Destinasi Wisata Jakarta

13 Juni 2017 07:55:34 Diperbarui: 13 Juni 2017 08:03:30 Dibaca : 8 Komentar : 1 Nilai : 0 Durasi Baca :
Destinasi Wisata Jakarta
kursusmudahbahasainggris.com

Sebagai Ibu Kota Indonesia, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. DKI Jakarta dikenal sebagai tempat yang strategis untuk pusat ekonomi, bisnis dan juga budaya. Dibalik bisingnya serta ramainya, Kota Jakarta memiliki beragam tempat wisata yang menarik, seperti wisata sejarah, museum, pusat kebudayaan dan lain sebagainya. Rasanya tidak heran jika banyak masyarakat Jakarta ataupun luar Jakarta yang mengisi liburan untuk mengelilingi kota yang selalu ramai setiap saatnya ini. Kamu tinggal di wilayah Jakarta? Sudah pernah merasakan serunya menelusuri jejak sejarah di Ibu Kota? Berikut beberapa destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi untuk melihat lebih jelas sejarah dan budaya di Jakarta.

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen Nasional atau yang biasa disebut dengan Tugu Monas merupakan icon kota Jakarta yang menjadi salah satu incaran wisatawan lokal maupun mancanegara apabila berkunjung ke Jakarta.Resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975, sampai saat ini Tugu Monas masih selalu ramai oleh pengunjung. Tugu Monas merupakan salah satu monumen untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat pada masa revolusi kemerdekaan melawan penjajah

Di dasar monas terdapat cawan yang memiliki luas 45 M x 45 M yang bebentuk bujursangkar, di dalamnya terdapat artribut kemerdekaan RI yang bisa dilihat dari diorama dan juga foto-foto. Sedangkat pelataran bawah Monas memiliki luas 45M x 45M yang terdapat taman yang sangat luas yang merupakan taman kota yang indah. Tempat yang selalu menjadi tujuan oleh pengunjung yaitu pelataran puncak monas yang memiliki luas 11m x 11m. Untuk naik ke atas monas ini pengunjung bisa menggunkan lift dengan kapasitas 12 orang di dalamnya termasuk pemandu lift. Dari pelataran monas yang bisa menampung 50 orang itu kamu bisa melihat luasnya Kota Jakarta, bahkan kalau pemandangannya sedang sangat cerah jarak pandangnya bisa sampai ke kepualaun seribu loh, luar biasa bukan?

2. Museum Fatahillah

Tempat kedua yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Jakarta yakni Museum Fatahillah. Biaya masuk yang cukup murah dan dekat dengan stasiun Jakarta Kota menjadikan tempat ini selalu ramai dukunjungi terutama jika hari libur tiba. Di dalam museum ada beberapa diorama dan barang-barang peninggalan pada jaman Belanda.

annisarahmaniaa93.blogspot.com
annisarahmaniaa93.blogspot.com

Tidak hanya itu, di luar meseum terdapat taman fatahillah yang cukup luas. Ada banyak tempat penyewaan sepeda untuk berkeliling ke area wisata kota tua ini. Banyak juga tempat-tempat yang bagus untuk dijadikan spot foto. Bahkan sekarang ini sudah banyak beberapa orang yang menyewakan balon untuk dijadikan objek foto. Selain itu disekitaran Museum Fatahillah juga terdapat museum lainnya yang bisa dikunjungi seperti Museum Wayang, Museum Bank Indonesia dan masih banyak lagi.

3. Taman Suropati

Lokasi wisata yang satu itu terletak di pusat ibu kota, Menteng, Jakarta Pusat, Taman Suropati seakan memberikan angin segar bagi para penduduk Jakarta untuk sejenak merelaksasikan dirinya dari penatnya kesibukan di Ibu Kota. Karena tempatnya yang rindang dipenuhi oleh pepohonan sehingga banyak anak muda yang menjadikan tempat ini sebagai spot untuk berfoto atau sekedar untuk menyendiri dari bisingnya Ibu Kota.

Taman Suropati (http://luruskanniatmu.files.wordpress.com)
Taman Suropati (http://luruskanniatmu.files.wordpress.com)

Biasanya pada hari sabtu dan minggu terdapat komunitas yang berkumpul untuk menunjukkan kemampuannya, serperti komunitas seni dan biola. Untuk malam minggu khususnya, taman ini selalu menjadi magnet bagi para muda mudi untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat. Taman Suropati juga dilengkapi dengan faslitias wifi gratis, tapi jangan malah asik sama gadget sendiri yah.

4. Wisata Kuliner Pecenongan

Malam semakin larut tapi perut masih terus merasa lapar. Kamu tidak perlu khawatir karena terdapat wisata kuliner yang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi yang terletak di pusat Ibu Kota. Salah satu wisata kuliner yang terkenal terdapat di Pecenongan, daerah Sawah Besar. Jika malam tiba tempat ini selalu saja ramai dikunjungi oleh banyak orang yang berburu kuliner di malam hari.

travee.co
travee.co

Apabila kamu berkunjung kesini, banyak sekali jenis makanan yang dijajakan di tempat ini, mulai dari chinese food, bubur, martabak sampai sea food. Di malam minggu, daerah pecenongan selalu ramai, semakin malam semakin ramai. Selain enak makanan di sini juga terbilang murah, jadi siapkan perut kamu untuk menampung semua makanan enak disini.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana