi 13 September 2019 | ilustrasi: express.co.uk

Bulan purnama kali ini bersinar begitu terang. Sinarnya seperti magnet. Menghipnotisku. Membuat ingin berlama-lama berada di luar, menikmati pancaran sinarnya.

Sedari siang cuaca mendung. Kupikir hujan akan mengguyur. Tapi ia batal turun. Entah kenapa. Mungkin memberi waktu agar bulan purnama naik panggung. 

Langit jernih dan bulan purnama. Kombinasi yang pas untuk menikmati suasana malam.

Malam ini bukan malam biasa. Malam ini tanggal 13. Hari yang disebut kurang baik. Hari ini juga hari Jumat. Kombo sial. Begitulah mitos di film-film horor.

Kupikir malam ini akan menjadi malam yang tak biasa. Malam yang misterius dan membuatku harus bersikap waspada. Ingat kisah dalam film serial "Friday The 13th", di situ kejadian mencekam berkaitan dengan benda antik misterius terjadi. Atau ingatlah sosok Jason dalam film layar lebar "Friday The 13th", ia sosok bertopeng menyeramkan, yang mengidolakan Freddy Krueger, sosok yang menghantui mimpi.

Malam ini memang misterius. Tapi ia tak mencekam dan juga tak menakuti. Malam ini sungguh indah. Bulan purnama bersinar terang. Ia disebut bulan purnama langka, 'harvest moon', yang hanya terjadi tiap beberapa tahun.

Sinarnya lebih terang. Ia juga mengundangku untuk menuju halaman. Lihatlah aku. Nikmatilah terangku, ujar sang Luna. Oh langit yang jernih tanpa awan dengan bulan purnama yang terang. Rasanya aku ingin menari.

Kulihat tetangga kanan kiriku. Mereka juga keluar rumah. Mengagumi sang Kirana. Oh bukan hanya manusia yang tersentuh oleh magnet itu. Kucing-kucing juga berkumpul. Satu-persatu mereka hadir. Apakah aku bermimpi, aku melihat sekumpulan kucing-kucing di kampungku ini berkumpul.

Jumat tanggal 13. Hari ini sesuatu misterius terjadi. Bulan purnama langka mengumpulkan kami. Aku dan tetanggaku yang jarang bertemu saling berkumpul. Kucing-kucing juga ikut serta.

Pasti Kalian tak percaya dengan apa yang terjadi kemudian. Aku juga sulit memercayainya. Ketahuilah, ada sebuah sinar lembut yang mengenai masing-masing dari kami, lalu menggerakkan tangan dan kaki kami. Kami menari, membentuk lingkaran. Berselang-seling. Para kucing di antara kami. Mereka berdiri dengan kaki belakang mereka. Kami asyik menari, ke kiri, ke kanan lalu bergoyang.

Sekitar 30 menit kemudian sinar lembut itu lepas dariku dan juga mereka. Aku menemukan diriku berdiri di halaman di dekat pagar rumahku. Demikian juga tetanggaku. Kucing-kucing juga kembali menapak dengan empat kaki mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun