HIGHLIGHT

Panduan MYOB 10

19 September 2010 05:34:00 Dibaca :

PRAKTIKUM I


MYOB ACCOUNTING




* Mengaktifkan Program MYOB Accounting


Prosedur mengaktifkan data akuntansi melalui MYOB dilakukan dengan langkah sbb :


1. Hidupkan komputer anda, setelah Windows aktif, klik start , pilih program. Pilih MYOB Accounting Versi 10, selanjutnya klik icon MYOP Accounting Versi 10 atau double klik.


2. Muncul Welcome To MYOB Accounting




























3. Klik Salah satu dari lima pilihan. Untuk membuat data baru, pilih Create New Accounting Data.



* Membuat Data Akuntansi Baru


1.














Klik tombol Create New Accounting Data, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.


2. Klik tombol Next> untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.


3. Isikan nama dan alamat perusahaan, & nomor telepon perusahaan lalu klik tombol Next>.


4. Isikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan pada isian Sales Tax Number, klik tombol Next> untuk melanjutkan proses.


5. Isikan data tahun dan bulan sebagai dasar untuk pencatatan transaksi, misalkan periode akuntansi dimulai bulan Januari dan berakhir bulan Desember, proses pengolahan data mulai tahun 2002. Current Financial Years diisi dengan 2002 dan Last Month of Financial Years diisi dengan Desember. Jika isian bulan pada Last Month of Financial Years tidak sesuai dengan yang diinginkan. Anda harus mengklik pada posisi ini dan pilih bulan yang dikehendaki. Klik tombol Next> untuk melanjutkan proses.


6. Isikan bulan mulai transaksi dicatat, misalkan proses pencatatan akan dimulai bulan January, maka pada Conversion Month pilih January. Klik tombol Next> untuk melanjutkan proses.


7. Pilih Twelve untuk periode akuntansi, sebagai contoh tahun proses data 2002, periode akuntansi dimulai bulan January sampai dengan December dan jumlah periode 12.


PERHATIAN :


Proses langkah diatas merupakan ketentuan yang dipakai sebagai dasar pencatatan akuntansi dan jika data yang diisikan tersebut terdapat kesalahan maka akan berakibat fatal, karena informasi tersebut sudah tidak dapat diperbaiki lagi.


CONTOH :


Anda telah menentukan tahun 2002 dan mencatat sebagai transaksi tahun 2002, ternyata terdapat kesalahan seharusnya data yang diproses adalah tahun 2001, maka harus dibuat data baru lagi mulai dari langkah pertama.


8. Klik Next> untuk melanjutkan proses setelah data diatas benar.


9. Pilih jenis usaha sesuai jenis usahanya. Untuk latihan kali ini jenis usaha perdagangan komputer. Pilih El Computer Dealer lalu klik next>.


10. Tuliskan user ID dengan nama anda. Klik next>


11. Klik Next> untuk proses selanjutnya.


12. Simpan file di drive yang anda kehendaki, klik OK jika anda setuju. Apabila selesai klik Finish.



PRAKTIKUM II
MEMBUAT NOMOR DAN KELOMPOK REKENING
* Kelompok Rekening

Prinsip pencatatan MYOB digolongkan dalam berikut ini :


Asset (Aktiva) dimulai dengan nomor rekening 1


Liability (Hutang) dimulai dengan nomor rekening 2


Equity (Modal) dimulai dengan nomor rekening 3


Income (Pendapatan) dimulai dengan nomor rekening 4


Cost Of Sales (HPP/HP Produksi) dimulai dengan nomor rekening 5


Expense (Biaya) dimulai dengan nomor rekening 6


Other Income (Pendapatan Lain) dimulai dengan nomor rekening 8


Other Expense (Biaya Lain) dimulai dengan nomor rekening 9




Nomor rekening mak. 5 digit. Ada dua type rekening yaitu Header (induk) yaitu rekening yang masih punya sub rekening dibawahnya sedangkan rekening Detail dibagi 2 type Detail dan Detail Cheque atau Detai Credit Card Account yaitu rekening yang tidak mempunyai sub rekening dibawahnya lagi.




* Mengganti Nama Rekening

Jika anda menghendaki rekening dalam bahasa Indonesia maka harus diganti dengan cara :


1. Pilih nomor rekening yang sama.


2. Sorot rekening yang akan diganti


3. Klik tombol Edit atau klik ganda mouse Anda.


4. Ketikkan nama rekening lain yang diinginkan.




* Mencatat Rekening Baru

1. Pilih General Ledger lalu Chart Of Accounts, lalu pilih New.


2. Tentukan Type, Nomor dan nama rekening serta isikan saldo awal (jika ada) untuk rekening yang bertype Detail.


Contoh Kelompok aktiva(asset),


Aktiva Lancar bertype header


Piutang Karyawan type detail.(Rekening type detail terdapat file Opening Balance untuk mengisi saldo awal dan Linked Account For> yang menunjukkan kaitan dengan rekening lainnya. Linked Account For> Unlinked, artinya rekening bersangkutan tidak terkait dengan rekening lainnya)




























MAN I COMPUTER


Jl. Moh. Seruji No. 68 Jember


Rekening per 1 Januari 2002





Rekening Account Type Saldo Awal


1-0000 AKTIVA Header 0


1-1000 Aktiva Lancar Header 0


1-1100 Kas Detail 5.000.000


1-1110 Kas Kecil Detail Cheque 4.750.000


1-1120 Bank Header 0


1-1121 Bank Mandiri Detail Cheque 180.000.000


1-1122 Bank BCA Detail 175.000.000


1-1200 Piutang Usaha Detail 0


1-1210 Piutang Karyawan Detail 0


1-1300 Uang Muka Detail 0


1-1400 Persediaan Barang Dagangan Detail 0


1-2000 Aktiva Tetap Header 0


1-2100 Peralatan Kantor Header 0


1-2110 HP Peralatan Kantor Detail 120.000.000


1-2120 Akum. Penyusutan Peralatan Kantor Detail 2.600.000


1-2200 Kendaraan Header 0


1-2210 HP. Kendaraan Detail 75.000.000


1-2220 Akum. Penyusutan Kendaraan Detail 11.000.000


2-0000 HUTANG Header 0


2-1000 Kewajiban Lancar Header 0


2-1100 Hutang Gaji Detail 62.000.000


2-1200 Pendapatan Diterima Dimuka Detail 0


2-1300 Hutang Usaha Detail 42.750.000


2-1400 Hutang PPN Detail 0


2-2000 Kewajiban Jangka Panjang Header 0


2-2100 Hutang Bank Detail 253.600.000


2-2200 Hutang Jangka Panjang Detail 0


3-0000 MODAL Header 0


3-1000 Modal Saham Detail 189.000.000


3-2000 Laba Ditahan Detail 0


3-3000 Laba Periode Berjalan Detail 0


3-9999 Hitorical Balancing Account Detail 26.000.000


4-0000 PENDAPATAN Header 0


4-1000 Penjualan Peralatan Komputer Detail 0


4-2000 Penjualan Komputer Detail 0


4-3000 Pendapatan Jasa Angkut Detail 0


4-4000 Pendapatan Denda Konsumen Detail 0


5-0000 HARGA POKOK PENJUALAN Header 0


5-1000 HPP Peralatan Kantor Detail 0


5-2000 HPP Komputer Detail 0


6-0000 BIAYA-BIAYA Header 0


6-1000 Gaji Karyawan Detail 0


6-1100 Promosi Detail 0


6-1200 Administrasi Bank Detail 0


6-1300 Perawatan Detail 0


6-1400 Penyusutan Detail 0


6-1500 Potongan Pembelian Detail 0


6-1600 Denda Terlambat Bayar Detail 0


6-1700 Ongkos Angkut Pembelian Detail 0


6-1800 Biaya Listrik & Telpon Detail 0


6-1900 Biaya Perlengkapan Kantor Detail 0


6-2000 Biaya Sewa Ruang Detail 0






























PRAKTIKUM III
PENCATATAN VENDOR CARD




* Pencatatan data pemasok (vendor) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :


1. Klik menu Card File, selanjutnya akan tampil beberapa sub menu.


2. Klik tombol Card. Akan tampil kotak dialog View Card File seperti gambar berikut :































3. Klik icon New. Akan tampil dialog Card File Entry.


a) Pada Card Type, pilih Vendor


b) Isi informasi meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telp/fax, orang yang dihubungi diperusahaan (kontak personal). Seperti gambar berikut ini.































4. Klik icon Terms, untuk mengisi termin pembelian dan batas kredit. Kotak dialog Credit Term ditampilkan. Isi termin dan batas kredit. Seperti gambar berikut ini.



























Catatan :


Payment In Due : On A Day Of The Month


Discount Date : 10 thn


Balance Due Date : 30 thn


% Discount For Early Payment : 2%



5. Klik OK. Apabila anda ingin menambahkan informasi rekening bank pemasok untuk transver maka klik icon Bank Info. Seperti gambar berikut ini.





























Banking Information :


Contoh :


PT. Trakindo Raya


BSB Code : 001-214


Account Number : 254


Account Name : Rizal




DATA PEMASOK (VENDOR)



Nama : PT. Adi Luhur Persada PT. Sinar Mas Jaya


Alamat : Jl. Karimata No. 68 Jl. PB. Sudirman 57


Kota : Surabaya Jember


Negara : Indonesia Indonesia


Kode Pos : 12345 23456


Kontak : Amir Ubaidillah Sukarno


No. Telp : 031-2567548 0331-330768


No. Fax : 031-2567528 0331-330742


Batas Termin : Rp. 9.800.000 Rp. 9.500.000


Termin : 2/10,Net/30 3/10, Net/30




Nama : PT. Jaya Utama PT. Trakindo Raya


Alamat : Jl. WR. Supratman 23 Jl. Tamrin 45


Kota : Malang Jakarta


Negara : Indonesia Indonesia


Kode Pos : 15674 76890


Kontak : Moh. Zidane Siswanto


No. Telp : 0341-416988 021-546832


No. Fax : 0341-416967 021-546845


Batas Termin : Rp. 1.750.000 Rp. 2.500.000


Termin : 2/10, Net/30 2/10,Net/30




















PRAKTIKUM IV


PENCATATAN DATA CUSTOMER CARD




* Pencatatan data pemasok (vendor) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :


1. Klik menu Card File, selanjutnya akan tampil beberapa sub menu.


2. Klik tombol Card. Akan tampil kotak dialog View Card File.


3. Klik icon New. Akan tampil dialog Card File Entry.


a) Pada Card Type, pilih Customer


b) Isi informasi meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telp/fax, orang yang dihubungi diperusahaan (kontak personal).


4. Klik icon Terms, untuk mengisi termin pembelian dan batas kredit. Kotak dialog Credit Term ditampilkan. Isi termin dan batas kredit.


Catatan :


Payment In Due : On A Day Of The Month


Discount Date : 10 th


Balance Due Date : 30 th


% Discount For Early Payment : 2%


% Monthly Charge For Late Payment : 5%


5. Klik OK apabila anda sudah yakin sekali betul.




DATA CUSTOMER (PELANGGAN)




Nama : Vostex Computer Millenium Computer


Alamat : Jl. Jawa No. 68 Jl. Hayam Wuruk 57


Kota : Surabaya Jember


Negara : Indonesia Indonesia


Kode Pos : 25678 86537


Kontak : Dike Hani Salsabila


No. Telp : 031-2674984 0331-330926


No. Fax : 031-2674924 0331-330917


Batas Termin : Rp. 6.000.000 Rp. 5.500.000


Termin : 2/10,Net/30 2/10, Net/30


Denda : 5%/bulan 5%/bulan





Nama : Langitan Computer SOB Computer


Alamat : Jl. Anggur No. 63 Jl. Kartini No. 34


Kota : Jakarta Malang


Negara : Indonesia Indonesia


Kode Pos : 87654 54387


Kontak : Sriwijayanti Rosmaladewi


No. Telp : 021-2675478 0341-416755


No. Fax : 031-2675426 0341-416767


Batas Termin : Rp. 8.000.000 Rp. 5.500.000


Termin : 2/10,Net/30 2/10, Net/30


Denda : 5%/bulan 5%/bulan





Nama : Lautan Computer PPKIA


Alamat : Jl. Mangga No. 76 Jl. Kartini No. 34


Kota : Jakarta Jember


Negara : Indonesia Indonesia


Kode Pos : 56734 89765


Kontak : Syaiful Hidayat


No. Telp : 021-4563787 0331-888938


No. Fax : 031-4563745 0331-888923


Batas Termin : Rp. 4.000.000 Rp. 8.500.000


Termin : 2/10,Net/30 2/10, Net/30


Denda : 5%/bulan 5%/bulan



PRAKTIKUM V


PENCATATAN INVENTORY




* Pencatatan barang/jasa yang diperdagangkan dicatat dengan langkah sebagai berikut :


1. Klik Menu Inventory.


2. Klik Items List. Seperti gambar dibawah ini.




























3. Klik icon New.


4. Isi informasi barang/jasa


Contoh : A-01 (Kelompok Peralatan Kantor)


Dalam Item Information diisi :


Item Number : M-01


Name : Mesin Ketik 987-PC


Cost Of Sales Account : HPP Peralatan Kantor ( 1-2110)


Income Account For Tracking Sales : Penjualan Peralatan Kantor ( 4-2000 Rek. Baru) pilih New


Asset Account For Item Inventory : Persediaan Barang Dagangan ( 1-1400 )


Beri tanda ü pada Buy This Item (apabila barang dibeli dari pemasok)


Beri tanda ü pada Sell This Item (apabila barang dijual kembali)


Beri tanda ü pada Inventory This Item (apabila barang tersebut dicatat dalam rekening persediaan).





























5. Klik Buying Detail, kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini.































Keterangan :


Last Purchase Price : 0


Buying Unit Of Measure : Unit


Number Of Item Per Buying Unit : 1


Tax Code When Bought : Fre


Minimum Level : 2


Primary Vendor : PT. Adi Luhur


Default Reorder Quantity : 5



6. Selanjutnya, klik Selling Detail, seperti gambar dibawah ini. Lalu klik OK !!!




























Keterangan :


Base Selling Price(harga jual) : 6.780.000


Selling Unit Of Measure : Unit


Number Of Items Per Selling Unit : 1


Tax Code : Fre




DAFTAR BARANG DAGANGAN


PERALATAN KANTOR




Kode : M-01 M-02


Nama Barang : Mesin Ketik 987-PC Projector PC-87


Satuan : Unit Unit


Pemasok : PT. Adi Luhur PT. Adi Luhur


Harga Jual : Rp. 6.780.000 Rp. 9.300.000


Harga Beli : Rp. 5.100.000 Rp. 9.200.000


Min Level : 2 2


Restoking : 5 5





Kode : M-03 M-04


Nama Barang : Multimag 178 SS Casanova 430 BJ


Satuan : Unit Set


Pemasok : PT. Adi Luhur PT. Adi Luhur


Harga Jual : Rp. 4.145.000 Rp. 3.280.000


Harga Beli : Rp. 3.790.000 Rp. 2.350.000


Min Level : 2 3


Restoking : 10 5



Keterangan :


Harga Jual : Base Sell Price


Restoking : Default Reorder Quantity











DAFTAR BARANG DAGANGAN


PERALATAN KOMPUTER






























Kode : Q-01 Q-02 Q-03


Nama Barang : Hardisk 470 Motherboard BJ-02 Acer Cd Rom


Satuan : Set Set Set


Pemasok : PT. Trakindo PT. Trakindo PT. Trakindo


Harga Jual : Rp. 5.400.000 Rp. 2.300.000 Rp. 1.900.000


Harga Beli : Rp. 3.980.500 Rp. 1.700.000 Rp. 1.200.000


Min Level : 5 5 10


Restoking : 5 5 15





Kode : Q-04 Q-05 Q-06


Nama Barang : Printer BJ-1000 Printer Laser Jet Casing T-ANT


Satuan : Unit Unit Unit


Pemasok : PT. Trakindo PT. Sinar Mas PT. Sinar Mas


Harga Jual : Rp. 6.780.000 Rp. 7.300.000 Rp. 1.600.000


Harga Beli : Rp. 5.810.000 Rp. 4.200.000 Rp. 1.100.000


Min Level : 15 15 15


Restoking : 20 10 15




Kode : Q-07 Q-08 Q-09


Nama Barang : Printer BJ-234 Printer Laser Jet A-98 HDD Quantum 47


Satuan : Unit Unit Unit


Pemasok : PT. Sinar Mas PT. Jaya Utama PT. Jaya Utama


Harga Jual : Rp. 5.900.000 Rp. 8.700.000 Rp. 1.900.000


Harga Beli : Rp. 3.800.000 Rp. 6.800.000 Rp. 1.100.000


Min Level : 1 15 20


Restoking : 15 25 5




Kode : Q-10 Q-11


Nama Barang : Monitor BJ-987 Monitor GHJ


Satuan : Unit Unit


Pemasok : PT. Jaya Utama PT. Jaya Utama


Harga Jual : Rp. 3.900.000 Rp. 4.700.000


Harga Beli : Rp. 2.800.000 Rp. 3.800.000


Min Level : 25 20


Restoking : 15 15













PRAKTIKUM VI


KEBIJAKAN AKUNTANSI & PENCATATAN TRANSAKSI





* KEBIJAKAN AKUNTANSI

1. Periode akuntansi (tahun buku) berawal pada tgl. 1 Januari dan berakhir tgl. 31 Desember 2002.


2. Dalam pencatatan kas kecil menggunakan sistem imprest.


3. Persediaan barang dagangan dicatat berdasarkan harga perolehan (cost) dan dinilai dengan menggunakan penilaian persediaan Last Cost.


4. Pembayaran gaji karyawan dibayarkan setiap tgl. 3 setiap bulannya Rp. 5.800.000 (konstan selama setahun).


5. Biaya sewa toko Rp. 1.700.000 per bulan dibayarkan setiap tgl. 10.


6. Biaya penyusutan peralatan kantor Rp. 450.000 dan kendaraan Rp. 700.000 dicatat setiap tgl. 26.



* Berdasarkan kebijakan tersebut hal yang harus dilakukan sbb :


1. Klik menu inventory.


2. Klik Set Item Price. Kotak dialog Set Item Price ditampilkan.


3. Klik icon Last Cost.


4. Klik OK.



Contoh : Transaksi gaji karyawan, sewa toko, rekening telpon & listrik dan biaya penyusutan adalah transaksi yang bersifat rutin setiap bulan. Pencatatan tersebut akan lebih efisien dengan fasilitas Recurring, salah satu contoh adalah transaksi pembayaran Gaji Karyawan yang dicatat dengan langkah berikut ini :


1. Klik menu General Ledger.


2. Klik General Journal Entry. Kotak dialog akan muncul :


* Tentukan tanggal transaksi (11/3/02)


* Isi keterangan singkat transaksi pada kotak Memo


* Tentukan nomor rekening (pada kolom Acct #), dengan menekan enter. Kotak dialog Select Form List ditampilkan, pilih rekening untuk posisi Debit (selanjutnya Kredit), akhiri dengan menekan tombol Use Account.


* Isikan angka untuk rekening tersebut pada kolok Debit (selanjutnya Kredit).


* Isi kode Job (dalam kasus ini dikosongkan) apabila transaksi tersebut merupakan transaksi suatu divisi atau proyek yang masing-masing proyek membuat laporan rugi-laba tersendiri.


3. Klik icon Save (Recurring). Kotak dialog Save Rekurring ditampilkan.


* Tentukan frekwensi transaksi bulanan (Monthly), mingguan (Weekly) dan sebagainya pada kotak isian Frequency.


* Tentukan hari atau tanggal transaksi pada kotak isian Remind Every Month On The.


4. Klik tombol Record. Lakukan hal yang sama untuk transaksi lainnya.






A. TRANSAKSI DAN PENCATATAN TRANSAKSI

Berikut ini contoh transaksi selama bulan Nopember dan Desember 2002, diasumsikan harga jual barang sudah termasuk pajak penjualan. Jumlah transaksi kredit baik pembelian maupun penjualan sangat mungkin melebihi batas kredit baik batas kredit dalam MYOB dibatasi hanya sampai delapan angka. Namun nilai transaksi yang dapat dicatat oleh MYOB Accounting dapat mencapai trilyunan ( lebih dari 13 angka ).



* Tanggal 01 Nopember 2002


Perusahaan membeli barang dari PT. Adi Luhur secara kredit dengan rincian :


Projector PC 87 2 Unit


Multimag 178 SS 2 Unit


Casanova 430 BJ 1 Set


Mesin Ketik 987-PC 1 Buah


Penyelesaian :


1. Klik menu Purchases


2. Klik Purchases. Kotak dialog Purchases ditampilkan, klik Type ( service, item, professional atau miscellaneous ) ditampilkan. Untuk kasus ini Anda pilih item dengan mengklik icon tersebut.


3. Isi semua informasi tentang pembelian. Klik tombol Record. Proses pencatatan selesai.








































* Tanggal 03 Nopember 2002


Perusahaan membayar biaya Gaji Karyawan sebesar Rp. 5.800.000 dengan dana yang diambi dari Bank BCA.


Penyelesaian :


1. Klik menu General Ledger.


2. Klik General Journal Entry. Klik icon Save Recurring.


3. Pilih Pembayaran gaji karyawan dan klik ganda atau tekan tombol OK. Kotak dialog General Journal Entry ditampilkan kembali. Periksa tanggal dan keterangan transaksi, nomor rekening dan jumlah debit atau kredit. Sebelum diproses Anda dapat menyunting data pada kotak dialog tersebut.


4. Klik tombol Record. Proses pencatatan selesai.























































* Tanggal 08 Nopember 2002


Seorang karyawati Meike Handayani meminjam uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp. 2.500.000. Perusahaan mengeluarkan cek dari Bank Mandiri untuk karyawati tersebut.


Penyelesaian :


1. Klik menu Chequebook.


2. Klik Write Cheques. Klik drop-down pada kotak pilihan card. Anda cari karyawati dengan nama Salsabila. Ternyata nama tersebut tidak mungkin Anda temukan karena belum pernah dicatat. Anda dapat menambahkan nama tersebut dengan mengklik icon New, selanjutnya catat data tentang karyawan tersebut ( alamat, telp dll …. Terserah anda ).


3. Isikan data tentang transaksi tersebut dan rekening untuk menampung saldo lawan dari rekening Java Bank. Klik tombol Record.

































* Tanggal 10 Nopember 2002


Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Nopember sebesar Rp. 1.700.000,00


Penyelesaian :


1. Klik menu General Ledger


2. Klik General Journal Entry


3. Klik icon Use ( recurring ). Kotak dialog Select a Recurring Transaction.


4. Pilih sewa ruang dan klik ganda atau tekan tombol OK. Kotak dialog General Journal Entry ditampilkan kembali. Periksa tanggal dan keterangan transaksi, nomor rekening dan jumlah debit atau kredit. Sebelim diproses Anda dapat menyunting data pada kotak dialog tersebut.


5. Klik tombol Record. Proses pencatatan selesai.


















* Tanggal 12 Nopember 2002


Perusahaan membeli barang secara tunai dari PT. Trakindo dengan rincian sebagai beikut :



Jenis Barang Jumlah Harga/Unit Diskon



Hardisk 470 8 buah Rp. 3.980.000,00 10 %


Printer BJ 1000 4 buah Rp. 5.810.000,00 15 %



Penyelesaian :


1. Klik menu Purchase


2. Tampilkan kotak dialog Purchase item


3. Isi


Vendor : PT. Trakindo Raya


Ship To : Ditujukan pada ( otomatis ada )


Date : tanggal transaksi ( bulan/tgl/th)


Received : Jumlah barang yang dibeli


Back Order : Jumlah barang yang dikembalikan


Item Number : Kode barang


Deskription : Nama barang


Price : Harga beli barang


Disk : Diskon


Comment : komentar ( pilih/bebas/buat sendiri melalui menu New)


Ship Via : pengiriman dilakukan dengan cara ( pilih sendiri )


Paid Today : isi nilai uang sama dengan total amount


4. Klik tombol record ( untuk memastikan pencatatan pengeluaran cek ) lalu OK


































* Tanggal 15 Nopember 2002


Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT. Duta Kencana dengan rincian barang sebagai berikut :



Jenis Barang Jumlah Harga/Unit Diskon



Projector PC-87 3 Unit Rp. 10.300.000 0%


Motherboard BJ-02 5 set Rp. 2.300.000 5%


HDD Quantum 47 7 buah Rp. 1.900.000 5%


Monitor GAJ 3 buah Rp. 4.700.000 10%


Penyelesaian :


1. Klik menu Sales.


2. Klik Sales. Klik pada Sales Service ( Anda tidak menemukan PT. Duta Kencana pilih New untuk membuat data baru). Isikan Informasi lain pada Ship to.


3. Isikan tanggal.


4. Deskription dengan jenis barang


5. Account diisi nomor account


6. Amount dengan harga barang


7. Paid today diisi dengan total amount.


8. Klik tombol Record.

































* Tanggal 17 Nopember 2002


a. Perusahaan mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000.000,00 dari Bank BCA untuk pemasangan iklan (promosi)


Penyelesaian :


Transaksi tersebut tidak terkait langsung dengan pembelian atau penjualan barang (jasa) sehingga di catat melalui menu General Ledger.


1. Klik menu General Ledger


2. Pilih General ledger Entry


3. Isikan …. Lalu kalau sudah yakin OK !!!































* Tanggal 18 Nopember 2002


Perusahaan membayar tagihan bulan Nopember 2002 berupa rekening listrik sebesar Rp. 147.500 dan rekening telepon sebesar Rp. 875.000


Penyelesaian :


1. Klik menu General Ledger


2. Klik General Journal Entry. Klik icon Use (reccurring)


3. Klik ganda Rekening Listrk & Telepon, selanjutnya pada kotak dialog General Journal Entry ditampilkan jurnal untuk transaksi tersebut. Tambahkan keterangan transaksi pada kotak ditampilkan jurnal untuk transaksi tersebut. Tambahkan keterangan transaksi pada kotak isian Memo (jika diperlukan) dan ganti angka dari 500.000 menjadi 1.022.500 (Rp. 147.500+Rp. 875.000) pada kolom Debit dan Credit. Klik OK. Angka 500.000 pada kolom Debit dan Credit merupakan angka yang telah diketikkan pada saat pencatatan transaksi recurring. Anda dapat memasukkan angka yang lain dengan catatan lebih dari 0 (nol) dan menggantinya sesuai dengan transaksi yang terjadi khususnya untuk transaksi dengan nilai yang berubah-ubah.



* Tanggal 21 Nopember 2002


Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT. Ogah Mundur dengan rincian barang sebagai berikut :



Jenis Barang Jumlah Harga/Unit Diskon


Multimag 178 SS 1 Unit Rp. 4.145.000,00 5 %


Casanova 430 BJ 1 Set Rp. 3.280.000,00 5 %



Penyelesaian :


Merupakan transaksi penjualan sehingga di catat menggunakan menu Sales. Transaksi tersebut merupakan penjualan tunai sehingga pada kotak Paid Today diisi sesuai dengan nilai transaksi ( Total Amount ), dan Balance Due ( piutang dagang / usaha ) sebesar nol ( 0 ). Lihat penyelesaian kasus tanggal 15 Nopember 2002.

































* Tanggal 24 Nopember 2002


Perusahaan melunasi hutang kepada PT. Adi Luhur Rp. 181.210.000 ( transaksi tanggal 03 Nopember 2002 )


Penyelesaian :


1. Klik menu Purchases.


2. Klik Vendor Payments. Periksa saldo rekening untuk pelunasan transaksi ( dalam contoh Bank Mandiri ), apakah jumlah cukup untuk membayar ke pemasok atau tidak.


3. Klik drop – down pada kotak pilihan Vendor, pilih salah satu pemasok ( contoh PT. Adi Luhur ). Data transaksi dengan pemasok yang bersangkutan akan ditampilkan. Cek tanggal dan data transaksi yang bersangkutan, pastikan data tersebut benar dan jika terdapat kesalahan, telusuri kembali melalui bukti transaksi.


4. Klik icon Pay All ( kebetulan dalam kasus ini merupakan pelunasan ) atau ketik jumlah yang dibayarkan pada kotak Amount dan didistribusikan pembayaran tersebut ke kolom Amount


5. Klik Record.
































* Tanggal 30 Nopember 2002


Perusahaan menjual barang secara kredit kepada Indo Pratama dengan rincian barang sebagai berikut :



Jenis Barang Jumlah Harga/Unit Diskon



Projector PC-87 1 Unit Rp. 10.300.000,00 0 %


Casanova 430 BJ 1 Buah Rp. 3.280.000,00 0 %



Penyelesaian :


Merupakan transaksi penjualan sehingga dicatat menggunakan menu sales. Transaksi tersebut merupakan penjualan kredit sehingga pada kotak Paid Today diisi 0 ( nol ) atau sesuai dengan uang yang diterima perusahaan, dan Balance Due ( piutang dagang/usaha ) secara otomatis akan terisi sebesar 0 ( nol ) atau selisih antara Total Amount dengan Paid Today.













































PRAKTIKUM VII


MENCETAK LAPORAN KEUANGAN






LAPORAN KEUANGAN


General Ledger


1. Anda dapat mencetak berbagai macam laporan keuangan dengan mengklik drop-down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan General Ledger atau melalui menu Report – Index to Report dilanjutkan dengan mengklik tab General Ledger.


2. Neraca El Rahma Computer dapat dicetak melalui menu Report – Index to Report tab General Ledger pilihan Balance Sheet kemudian klik Display atau klik drop-down Report pada kotak dialog Command Centre pilihan General Ledger.


3. Laporan Rugi Laba dicetak melalui menu Report – Index to Report tab General Ledger pilihan Profit & loss kemudian klik Display atau klik drop-down Report pada kotak dialog Command Centre pilihan Profit & Loss.



Chequebook


* Laporan yang berisi saldo bank dapat Anda cetak dengan cara mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Chequebook atau melalui menu Report – Index dilanjutkan dengan mengklik tab Chequebook.



Sales


* Laporan yangterkait dengan penjualan baarang (jasa) yang diperdagangkan perusahaan dicetak dengan cara mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Sales atau melalui menu Report – Index to Report dilanjutkan dengan mengklik tab Sales.



Purchases


* Laporan yang terkait dengan pembelian barang yang di perdagangkan perusahaan dapat di cetak dangan cara mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Purchases atau melalui menu Report – Index to Report di lanjutkan dengan klik tab Purchases.



Inventory


* Anda dapat mencetak berbagai macam laporan tentang barang yang di perdagangkan oleh perusahaan. Proses pencetakan laporan dapat di lakukan dengan mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Inventory atau melalui menu Report – Index to Report dilanjutkan dengan klik tab Inventory.


Nur Cholis Majid Ibnu Jamal Abidin

/cholis_center

Bendera Blambangan Bendera Belambangan 3 x Bendera Belambangan sayang… He Bendera he Belambangan 2 x Belambangan, Belambangan Tanah Jawa ujung timur Tak akan pernah bosan tak akan bosan Aku menyebut namamu Belambangan, Belambangan Mengalun merdu Paman Suaranya lagu Blambangan Merambah seluruh nusantara Banyuwangi..... barat gunung timur lautan Utara dan selatan hutan angker Terlebih-lebih Belambangan... Belambangan Jangan tanya senang susah yang ditanggung Tanah indah... terhampar di taman sari nusantara He... Belambangan ... He... Belambangan Terhampar di taman sari nusantara Belambangan he senang susah jangan ditanya lagi Sudah beberapa jaman turun temurun yang terlewati Banyak peristiwa tapi langitmu masih biru Masih besar masih melimpah ombak lautmu Belambangan he,... gunung-gunungmu masih perkasa Sawah dan ladangmu luas masih subur menghidupi Takkan kesusahan air mengalir masih besar sumbermu Rakyatnya masih kompak mengukir dan membangun tidak selesai-selesai He Belambangan jangan surut air laut Takkan bisa surut kasih setya baktiku Barang siapapun yang mencoba merusak Kan ku bela ku hadang ku Bau harum darah Sritanjung yang masih semebar Marahnya satria MenakJInggo masih hidup di dada Masih tebal kesaktian Tawang Alun dan Agung Wilis Masih membara tekatnya Sayuwiwit Dan pahlawan Empat puluh lima Berdirilah tegak Berdirilah tegak Bendera Belambangan Berdirilah tegak adil dan makmur Nusantara................
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?