HEADLINE HIGHLIGHT

Kompas Gramedia Group Tertular Virus KPop

29 Juni 2012 03:57:06 Dibaca :
Kompas Gramedia Group Tertular Virus KPop

Kompasianers yang sering online menggunakan PC pasti menyadari bahwa di sidebar sebelah kanan paling atas ada advertorial ticketbox Kompas tentang Showcase miss A, girlband asal Korea, yang akan menghibur para penggemarnya di Indonesia 31 Agustus mendatang.

Banner advertorial berwarna pink cerah itu dipasang (kalau tidak salah) sejak dua hari lalu, yaitu Rabu 27 Juni 2012. Ini tentu saja sangat menarik perhatian saya, mengingat saya jarang menemukan hal yang berbau Korea atau KPop di Kompasiana, bila tidak ada hubungannya dengan penyelenggaraan suatu lomba.

Saya pun mengecek daftar event yang pernah dipromosikan melalui ticketbox Kompas sebelumnya. Di situ terlihat bahwa kebanyakan event yang dipromosikan penjualan tiketnya adalah seminar maupun workshop kelas eksekutif, kalaupun ada acara musik ya seperti Kenny G, Erwin Gutawa, pendek kata, belum pernah ada promosi yang berkaitan dengan KPop.

1340941947386727711Banner Showcase miss A yang ada di sidebar kanan atas Kompasiana :)

Bukan hanya promosi showcase miss A saja yang membuat saya kaget. Saat berselancar mengunjungi situs resmi Korean Cultural Center Indonesia (Pusat Kebudayaan Korea di Indonesia) pun saya mendapati sebuah pengumuman yang mengejutkan. Wah, ternyata ada pengumuman acara Koreaholic Fest yang dipersembahkan oleh Kompas Gramedia Group untuk para penggemar Kpop dan budaya Korea seperti saya!

Tentu saja rasanya senang sekali membaca pengumuman ini, apalagi rangkaian acaranya bukan hanya menonton pertunjukan musik ala Korea, tapi juga menikmati sisi lain Korea mulai dari menonton film, mencoba makanan khas. Hingga menyaksikan dan ikut ambil bagian dalam berbagai perlombaan seru yang bisa diikuti oleh para penggemar Korea yang umumnya tergabung dalam sebuah fanbase (grup) tertentu.

Grup KG bukanlah grup media / penerbitan pertama di Indonesia yang ikut terjangkit wabah industri hiburan Korea. Bila ditelusuri lebih jauh, sebuah website berita online sudah lebih dulu mempelopori publikasi konten maupun acara gathering komunitas KPop. Meski demikian, melihat rangkaian acara Koreaholic Fest yang akan digelar di Central Park Mall pada 15 Juli mendatang dan banyaknya partner yang digandeng untuk kerjasama dalam acara ini, saya bisa bilang bahwa ini adalah event KPop terbesar dan pertama yang dirintis oleh sebuah grup media / penerbitan.

Tentu bukan tanpa sebab bila Kompas Gramedia Group menghelat acara sebesar ini. Semakin menjamurnya komunitas KPop dan besarnya pengaruh industri hiburan Korea sudah mempengaruhi Indonesia di nyaris segala aspek. Apalagi penggemarnya kebanyakan remaja dan dewasa muda yang memang sangat potensial baik dari segi kuantitas dalam populasi maupun kapabilitasnya sebagai duta promosi brand / produk / event.

Saya sebagai penggemar produk budaya dan hiburan Korea tentu saja sangat menyambut baik gairah KPop yang menyeruak di media yang paling sering saya baca dan kunjungi portal berita onlinenya ini. Saya tak sabar ingin segera menghadiri Koreanholic Fest dan sangat berharap bisa bertemu kawan-kawan Kompasianers di sana.

Buat yang masih merasa asing dengan KPop, berikut ini salah satu video klip miss A yang paling saya suka, baik dari lagu, kostum, maupun koreonya yang oke punya. Selamat menikmati dan sampai jumpa di Koreaholic Fest KG ^^

Marintan Ompusunggu

/dearmarintan

TERVERIFIKASI (BIRU)

Avid reader. Movie freak. INTJ personality.
Blog: http://dearmarintan.com/
Twitter:
@dearmarintan

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?