Aye Sudarto
Aye Sudarto Pengajar pada Sekolah Tinggi Agus Salim Kota Metro

Magister Ekonomi Islam

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Monitoring Pekerja dan Kerja Layak #PRT

17 Juli 2017   19:48 Diperbarui: 17 Juli 2017   19:53 167 0 0
Monitoring Pekerja dan Kerja Layak #PRT
Dok.pribadi

Pertemuan Konsultatif antara Tim Program Promote Kerja Layak Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2017 di Aula pertemuan Disnakertras Kota Metro.


Dis Naker Trans Kota Metro telah melaksanakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan dan pengawasan tenaga kerja. Khusus untuk kegiatan pengawasan terkadang terkendala dengan kesepakatan kerja antara pekerja dan perusahaan.

Untuk kegiatan penunjang Program Kota Layak Anak Dis Naker Trans Kota Metro mendukung secara penuh guna kesuksesan kegiatan tersebut. Salah satu kegiatan yang sudah dilaksankan dengan Lambang adalah Pemantauan Berbasis Komunitas (PBK) di Iringmulyo. Sedangkan untuk Kegiatan pemberdayaan, yang sudah dilakukan adalah UP2K dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Sistem monitoring Pekerja berbasis komunitas menjadi penting. Hal ini untuk memastikan Kota Metro tidak terjadi pengabaian terhadap pekerja seluruh sektor di wilayah Kota Metro dan bebas dari BPTA. Team Pemantauan Pekerja yang sudah berjalan di kelurahan Iring Mulyo menjadi model pemantauan berbasis masyarakat.

 Ditambahkan bahwa konsep kerja layak PRT didukung dengan pelaksanaan sistem monitoring PRT/PRT Anak berbasis komunitas menjadi penting dilakukan pada tingkat RT.

Hal ini untuk memastikan Kota Metro bebas dari BPTA dan mendukung Kerja Layak bagi PRT. Tim Pemantauan PRT/PRT Anak Komunitas (PBK) yang sudah berjalan di kelurahan Iring Mulyo menjadi model pemantauan berbasis masyarakat.

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Kegiatan Konsultatif  merupakan tindak lanjut dari  Kegiatan Pemantauan Pekerja Rumah Tannga (PRT) dan PRT Anak yang dimulai dari tahun 2015, tempatnya kegiatan Pemantauan Berbasis Komunitas di Kelurahan Iringmulyo. Lampung Membangun (Lambang) merupakan LSM yang fokus pada kegiatan penghapusan pekerja anak yang bekerjasama dengan ILO dan Jarak.

Kegiatan ini kedepannya diharapakan bisa berjalan bersama dan bersinergi dengan program-program lainya dalam rangka mencapai Kota Layak Anak. Untuk itu diharapkan kerjasama dari setiap instansi guna pencapaian tujuan di atas.