Jarak Alfamart - Indomaret, Berpengaruhkah pada Pilihan Masyarakat?

12 Juni 2017   23:33 Diperbarui: 12 Juni 2017   23:42 42 0 0
Jarak Alfamart - Indomaret, Berpengaruhkah pada Pilihan Masyarakat?
sumber: tirto.id

Jakarta, 12/6 -- Meningkatnya urgensi masyarakat dalam membutuhkan suatu barang secara tiba-tiba,mendorong mereka untuk mencari mini market terdekat. Berbagai macam perusahaan minimarket diIndonesia, sebut saja Seven Eleven, Circle K, Starmart, Indomaret dan Alfamartmenawarkan produk yang sebenarnya hampir sama, yaitu kebutuhan sehari-harimasyarakat yang bersifat penting dan lebih terkesan mendesak.

Di Jakarta, tidak diragukan lagi pemenangnya adalah Alfamart dan Indomaret. mengapa? karena kedua mini market tersebut letaknya tersebar sangat luas, dan sangat mudah ditemukan, produk-produk yang dijual pun cukup memuskan pencarian pelanggan. namun, beberapa hal yang menjadi pertanyaan adalah, apakah persaingan dan jarak antara keduanya mempengaruhi pilihan pelanggan? dan, Alfamart atau Indomaret kah pemenangnya?

Dikutip dari web marketing.co.id, diperoleh informasi sebagai berikut:

“Di industri ritel, tidak ada persaingan sesengit Alfamart dan Indomaret. Kedua minimarket ini benar-benar mempraktikkan “prinsip dasar” industri ritel, yakni gerai harus disebar sebanyak mungkin dan lokasinya harus sedekat mungkin dengan konsumen. Perang terbuka pun terjadi. Di mana ada Alfamart, di situ pula hadir Indomaret. Lumrah saja kita melihat di suatu kawasan, kedua minimarket saling berhadapan atau berdampingan.

Perlombaan memperbanyak gerai seperti tidak ada habisnya. Alfamart sebagaimana dituturkan Solihin, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, hingga kuartal pertama 2014 memiliki 8.845 toko dan didukung oleh 24 gudang. Gudang pengiriman barang didukung dengan teknologi informasi yang komprehensif (pemesanan, penerimaan, penyimpanan, pengambilan, dan pengiriman). Setiap gudang didesain secara khusus sesuai dengan kebutuhan.

Direktur Operasional PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Anggara Hans Prawira, pada Mei lalu kepada wartawan mengatakan akan menambah gerai Alfamart hingga 1.200 unit tahun ini. Untuk memuluskan upaya tersebut, perusahaan menganggarkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp1,8 triliun sampai Rp2 triliun.

Sementara Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan hingga kini total gerai Indomaret mencapai 9.585, terdiri dari 9.472 Indomaret reguler, 105 Indomaret Point , dan 8 Indomaret Fresh. Distribusi penyebaran gerainya merata, baik di perkotaan dan pedesaan.”

 

dari sumber di atas, dapat disimpulkan bahwa persaingan antara Alfamart dan Indomaret sangat sengit. berdasarkan riset tersebut, laba yang terus meningkat diperoleh Indomaret. namun, apa kata beberapa masyarakat?

"mini market yang paling mudah ditemukan ya Alfamart dan Indomaret, sih. Tapi saya lebih suka Indomaret. harganya lebih murah dan sering ada promo. keduanya (Alfamart dan Indomaret) ada di dekat rumah, tapi sering bikin jalanan macet karena parkirannya yang sempit." kata Reiga, 19 tahun, warga Sunter (28/5/2017).

sedangkan di sisi lain, Audrileo yang bertempat tinggal di Pademangan mengatakan, "masyarakat memang dipermudah dengan adanya kedua mini market ini yang selalu bersebelahan dan ada di mana-mana. saya lebih memilih Alfamart karena jauh lebih nyaman. tempatnya lebih bersih, barangnya lebih komplit meskipun harganya sedikit lebih mahal, dan lebih dekat dari perumahan."

 

jadi.. gimana, netizen? pilih Alfamart, atau Indomaret?

 

sumber gambar: tirto.id