HIGHLIGHT

Indonesia Banget di KostuMasa Hello Fest 8

08 Februari 2012 01:21:44 Dibaca :
Indonesia Banget di KostuMasa Hello Fest 8
Si Cepot

Event Pop Culture paling gokil se-Indonesia baru saja digelar. Mengambil slogan baru “Anima Expo” Hello Fest 8 ini benar-benar menyajikan suguhan yang benar-benar menarik, seperti ajang kompetisi film pendek dan cosplay.

Untuk cosplay sendiri,  Hello Fest sengaja memberi nama yang berbau-bau Indonesia, yaitu “KostuMasa” yang berarti masa yang berkostum.  Sebenarnya Kostumasa ini tidak berbeda dengan cosplay. KostuMasa tetap memiliki spirit yang sama dengan cosplay dimana massa mengenakan pakaian beserta aksesori sekaligus rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun.

Cosplay sendiri memang identik dengan manga, anime, tokoh-tokoh dalam games, begitupula dengan KostuMasa. Namun ada satu hal yang spesial dari kostuMasa tahun ini dimana panitia Hello Fest 8 berusaha memacu kreativitas para cosplayer Indonesia untuk menampilkan kostuMasa yang berciri khas Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari salah satu penghargaan yang diberikan oleh Hello Fest bagi kostuMasa yang “Indonesia Banget”.

Mencari kostuMasa “Indonesia Banget” dalam lautan manusia  dengan 1105 kostuMasa dan dua puluh ribu pengunjung Balai Kartini memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun bukan berarti menyerah sebelum mencoba, kan?

Pertama, saya menemukan kostuMasa dari Cepot, salah satu karakter dari wayang golek khas Sunda.  Dengan menggunakan topeng berwarna merah lengkap dengan sarung, kostuMasa Cepot tampak unik di antara kostuMasa yang lain. Beberapa pengunjung pun langsung menyerbu Cepot untuk berfoto bersama. Benar-benar khas Indonesia!

1328662682377971
Duo Gatotkaca

Setelah itu, sempat melintas dua kostuMasa dengan ornamen kepala dan punggung seperti yang biasa digunakan oleh sosok Gatotkaca dalam pagelaran wayang orang. Namun ketika dilihat kostuMasa yang menempel di badannya tampak lebih mirip ke arah robot. Mungkin kostuMasa ini adalah perpaduan antara robot dengan wayang, ya? Sungguh kreatif sekali.

1328662926955165525
Pendekar Indonesia

Kostumasa Indonesia Banget berikutnya yang saya temukan adalah seorang cewek yang menggunakan rok dari kain jarik batik berwarna cokelat dengan membawa sebilah pedang besar dan menggunakan penutup kepala berwarna hitam. Tampak seperti seorang pendekar! Cewek ini tampak sexy namun juga misterius. Apalagi kebanyakan banyak cewek lainnya yang tampil memikat dengan kostum ala Jepang, namun cewek satu ini tetap tidak kalah kerennya dengan berbalut kostuMasa yang Indonesia Banget!

13286633061556622431
Baratayudha

Dan, kostuMasa Indonesia Banget yang paling heboh saya temukan adalah rombongan kostuMasa Baratayudha, yang hampir semua kostuMasa melilitkan kain jarik batik di badannya. Apabila melihat namanya, mungkin mereka bakal menampilkan pertunjukan perang Baratayudha, yang merupakan perang terhebat dari kisah Mahabarata antara Pandawa dan Kurawa.

1328663716563658955
Danbondel-Ondel

Memang tidak mudah menemukan kostuMasa Indonesia Banget di keriuhan Hello Fest ke delapan ini. Namun ketika saya berhasil melihat kostuMasa khas Indonesia, saya menjadi ikutan bangga dengan kreativitas mereka yang mau menampilkan budaya bangsa lewat event pop culture yang identik dengan pengaruh dari budaya luar. KostuMasa Indonesia Banget ini adalah bukti bahwa cosplay pun bisa menjadi ajang positif untuk mengapreasiasikan budaya Indonesia melalui kreativitas berimajinasi menciptakan kostumasa yang unik namun tetap bercita rasa Indonesia.

Selain kostuMasa yang Indonesia Banget, terdapat satu hal lain yang menarik untuk dilihat, yaitu dua sosok Danbo yang dibuat memakai riasan ala Ondel-Ondel Khas Jakarta. Dua Danbondel-Ondel (saya memberi nama ini untuk Danbo tersebut) ini dipajang di Pasar Hello Fest yang merupakan salah satu lokasi lain yang sengaja dibuat untuk Hello Fest 8  ini. Danbondel-Ondel yang unik inipun menjadi salah satu sasaran tempat untuk berfoto! Benar-benar Indonesia. Benar-benar Jakarta!

Anima Expo tahun ini memang luar biasa. Hello Fest 8 tidak hanya menawarkan keseruan dalam kostumasa, namun juga memberikan wadah kreativitas bagi semua kalangan. Terlebih Hello Fest 8 memberi ruang khusus untuk kostumasa yang Indonesia Banget. Hebat! Good Job!

Danang Saparudin

/dansapar

TERVERIFIKASI (HIJAU)

mencoba terus untuk menulis. tulisan-tulisan yang lain bisa dilihat di www.dansapar.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?