Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM), merupakan terobosan baru sebagai ganti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN). PMM sendiri memiliki tujuan untuk mengabdi dalam artian memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sekitar oleh Mahasiswa. Pada kelompok PMM 28 ini Melakukan program edukasi teknologi tentang komponen-komponen yang ada pada komputer dan perangkat lunak canva di Panti Asuhan Ulil Abshar di desa Jetis, kelurahan Mulyoagung, kecamatan Dau, kabupaten Malang, panti asuhan ini merupakan Yayasan Sosial dibawah naungan organisasi Muhammadiyah.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dimulai tanggal 1 Oktober 2022. Dengan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Denar Regata Akbi, S.Kom., M.Kom. dan diawasi oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM). Kegiatan Pengenalan Teknologi Komputer merupakan program kerja unggulan PMM “Bhaktiku Negeri” Mahasiswa PMM UMM. Kelompok 28 Gelombang 10 beranggotakan 5 orang yang terdiri dari Mukhammad Nisful Lail, Elsa Annas Sonia Yusuf, Bagus Ariwibowo, Muhammad Zakiy Alfaris, dan Fajar Cahya Islami.
Kegiatan PMM ini diawali dengan pembukaan dengan pengenalan anggota PMM kelompok 28 kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua kelompok PMM 28 dan pengurus panti. Kemudian dilanjut dengan visi kami melaksanakan program kelompok PMM 28 dan memberi tahu beberapa materi tentang perangkat lunak canva dan komponen perangkat keras yang ada pada komputer sebelum masuk ke materi inti.
kegiatan sosialisasi kelompok PMM 28 memberikan materi dengan menggunakan media canva yang bertujuan untuk memberi informasi bahwa canva itu tidak hanya untuk membuat poster, tetapi juga dapat digunakan untuk mendesain, sarana presentasi. Selain itu, anak - anak juga belajar langsung menggunakan perangkat lunak canva tersebut agar lebih paham dan mendapat pengalaman.
Untuk materi selanjutnya menyampaikan materi tentang pengenalan perangkat lunak komputer menggunakan media canva. Pada penerapannya, anak-anak panti melakukan pembelajaran sambil bermain permainan "PC Simulator" yang dimana permainan tersebut realistis dengan pemasangan komponen pada Central Processing Unit (CPU) di dunia nyata agar anak-anak tahu tempat meletakan komponen dan fungsinya.