Jakarta

Wisata Hewan Enak di Jakarta yang Banyak Dilupakan

12 Juli 2017   23:24 Diperbarui: 12 Juli 2017   23:35 79 0 0
Wisata Hewan Enak di Jakarta yang Banyak Dilupakan
Dok: Riri Sudirman

Apa yang kalian pikirkan bila mendengar kata liburan? Bagi kalian yang tinggal di Kota Jakarta sudah pasti berpikir untuk bisa pergi liburan ke luar kota, berbelanja di Mall, berkumpul dengan teman lama di restoran, dsb.

Apa kalian tahu atau ingat? Di Jakarta, tepatnya di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ternyata masih ada salah satu tempat wisata alam yang telah banyak dikenal masyarakat, yaitu Kebun Binatang Ragunan.

Setelah mendengar kata Ragunanpasti dari kalian banyak yang berpikir "Wah, sudah lama sekali saya tidak ke sini." atau bahkan "Wah, saya sampai saat ini belum pernah ke sini." Sangat disayangkan jika banyak dari kalian yang berpikiran seperti itu.

Banyak sekali hal mengasyikkan yang didapatkan saat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Selain tempat ini menjadi salah satu tempat ideal untuk menghabiskan liburan bersama keluarga, Kebun Binatang Ragunan juga mendekatkan kita untuk lebih peduli terhadap alam, khususnya hewan-hewan yang sudah hampir langka. Kenapa sihharus jauh-jauh pergi ke luar kota untuk liburan kalau ternyata di Jakarta ada tempat wisata....

Mungkin salah satu alasan orang-orang, khususnya masyarakat Kota Jakarta membayangkan Kebun Binatang Ragunan itu kotor, panas, dan lelah jika harus jalan kaki jauh kesana-kemari. Nih, fakta didapatkan ternyata berbanding terbalik dengan apa yang dibayangkan:

1. Biaya Murah

Untuk dapat masuk ke area kebun binatang, cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 4.000,00 per orang. Tiket yang sangat murah dibandingkan dengan nilai edukasi yang akan didapatkan di dalamnya.

2. Wilayah Asri

Udara yang sejuk karena banyak pepohonan rimbun. Di mana lagi ada area seluas ini yang  pohon-pohonnya bisa tumbuh dengan bahagia. Dan pantas dikatakan bahwa Kebun Binatang Ragunan adalah paru-parunya kota Jakarta.

Dok: Riri Sudirman
Dok: Riri Sudirman

3. Jika lelah, ada fasilitas sepeda dan hewan tunggang

KBR juga menawarkan fasilitas kuda tunggang, unta tunggang, dan gajah tunggang dengan harga kurang dari sepuluh ribuan. Ada pula fasilitas meminjam sepeda tunggal dan ganda dengan harga sepuluh ribu hingga lima belas ribu rupiah saja.

4. HATI TENANG, PIKIRAN RILEKS, MAKIN SEMANGAT

Dari pada memikirkan biaya liburan untuk pergi ke luar kota, Mall, dsb lebih baik pergi ke tempat yang sudah pasti nyaman dikunjungi dan membuat mental dan pikiran lega. Wilayah Kebun Binatang Ragunan juga dapat menjadi tempat untuk berolahraga di pagi hari.


photo: www.kompasiana.com/riri.s