Indikator Evaluasi Diri Sekolah

10 Juni 2012 05:37:29 Diperbarui: 25 Juni 2015 04:10:15 Dibaca : Komentar : Nilai :

FORMAT


IDENTIFIKASI BUKTI FISIK


62 INDIKATOR DALAM EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)


Standar Isi







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Pengembangankurikulumpadatingkatsatuanpendidikan


menggunakan panduan yang disusun BSNP












2




Kurikulumdibuatdenganmempertimbangkankarakteristik


daerah,kebutuhansosialmasyarakat,kondisibudaya,usia


peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.












3




Kurikulumtelahmenunjukanadanyaalokasiwaktu,rencana


program remedial, dan pengayaan bagi siswa












4




Sekolah menyediakanlayananbimbingandan konselinguntuk


memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik












5




Sekolahmenyediakankegiatanekstrakurikuleruntuk


memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.












Standar Proses







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




SilabusdikembangkanberdasarkanStandarIsi(SI),Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.












2




PengembanganSilabusdilakukangurusecaramandiriatau berkelompok.












3




Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran












4




RPPmemperhatikanperbedaangender,kemampuanawal,tahap


intelektual,minat,bakat,motivasibelajar,potensi,kemampuan


sosial,emosional,gayabelajar,kebutuhankhusus,kecepatan


belajar,latarbelakangbudaya,norma,nilai-nilai,danlingkungan


peserta didik












5




Siswadapatmengaksesbukupanduan,bukupengayaan,buku referensi,dansumberbelajarlainselainbukupelajarandengan mudah












6




Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi,


dansumberbelajarlainselainbukupelajaransecaratepatdalam


pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.












7




Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaranyanginteraktif,inspiratif,menyenangkan,dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.












8




Parapesertadidikmemperolehkesempatanyangsamauntuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.












9




Supervisidanevaluasiprosespembelajarandilakukanpadasetiap tahapmeliputiperencanaan,pelaksanaan,danpenilaianhasil pembelajaran.












10




Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.












Standar Kompetensi Lulusan







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.












2




Pesertadidikmemperlihatkankemajuansebagaipembelajar yang mandiri.












3




Pesertadidikmemperlihatkanmotivasibelajardanrasa percaya diri yang tinggi.












4




Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.












5




Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.












6




Sekolahmengembangkannilai-nilaiagama,budaya,dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.












Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Jumlah pendidik memenuhi standar.












2




Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.












3




Kualifikasi pendidik memenuhi standar












4




Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar












5




Kompetensi pendidik memenuhi standar












6




Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar












Standar Sarana dan Prasarana







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Sekolahmemenuhistandarterkaitdenganukuranruangan, jumlahruangan,persyaratanuntuksistemventilasi,dan lainnya.












2




Sekolahmemenuhistandarterkaitdenganjumlahpeserta didik dalam rombongan belajar.












3




Sekolahmemenuhistandarterkaitdenganpenyediaanalat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.












4




Pemeliharaanbangunandilaksanakansecaraberkalasesuai dengan persyaratan standar












5




Bangunanamandannyamanuntuk semuapesertadidik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan


khusus.












Standar Pengelolaan







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.












2




Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.












3




Sekolahmerumuskanrencanakerjadengantujuanyangjelasuntuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.












4




Sekolahmensosialisasikanrencanakerjayangberbasistujuanuntuk peningkatandanperbaikanberkelanjutankepadawargasekolahdanpihak-pihak yang berkepentingan.












5




RencanaKerjatahunandinyatakandalamrencanakegiatandananggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)












6




Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar












7




Sekolah menetapkanprioritasindikator untuk mengukur, menilaikinerja,dan melakukanperbaikanberdasarkanhasilevaluasidiridenganmemfokuskan pada peningkatan hasil belajar












8




Sekolahmengelolasisteminformasipengelolaandengancarayangefektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan












9




Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses












10




Sekolah meningkatkankeefektifankinerjapendidikdantenagakependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan












11




Supervisidanevaluasipendidikdantenagakependidikansesuaidengan standar nasional












12




Wargasekolahterlibatdalampengelolaankegiatanakademisdan nonakademis.












13




Sekolahmelibatkananggotamasyarakatkhususnyapengelolaankegiatan


nonakademis.












Standar Pembiayaan







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Anggaransekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota












2




PerumusanRAPBS melibatkanKomitesekolahdanpemangku kepentingan yang relevan












3




Penyusunanrencanakeuangansekolahdilakukansecara transparan, efisien, dan akuntabel.












4




SekolahmembuatpelaporankeuangankepadaPemerintah dan pemangku kepentingan.












5




Sekolahmemilikikapasitasuntukmencaridanadengan inisiatifnya sendiri












6




Sekolahmembangun jaringankerja denganDuniaUsaha dan Dunia Industri setempat.












7




Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.












8




Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.












9




Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi












Standar Penilaian







NO




INDIKATOR




BUKTI FISIK




CARA MENDAPATKAN BUKTI FISIK






1




Gurumenyusunperencanaanpenilaianterhadappencapaian kompetensi peserta didik.












2




Gurumemberikaninformasikepadapesertadidikmengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).












3




Gurumelaksanakanpenilaiansecarateraturberdasarkan rencana yang telah dibuat.












4




Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.












5




Guru memberikanmasukan dan komentarmengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.












6




Gurumenggunakanhasilpenilaianuntukperbaikan pembelajaran.












7




Sekolahmelaporkanhasilpenilaianmatapelajaranuntuk semuakelompokmata pelajaranpadasetiapakhir semester kepadaorangtua/walipesertadidikdalambentukbuku laporan pendidikan.












8




Sekolahmelibatkanorangtuapesertadidikdalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa

































Sarwono Pandawa

/bang_sarw

saya adalah seseorang yang ingin bisa berguna bagi diri sendiri dan orang lain, namun belum tahu apa yang bisa diberikan untuk orang lain
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Featured Article