Mohon tunggu...
Lyfe

Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group pada Pembelajaran Matematika Materi Turunan Fungsi

12 Agustus 2017   23:31 Diperbarui: 12 Agustus 2017   23:37 3239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI

Didit Safari Zenal Muttaqin

Pendidikan Matematika Universitas Indraparasta PGRI Jakarta

ABSTRAK:   Penulisan ini bertujuan untuk penerapan metode pembelajaran buzz grouppada pembelajaran matematika materi turunan fungsi. Penulisan ini menggunakan pendalaman kualitatif dengan cara kajian pustaka. Metode buzz group dapat merangsang pertanyaan siswa serta menggali gagasan dan informasi dengan cepat. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa untuk metode pembelajaran buzz group diperlukan cara; 1) Bentuk beberapa kelompok; tampilkan pengarah diskusi dan informasi batas waktu, 2) Minta anggota kelompok bertukar pikiran untuk merespons pengarah tersebut, 3) Lakukan pengecekan secara periodik untuk melihat apakah kelompok-kelompok yang ada masih terlibat secara aktif dan fokus pada topik yang diberikan. Jika sudah keluar dari topik, persingkat batas waktu. Jika masih membahas topik dan waktu sudah berakhir, pertimbangkan untuk memperpanjang batas waktu beberapa menit lagi, 4) Minta siswa untuk kembali pada diskusi kelas dan ulangi kembali pengarah untuk memulainya.

 

KATA KUNCI: Buzz Group, Pembelajaran Matematika, Turunan Fungsi.

 

Pendahuluan

Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik (Mulyasa, 2002:100). Dalam pembelajaran, tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan tingkah laku.

Pembelajaran matematika menurut Russeffendi (1993:109) adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang sengaja dilakukan untuk memperoleh pengetahuan dengan memanipulasi simbol-simbol dalam matematika sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku.

Dalam kurikulum 2004 disebutkan bahwa pembelajaran matematika adalah suatu pembelajaran yang bertujuan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun