Mohon tunggu...
Coretan Siswa Udara STMT Trisakti
Coretan Siswa Udara STMT Trisakti Mohon Tunggu... -

This site contains the ideas of the Air Transport Management Students of STMT Trisakti.

Selanjutnya

Tutup

Money

Tanggapan Masyarakat Tentang Low Cost Carriers (LCCs), Landasan Teori

26 September 2012   18:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:38 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kelompok  :  6

Ketua : Dimas Satrio Putra Gunawan  (224108210)

Anggota  :  1. Mentari Noor (224110251)

2. Barkatullah (224110231)

Kelas : S1 MTU-A

Tugas : 2

LANDASAN TEORI

Sekarang kami akan memberikan landasan teori berdasarkan survey yang sudah kami buat. Dalam hal ini kami akan menggunakan teori biaya, teori kualitas layanan dan teori pemasaran jasa penerbangan. Kami memilih teori ini, karena menurut kami teori ini sangat berhubungan dengan judul dari tugas yang kami buat yaitu mengenai Low Cost Carriers (LCCs).


  1. 1. Teori Biaya


Pengertian Biaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991:1011) adalah “(daftar) harga (sewa, ongkos dsb)”. Istilah harga dan biaya sama-sama memiliki berkaitan dengan uang, sedangkan dari segi konsumen Kotler (2000:439) mendefinisikan “Biaya merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut”.

Dari kedua definisi diatas mengenai teori biaya, kami dapat menyimpulkan bahwa uang adalah alat pembayaran untuk membeli barang atau mendapatkan suatu jasa. Dan biaya adalah sebagai dasar penentuan tarif jasa angkutan/transportasi. Tingkat tarif transportasi didasarkan pada biaya pelayanan yang terdiri dari biaya langsung (Direct cost) dan biaya tidak langsung (indirect cost). Biaya langsung adalah biaya yang diperhitungkan dalam produksi jasa-jasa angkutan, misalnya untuk gaji awak pesawat, biaya pendaratan dan biaya bahan bakar. Sedangkan untuk biaya tidak langsung adalah biaya yang dikeluarkan dalam penerbangan yang terdiri dari biaya harga, peralatan reparasi worshop, akutansi dan biaya kantor/umum.


  1. 2. Teori Kualitas Layanan


Menurut Martin (2001,p.6), “Kualitas layanan adalah suatu kemampuan untuk memenuhi kebutuhan internal dan eksternal pelanggan secara konsisten sesuai prosedur. Dalam hal ini penyedia jasa dituntut untuk berusaha mengerti apa yang diinginkan pelanggan, sehingga mempunyai harapan mendapatkan kualitas pelayanan yang baik”. Sedangkan menurut Kotler (2006,p.139), “Kualitas jasa harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir dengan kepuasan pelanggan serta persepsi positif terhadap kualitas jasa”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun