HIGHLIGHT

Harga Informasi = 2 Tempe Goreng!!!

03 Juli 2012 17:11:50 Dibaca :
Harga Informasi = 2 Tempe Goreng!!!

Tadi pas ke pasar…..

Saya mampir di sebuah warung kelontong

Lalu dia membungkus bawang yang Cuma ¼ kg itu dengan sobekan Koran

Saya Tanya

“Ibu suka membaca ya?”

“Gak terlalu sih Mas……Cuma kalo ada berita artis aja…hehehhe

Kalo bapaknya berita pulitik ama bola”

“Berarti ibu berlangganan ya?”

“Ya mas.. Murah kok.

Abis dibaca, lumayan buat bungkus orang belanja…..”

………….

………….

Percakapan saya dengan ibu penjual di pasar itu menunjukkan bahwa

Indonesia benar-benar adalah surganya media cetak (baca Koran)

Bagaimana tidak?

Dengan hanya uang 1000 (baca: SERIBU) kita sudah bisa membeli sebuah surat kabar

Seperti (di Jogja) Tribun Jogja dan Jogja Express yang saya beli tadi pagi

Bayangkan dengan nilai uang sebanding DUA BAKWAN atau TEMPE GORENG

13413292321296574967

Yang kalo dimakan belum bikin kenyang,

kita sudah dapat menikmati Informasi, hiburan bahkan pendidikan.

Murah bukan?

Pertanyaan berikutnya, kenapa bisa murah?

1.

Kompetisi

Menjamurnya internet…murahnya akses ke dunia maya membuat media cetak berfikir ulang

Untuk menaikkan harganya. Koran Tribun dengan jumlah 24 halaman sampe berani memasang

Harga 1000. Selain internet, saingan juga berasal dari media cetak lain, televisi dan radio.

2.

Iklan

Ini dia, income utama sebuah media. Dengan harga Cuma 1000, mampukah sebuah media cetak

Seperti Tribun Jogja mengirimnkan wartawan ke Euro 2012?

Ternyata mampu…..

Ketika hadir pertama kali di Jogja, Tribun hanya memuat sedikit sekali lembaran iklan.

Kini, bahkan menyediakan 2 halaman khusus iklan pada lembar  Super Ball (Olahraga) halaman 20-21

3.

Massal

Koran supermurah ini, namun tetap berkualitas, tentunya menjangkau banyak kalangan

Untuk membacanya. Seperti contoh di atas penjual di pasar.  Kenapa?

karena memiliki

Dual function……..

Sebagai sumber informasi dan sebagai bungkus

Tidak salah, karena harian adalah berita actual yang cepat basi

Beda dengan mingguan atau majalah

…..

Jadi, mengapa kita tak bahagia hidup di negeri penuh informasi ini?

Cukup dengan 2 Tempe goreng .... hehehhehehehe

.....

poentjak goenoeng, 3-7-2012

1332180385373510095

gambar tempe: kulinerkita.multiply.com

Bain Saptaman

/bainsaptaman

TERVERIFIKASI (HIJAU)

aku adalah ..Musik....liverpool...the beatles...kopi....sepeda..vegetarian...... "AKU BERONTAK....maka aku ADA"....
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?