Mohon tunggu...
Dedy Ariyadi
Dedy Ariyadi Mohon Tunggu... -

Smile and learning\r\nAlamat : Jl. Malaka3 Rt06/06 no89\r\njakarta 14140. website : www.bimbelsenyum.blogspot.com \r\nTelp. 082166307318\r\nHarta tidak punya, yang saya punya ilmu untuk beramal..

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Mendirikan Bimbel 2

1 Oktober 2011   04:10 Diperbarui: 4 April 2017   16:38 4025
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pola Pembelajaran

Bimbingan Belajar

Banyak Bimbel yang ada di sekitar kita. Dari yang menawarkan semua mata pelajaran sampai Bimbel yang hanya menawarkan mata pelajaran eksakta.

Berikut ini macam-macam bimbel beserta kelebihan dan kekurangannya :

1.Bimbel yang banyak bermunculan adalah Bimbel 1 guru mengajar 10-15 murid. Bimbel tersebut cocok untuk sekolah negeri, tetapi tidak cocok untuk sekolah Internasional dan Nasional plus.

Kelebihannya :

-Guru tidak cepat lelah karena mengajarnya hanya satu kelas saja (missal : hanya kelas 5 tidak ada kelas 6)

-Guru hanya fokus 1 materi saja yang akan diajarkannya.

-Keuntungan yang besar bagi bimbelnya, karena 1 guru per jam, sedang dia mengajar banyak murid.

Kekurangannya :

-Murid yang tidak mengerti akan tertinggal dengan murid yang mengerti. Karena murid banyak sehingga gurunya tidak memperhatikan murid tersebut.

-Pengaturan waktu danpembayaran gaji tidak sefleksibel Bimbel semi privat dan privat.

-Materi yang diberikan tidak sesuai dengan besok yang dipelajari sekolah murid.

-Pemilihan waktu yang beragam pada setiap murid, dikarenakan setiap murid mempunyai waktu luang yang berbeda karena banyaknya murid melakukan les yang lainnya.

2.Bimbel Semi Privat. Bimbel dengan 1 guru mengajar 3 – 4 murid. Bimbel dengan sistem ini sangat disukai para murid dan orang tua murid yang sekolahnya di Internasional maupun Nasional plus. Bimbel dengan sistem ini sangat cocok untuk Bimbel yang pertama kali berdiri.

Kelebihannya :

-Waktu yang fleksibel karena murid bebas memilih waktu dan hari yang diinginkannya.

-Materi dan pelajaran terserah yang diingikan oleh murid (biasanya murid menginginkan pelajaran yang akan dipelajari esok hari dia sekolah). Jadi guru harus siap/menguasai semua materi dibidangnya.

-Pengaturan tempat yang sederhana.

-Penggajian guru yang mudah dihitung.

-Guru dapat dekat dengan muridnya.

Kekurangannya :

-Guru harus menguasai benar bidang yang akan diajarkannya, karena dia akan mengajar murid yang berbeda kelas.

-Bila guru keluar, murid yang diajarnya akan keluar mencari guru tersebut karena dia merasa cocok dengan guru tersebut.


  1. Bimbel Privat

Hampir sama seperti Bimbel semi privat. Bahkan bisa digabungkan jika pemilik tersebut ingin mengadakannya. Perbedaannya terletak pada responbility yang diberikan kepada guru yang menangani murid tersebut.

POLA SDM (Karyawan dan Guru)

Untuk mencari staf dan guru yang berkualitas sangatlah sulit. Biasanya Bimbel-Bimbel yang terkenal sudah mengambil guru yang terbaik dibidangnya. Sekalipun demikian masalah ini bisa dipecahkan jika kita menghadapinya dengan bijaksana. Kita dapat merekrut guru yang baru lulus kuliah walaupun guru tersebut tidak berpengalaman. Kita perlu mengajarkannya dari awal dan mencari guru sangat cocok untuk Bimbel yang baru karena guru dan Bimbel itu akan berkembang bersama-sama. Disamping itu, guru yang baru dapat menekan pengeluaran karena gajinya yang dibawah standar.

Staf dan guru yang dibutuhkan pertama kali :

1.Resepsionis/ADM

2.Guru SD 1 – 2 orang

3.Guru SMP 1 – 2 orang

4.Guru SMA 1 – 2 orang

Semua staf dan guru tergantung banyaknya murid yang mendaftar. Usahakan mendapat 1 guru berpengalaman untuk mentraining guru baru.

Guru dan karyawan bimbel harus ditanamkan serve(melayani), satisfy(pemuasan), dan love(mencintai), tetapi yang paling utama adalah “cinta”, yaitu dengan menganggap siswa seperti anak, adik, dan saudara kita sendiri.

Cara mempraktekan “cinta” adalah :

-Menanyakan keluhan dan harapan siswa

-Bertemu sesering mungkin kepada siswa

-Berempatilah secara nyata ketika siswa mengalami kesedihan dan wujudkan lah suka cita guru dan karyawan ketika mereka menggapai kesukesan dan kebahagiaan.

Peganglah pedoman, sebelum kita memuaskan pelanggan kita harus terlebih dahulu memuaskan karyawan dan guru. Sistem yang akan digunakan oleh bimbel harus transparan dan jelas. Kemudian bimbel juga akan mencoba memberikan jaminan kepada mereka, yaitu jaminan kesehatan, pension dan sebagainya. Kalau masih dimulai lebih baik berikan kerjasama yang baik bagi guru dan karyawan.

Berikut pola jam masuk, tugas, dan sistem recruitment guru.

Jam masuk karyawan (OB dan custumer service) : 11.00 – 21.00

Jam masuk guru : 13.00 – 21.00

Tugas OB :

-Membersihkansemua ruangan di tempat tersebut, termasuk WC, ruang guru, dan ruangan lainnya sebelum dan sesudah semuanya pulang

-Menyediakan minuman bagi para guru

-Siap sedia untuk hal-hal mendadak, seperti fotokopi, kekurangan barang inventaris, dan lain-lain

Tugas Costumer service :

-Menerima pendaftaran siswa dan melayaninya dengan senyuman

-Membuat pembukuan arus kas(pengeluaran maupun pemasukan)

-Melaporkan arus kas kepada manajer operation

-Membuat surat pemberitahuan, dan koresondensi lainnya

-Menelepon dan mengingatkan siswa sesuai dengan jadwal mereka

-Menerima telepon, pertanyaan, dan keluhan dari costumer

Recruitment guru

Sistem recruitment guru terbagi 3 tahap :

1.Tahap 1 : mengerjakan soal

Calon guru di berikan soal yang sesuai dengan bidangnya yang sudah kita siapkan. Berikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan soal tersebut.

2.Tahap 2 : presentasikan jawaban soal / micro teaching

Jika soal sudah kita koreksi dan nilainya sesuai dengan yang kita harapkan, maka calon guru itu kita panggil lagi untuk menerangkan kepada Guru lama. Biar pun guru tersebut mempunyai pengalaman. Calon guru mungkin dia pintar dalam mengerjakan soal, tetapi belum tentu dia menguasai bagaimana menerangkannya kepada murid.

3.Tahap 3 : Interview

Setelah lulus tahap 1 dan 2, lakukan interview kepada calon guru. Mulai dari pengalamannya dia, hingga gaji yang diinginkannya.

Pencarian Guru dapat melalui Iklan di media massa, poster, dan kenalan teman kita.

Tugas dan peran guru adalah :

-Membuat soal dan membuat jawabannya sebelum ada murid dan jika tidak ada murid

-Mengajar dengan “cinta”

-Membuat silabus

-Membagi pemikirannya bagaimana cara membesarkan bimbel

Pembayaran guru

Ada 2 cara system gaji, yaitu dengan penggajian dan pembagian saham. Tetapi untuk pertama kali buka lebih baik menggunakan system penggajian biasa, karena bila kita merekrut guru yang tidak kenal dengan kita dia, akan mikir 2 kali bila kita menggunakan system bagi saham.

Litbang soal

Litbang soal juga merupakan komponen penting yang dibutuhkan dalam bimbingan belajar. Beruntung bimbel senyum sudah memiliki soal yang berbobot, tinggal ditambahkan dan membuat variasi soal yang sudah ada.

Sumber litbang dapat bersumber dari :

-Buku pelajaran

-Soal yang di dapat dari murid, jadi bila ada murid yang membawa soal kita mengcopynya

-Internet

-Dan sumber lainnya

Untuk sementara kita menggunakan guru sebagai komponen dari litbang soal. Dan kita membutuhkan jasa pengetikan untuk mengetik soal.

Perhitungan Arus Kas

1.Pemasukan :

Pemasukan diperoleh dari pembayaran murid. Sebelum menentukan biaya pembayaran, lebih baik kita survey berapa biaya di Bimbel-bimbel lain. Usahakan biaya Bimbel tersebut lebih rendah dari Bimbel yang lain karena Bimbel kita baru. Tetapi jangan terlalu rendah pikirkan juga pengeluaran yang kita keluarkan.

2.Pengeluaran tiap bulan :

Berikut merupakan pengeluaran tiap bulan :


  1. Telepon
  2. Listrik
  3. Air
  4. Gedung ( kalau menyewa)
  5. Pembelian ATK
  6. Gaji guru dankaryawan
  7. Biaya tak terduga

Perhitungan Gaji Staf Karyawan dan Guru

Cara perhitungan gaji terdiri dari banyak cara, berikut caranya :

1.Jika kita mengenal baik guru dan staf, kita dapat menghitung dengan sistem bagi hasil. Mengapa saya tulis kata mengenal? Karena dalam sistem bagi hasil ini gaji yang diterima dibawah standar. Karena harus sesuai banyaknya murid yang mendaftar. Biasanya pada awal pembukaan, murid biasanya tidak lebih dari 10 murid. Jadi gaji yang diterima sedikit.

Contoh kasus :

Di sebuah bimbel terdapat 10 murid yang mendaftar. 4 murid SD, murid SMP, dan 3 murid SMA. Biaya bulanan untuk SD Rp 250.000,00, SMP Rp 350.000,00, dan SMA Rp 450.000,00. Berapa Gaji karyawan dan guru yang cocok ?

Cara I :

Pemasukan :

SD 4 × Rp 250.000,00 = Rp 1.000.000,00

SMP3 × Rp 350.000,00 = Rp 1.050.000,00

SMA3 × Rp 450.000,00 = Rp 1.350.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20 % = Rp 680.000,00

Pembayaran Telp, air, listrik, dan ATK = 30 % = Rp 1.020.000,00

Pembayaran Gaji guru dan karyawan = 50 % = Rp 1.700.000,00

Guru SD, SMP, SMA, dan karyawan masing-masing = 25% = Rp 425.000,00

Cara II :

Pemasukan SD = 4 × Rp 250.000,00 = Rp 1.000.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20 % = Rp 200.000,00

Guru = 35% = Rp 350.000,00

Pembayaran telp, air, dan lain-lain = 30 % = Rp 300.000,00

Staf karyawan = 15 % = Rp 150.000,00

Pemasukan SMP = 3 × Rp 350.000,00 = Rp 1.050.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20 % = Rp 210.000,00

Guru = 35 % = Rp 367.500,00

Pembayaran listrik, air, dan lain-lain = 30 % = Rp 315.000,00

Staf karyawan = 15 % = Rp 157.500,00

Pemasukan SMA = 3 × Rp 450.000,00 = Rp 1.350.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20% = Rp 270.000,00

Guru = 35 % = Rp 472.500,00

Pembayaran telepon, listrik, dan lain-lain = 30 % = Rp 405.000,00

Staf karyawan = 15 % = Rp 202.500,00

Jadi,

-Pemilik = Rp 680.000,00

-Guru SD = Rp 350.000,00

-Guru SMP = Rp 367.500,00

-Guru SMA = Rp 472.500,00

-Staf karyawan = Rp 410.000,00

-Pembayaran listrik, air, dan lain-lain = Rp 1.020.000,00

Staf karyawan yang saya maksud : resepsionis, merangkap ADM, pengambilan bank soal, dan bertanggung jawab atas kebersihan tempat bimbel.


  1. Jika kita memiliki dana yang besar, itu lebih mudah memperhitungkannya tergantung berapa dana yang tersedia. Dan itu tergantung pemiliknya. Berapa gaji guru dan karyawannya?

Untuk mendapatkan BEP dan profit membutuhkan waktu yang lama.

Pola Marketing dan Promosi

Pubikasi juga merupakan hal yang terpenting dalam pertama kali kita mendirikan Bimbel.

Berikut cara Publikasi :

1.Media Brosur

-Berikan brosur disaat para murid pulang sekolah dan bagian promosi sudah siap membagikannya di gerbang sekolah.

-Presentasi ke sekolah. Mempresentasikan dan membagikan brosur

2.Media Poster

3.Spanduk

4.Iklan

5.Mengadakan Lomba

Misalnya mengadakan lomba matematika tingkat SD se-Pekanbaru. Dari sekolah negeri maupun swasta. Cara ini sangat mengena karena siswa yang terdaftar akan mengenal nama bimbel kita.

6.Mengumpulkan data-data siswa dan meneleponnya untuk mencoba bimbel kita.

Proses marketing adalah proses membangun kepercayaan. Oleh karena itu, proses marketing adalah “the battle of mind”. Untuk menenangkan pikiran banyak orang kita harus sanggup memberikan bukti. Bimbel senyum akan menyatukan semua pola marketing yang telah dipergunakan oleh semua bimbel.

Tetapi metode iklan yang paling akan mengena adalah melalui M to M (mulut ke mulut). Jika kita telah berhasil membangun kepercayaan konsumen, maka kemudian konsumenlah yang menjadi alat promosi bimbel senyum, mereka akan bercerita kepada semua orang bahwa pelayanan produk dan jasa yang diberikan bimbel senyum sangat baik.

Iklan tetap akan digunakan oleh bimbel senyum untuk promosi, sebab media inilah yang kita butuhkan untuk mempertahankan pasar dan informasi produk.

Proses pemasaran yang sendiri yang akan dijalankan oleh bimbel senyum akan melibatkan proses try and error. Untuk mengetahui media manakah yang lebih efektif, kita harus melewatinya dengan proses trial and error.Jadi awalnya kita harus mencoba semuanya. Yang paling penting, apa pun medianya target pasar kita harus spseifik dan jelas.

Ada beberapa tingkatan proses sebagai indicator keberhasilan proses pemasara bimbel senyum, yaitu :

-Custumer satisfaction

-Experiental process

-Emotional brand

Pola Sarana

Sarana dan peralatan yang dibutuhkan :

1.Kursi : kursi bisa kursi biasa maupun kursi sepertikursi kuliahan

2.Meja : Jika kita menggunakan kursi biasa, meja bisa kita gunakan. Usahakan meja yang panjang.

3.Buku pelajaran : Untuk menekan biaya pengeluaran, usahakan membeli buku yang bekas.

4.Komputer,printer, dan scanner : Komputer minimal 5 komputer.

Komputer untuk SD

Komputer untuk SMP

Komputer untuk SMA

Komputer ADM

Komputer untuk server, untuk mengawasi kinerja para guru dalam membuat soal

5.Bank soal : Untuk dalam waktu singkat lebih baik membeli bank soal. Jika waktu kita masih lama lebih baik kita mengetiknya dari buku.

6.Ruangan : minimal terdapat 6 ruangan, yang terdiri dari ruang tunggu dan resepsonis, ruang SD, ruang SMP, ruang SMA, ruang guru dan rapat, dan ruang Perpustakaan dan bank soal

7.Mesin fotocopy

8.Mesin Scan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

9.Telepon

10.Meja Resepsionis

11.White board, spidol, penghapus,kertas, isi spidol, ordner dan alat tulis kantor lainnya.

12.AC

Pola Pengaturan Jadwal

Karyawan : Masuk jam 11.00 – pulang jam 20.30

Guru : Masuk jam 13.00 – pulang jam 20.30

Pembagian shift :

SD (1,5 jam) seminggu 2 kali

Shift 1 : pukul 14.00 – pukul 15.30

Shift 2 : pukul 15.30 – pukul 17.00

Shift 3 : pukul 17.00 – pukul 18.30

Istirahat pukul 18.30 – pukul 19.00

Shift 4 : pukul 19.00 – pukul 20.30

SMP dan SMA (2 jam) seminggu 2 kali

Shift 1 : pukul 14.00 – pukul 16.00

Shift 2 : pukul 16.00 – pukul 18.00

Istirahat pukul 18.00 – pukul 18.30

Shift 3 : pukul 18.30 – pukul 20.30

Berbagai Kendalan dan Solusi

Bimbingan Belajar

1.Guru lama keluar

Cara mengatasinya :

-Usahakan jika guru ada yang keluar, guru tersebut bilang minimal 1 bulan sebelum dia keluar.

-Katakan kepada orang tua murid yang di ajarkannya, bahwa guru yang mengajarnya telah mengundurkan diri dan kita telah mendapatkan guru yang lebih baik darinya.

2.Keluhan dari pelanggan

Cara mengatasinya :

-Usahakan untuk kita lebih dekat dengan orang tua murid dan murid.

-Pelanggan adalah raja, jadi kita harus memberikan apa yang diinginkan pelanggan.

Note : untuk masalah no 1 dan 2 kita butuhkan orang yang pintar bernegosiasi.

3.Murid yang tidak suka di ajarkan oleh seorang guru

Cara mengatasinya :

-Panggil muridnya, tanyakan kenapa dia tidak suka guu tersebut. Kita katakana keluhan kepada guru yang bersangkutan tidak menyukainya agar guru tersebut dapat mengerti kemauan murid tersebut.

-Jika muridnya tetap tidak mau di ajar oleh guru yang dia tidak sukai, ganti guru tersebut dengan yang lainnya. Tetapi jangan biarkan adanya perpecahan antar murid dengan guru yang bersangkutan.

4.Keluhan Guru

Cara mengatasinya :

-Adakan rapat tiap 2 minggu sekali. Ini mendekatkan ikatan antara guru, karyawan, dan pemilik.

-Dengarkan keluhan guru dancari jalan keluar yang terbaik.

5.Resepsionis & ADM

Tugas yang tidak di mengerti oleh resepsionis.

Cara mengatasinya :

-Berikanlah penjelasan tugas apa saja yang akan diberikan kepadanya.

Yaitu :

-Menghubungi murid. Sebelum murid datang, Resepsionis menelepon murid bahwa hari ini dia ada jadwal. Ini sangat perlu dilakukan karena murid akan merasa diperhatikan oleh Bimbel. Lakukan ini setiap resepsionis baru datang.

-Resepsionis harus murah senyum karena dia yang pertama kali di lihat oleh murid yang mendaftar. Jika resepsionis wajahnya cemberut, maka murid yang daftar akan tidak jadi mendaftar.

6.Buku dan Soal

Cara mengatasinya :

-sediakan buku dengan berbagai macam variasi soal dan cara penyelesaiannya.

-Jika ada murid yang mempunyai soal yang sulit, kita bisa mencarinya di Perpustakaan yang disiapkan

Buat kalender pelajaran satu untuk guru dan untuk murid

Program Bimbingan Belajar

Program ini dirancang untuk membantu siswa dalam menghadapi permasalahan sehari di sekolah mereka masing-masing. Program ini mencakup pemantapan pemahaman materi pelajaran lewat latihan soal yang intensif, pemecahan masalah terhadap persoalan yang belum dipahami disekolah, persiapan menghadapi ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan semester dan ulangan umum.

Program Liburan - Super Ekspres (SE) untuk SD, SMP, SMU

Merupakan program yang disusun pada saat liburan Juni-Juli, untuk siswa/I yang ingin mengisi waktu liburan mereka dengan kegiatan belajar. Materi yang diberikan pun khusus yaitu materi yang akan diterima pada tahun ajaran baru. Materi pelajarannya telah disusun secara sistematis dan sangat intensif serta memiliki Target yang jelas yaitu 1 (satu) kali pertemuan 1 (satu) BAB harus selesai dengan target waktu 2-3 jam / pertemuan

Program Persiapan Tes masuk SMP & SMU swasta

Program yang dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa/i menghadapi tes masuk SMP dan SMU. Program ini dilaksanakan pada awal bulan januari (awal semester) khusus mengulang materi pelajaran dari kelas 4,5 dan 6 untuk SD dan1,2 dan 3 SMP secara intensif dan terprogram/terencana termasuk soal-soal tes seleksi masuk SMP dan Tes seleksi masuk SMU.

Program Garansi Nilai UN minimum 8

Program yang dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa/i menghadapi Ujian Nasional SD, SMP dan SMU. Program ini dilaksanakan pada awal bulan Maret (awal semester). Dalam program ini bimbingan member garansi minimum nilai UN matematika, fisika dan kimia minimum 8 apabila berhasil menyelesaikan program/paket Soal yang di siapkan bimbel.

Program Privat siswa/siswi dari sekolah luar negeri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun