Buku Favoritku: To Kill A Mockingbird

19 Mei 2017 13:03:47 Diperbarui: 19 Mei 2017 15:22:47 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

“Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya” --(Harper Lee, To Kill A Mockingbird)

Inilah kutipan favorit saya dalam buku ini. Saya tidak pernah bosan membaca novel yang satu ini berulang - ulang, karena menurut saya ada banyak pelajaran tentang hidup yang dapat dipetik dari To Kill A Mockingbird. Tema tentang  hukum yang cukup berat disampaikan oleh Harper Lee, pengarangnya dengan sangat cakap sekali melalui kehidupan keluarga Finch. Atticus Finch seorang pengacara yang membela sorang kulit hitam yang dituduh melakukan tindakan kriminal. 

Melalui novel ini saya tidak hanya membaca tenatang sebuah karya satra, tetapi saya juga diajarkan tentang menghargai orang lain, bagaimana orang lain menjalani hidup, tentang menghirmati hak orang lain, dan sebagainya.

Menurut saya novel ini sangat baik untuk dibaca oleh semua kalangan. saya pernah mendengar bahwa novel ini menjadi salah satu bacaan wajib bagi siswa sekolah di Amerika. Membaca novel ini membawa saya kepada suatu perjalanan tentang bagaimana menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat. saya diajarkan bahwa kita tidak dapat  menghakimi sebuah permasalahan hanya berdasarkan sudut pandang kita saja. 

Novel ini memang klasik, namun mudah untuk dibaca dan dipahami. 

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana