Kuota Tambahan 2012 untuk Jamaah Haji Lansia

30 Juli 2012 06:16:26 Dibaca :

Jamaah Haji Lansia dapat kuota tambahan |- Sebagian besar calon jamaah haji di indonesia mengeluhkan karena keberangkatan dan daftar antrian haji reguler yang sangat panjang dan lama yang sudah sampai tahun 2020 lebih. Ternyata itu bukan hanya untuk Haji reguler saja, namun berlaku juga untuk Haji Khusus Onh Plus yang saat ini antriannya sudah sampai di tahun 2016. Namun dilain sisi merupakan fenomena yang membanggakan, sebagai negara mayoritas umat muslim sedunia, kesadaran umat muslim Indonesia semakin besar sehingga sebagian besar umat muslim mendaftar haji dan menyebabkan antrian haji yang sangat panjang.

Banyak dari calon jamaah haji yang hendak mendaftar haji khusus ONH Plus 2013 menanyakan, "Mengapa antrian dan keberangkatan Haji Khusus 2013 sangat panjang? berarti tidak jauh berbeda dengan Haji reguler dong!" Sejak 2010 diterapkan sistem Kuota terhadap Haji Khusus ONH Plus oleh Kementrian agama, tepatnya Pasca kejadian ratusan jamaah Haji yang gagal berangkat ditahun 2010 lalu, sehingga saat ini haji Plus kuota DEPAG yang ditangani oleh swasta dalam hal porsi dan keberangkatan menyesuaikan sistem dari Kemenag langsung.

Tambahan kuota bagi jamaah haji lanjut usia.

Namun yang menjadi permasalahan dari antrian haji yang panjang adalah bagi jamaah haji yang sudah lanjut usia, apakah mereka juga harus menunggu daftar antrian HAJI yang sangat panjang itu?

Akhirnya pemerintah menjawab permasalahan ini dengan pernyataan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Bahrul Hayat, bahwa "Pemerintah Indonesia akan menambah kuota haji bagi jemaah yang berusia lanjut."

"Kuota tambahan itu 10400, jemaah berUsia lanjut akan ada pendampingnya dan mereka sudah terdaftar,"" ujarnya kepada wartawan di Kementerian Agama, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2012).

Menurutnya, jemaah berusia lanjut yang nantinya akan diprioritaskan terlebih dahulu agar mendapatkan mendapatkan kuota, harus berusia 81 tahun keatas.

Namun begitu, kata dia, untuk penambahan kuota jemaah berusia lanjut masih menunggu konfirmasi dari pemerintah Arab Saudi.

"Mudah-mudahan cepat direspon, dan segera dipenuhi Pemerintah Arab Saudi," harapnya.

Lebih lanjut, Bahrul menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menunaikan haji pada tahun 2012 ini, untuk melakukan pembayaran haji tidak melalui perantara atau calo. atau bagi yang berangkat dengan menggunakan Haji khusus ONH plus, agar membayar langsung ke biro penyelenggara Travel haji khusus dan Umrah secara langsung.

"Kepada semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji termasuk BPS BPIH agar meningkatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Semoga setiap calon jamaah haji yang sudah lanjut usia dapat kesempatan untuk berangkat lebih dahulu dan mendapatkan prioritas dari kemenag untuk mendapatkan hak nya dalam penambahan kuota haji 2012. Demikian pembahasan TravelHajiumroh mengenai penambahan kuota bagi jamaah lanjut usia, semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.travelhajiumroh.web.id/, republika.Co.id

Zaenal Abidin

/cinta-baitullah

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Internet Markenteer | Adventurer |
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?