Aktif Geliatkan Jurnal, Dr. Umar Fauzan, M.Pd Jadi Narasumber di UNMUL

13 Agustus 2017   08:09 Diperbarui: 13 Agustus 2017   08:36 73 0 0
Aktif Geliatkan Jurnal, Dr. Umar Fauzan, M.Pd Jadi Narasumber di UNMUL
Dr.Umar Fauzan, M.Pd Jadi Narasumber Jurnal dan Publikasi di UNMUL

SAMARINDA, KOMPASIANA,- Lagi-lagi IAIN Samarinda mengepakkan sayapnya di Perguruan Tinggi Umum (PTU) ternama di Kalimantan Timur. Salah satu dosen IAIN Samarinda yaitu Dr. Umar Fauzan, M.Pd.,yang beberapa waktu lalu menjadi narasumber terkait jurnal dan publikasi ilmiah di salah satu universitas ternama di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Kemarin, beliau diundang untuk menjadi narasumber dalam acara Pelatihan Artikel Ilmiah dan Publikasinya dalam Jurnal Nasional/Internasional yang diselenggarakan oleh Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mulawarwan (UNMUL) yang berlangsung di Dekanat FKIP  (12/8/2017).

Progres IAIN Samarinda dalam menggeliatkan jurnal dan publikasi ilmiah yang juga dinahkodai oleh Dr. Umar Fauzan, M.Pd ini mampu menjadikan IAIN Samarinda menjadi salah satu kampus yang diperhitungkan di kampus-kampus yang ada Indonesia pada umumnya dan Kalimantan Timur dan Utara khususnya. Usaha keras beliau bersama rekan-rekan dosen membangun jurnal ini memicu semangat rekan-rekan dosen lainnya untuk dapat bergabung. Melihat respon rekan-rekan dosen ini kemudian dibentuklah "Klinik Jurnal" yang rutin diadakan setiap hari Rabu dan Kamis di LP2M Rektorat. Terbentuknya "Klinik Jurnal" ini sebagai wujud kepedulian akan peningkatan mutu IAIN Samarinda melalui bidang tulisan jurnal dan publikasi ilmiah para dosen-dosennya.

Dr.Umar Fauzan, M.Pd Tengah Foto bersama Dosen UNMUL
Dr.Umar Fauzan, M.Pd Tengah Foto bersama Dosen UNMUL

Dalam acara pelatihan tersebut, Dr. Umar Fauzan, M.Pd., banyak memberikan ilmu seputar jurnal dan publikasi ilmiah kepada para dosen-dosen FKIP UNMUL yang hadir, beliau mengutarakan dengan lugas bahwa sekarang adalah zamannya "perang" tulisan baik dalam skala nasional maupun internasional. Maka dari itu, keberadaan jurnal-jurnal terakreditasi amat penting khususnya yang ada di lembaga kita guna sebagai wadah bagi para dosen-dosen untuk menyalurkan tulisan-tulisan ilmiahnya, dan juga dosen-dosen dari kampus luar sehingga dengan adanya siklus ini dapat meningkatkan mutu lembaga itu sendiri dan berdampak pada akreditasi serta eksistensi kampus kita di kancah nasional maupun internasional.

Dr. Umar Fauzan, M.Pd., mengatakan, "Di abad ke-22 ini adalah zamannya "perang" tulisan baik dalam skala nasional maupun internasional. Siapa yang tidak meningkatkan kemampuannya dalam menulis ilmiah melalui jurnal-jurnal ilmiah maka ia akan tergilas oleh zaman", Pungkasnya.

Ia pun menambahkan, "Kita jangan menganggap remeh sebuah tulisan ilmiah dalam sebuah jurnal, karena jurnal ilmiah yang terpulikasi yang tentunya berkualitas pula merupakan salah satu media berkembangnya siklus peradaban keilmuan yang ada di kampus", tambahnya. #Arbain.