Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim WIRAUSAHA

A father, author of 'The Geek Got The Girl' dan 'Rindu yang Memanggil Pulang' (Antologi Puisi), 'Terdampar dan Cerita-cerita Lain' dan '2045' (Kumpulan Cerpen), totally awesome geek, urban nomad, sinner, skepticist and believer, great pretender, truth seeker, kompasianer, fiction-writer, poet, space dreamer. https://www.inspirasi.co/ayahkasih https://www.wattpad.com/user/IkhwanulHalim

Selanjutnya

Tutup

Dongeng highlight

Kepak Sayap Kupu-kupu

17 Juli 2017   23:40 Diperbarui: 17 Juli 2017   23:48 29 7 4
Kepak Sayap Kupu-kupu
Ilustrasi: www.logicalspiritualism.com

Di bawah tudung hutan hujan tropis Gunung Leuser, tak ada suara hewan liar yang terdengar. Dua kepompong kecil tergantung pada jamur kuping raksasa. Seekor kepompong mulai berkedut dan bergidik, dan beberapa saat kemudian, hal sama terjadi pada kepompong satunya lagi.

Kepompong pertama retak dan terbuka perlahan, dan dua sayap putih cerah dari seekor kupu-kupu perlahan muncul dan bertengger di pinggir payung jamur kuping. Kurang dari satu menit, kepompong kedua menetaskan seekor kupu-kupu bersayap merah kehijauan yang lebih besar.

Mereka hinggap berdampingan di pucuk cendawan kuping raksasa dalam hutan yang sunyi tanpa suara. Kemudian kupu-kupu yang lebih besar mengepakkan sayapnya, melayang naik ke udara. Mendadak ia mengepakkan sayapnya kuat-kuat, lalu kembali mendarat ke jamur kuping.

Udara yang dilontarkan oleh kepak sayapnya berputar-putar bertabrakan dengan angin barat dari Australia, menambah kecepatannya secara eksponensial, mengangkat udara panas tinggi ke atmosfer hingga mengganggu aliran awan es dingin di stratosfer. Butir-butir es sebesar kacang tanah terjun bebas di atas Bandung Utara, melubangi daun dan kanopi pelindung teras ruko. Di lepas pantai Tasmania sebelah utara, udara hangat bertekanan rendah membentuk siklon. Topan melanda pantai Australia terus melaju ke selatan, menyapu kota kecil Banana dengan penduduk kurang dari 500 orang. Tak ada korban jiwa manusia, selain sapi-sapi perah yang berterbangan terhumbalang ke atap lumbung. 

Sementara semua itu berlangsung, sang kupu-kupu merah kehijauan hinggap dengan anggunnya di tengah payung jamur kuping, melipat sayapnya ,terlihat sangat puas dengan kemampuannya.

Di sebelahnya, kupu-kupu putih kecil mengepakkan sayapnya tiga kali dan melambung tinggi ke angkasa sebelum kembali mendarat di sebelah tetangganya. Tidak ada yang terjadi. Udara yang dihembuskan kepakan sayapnya tidak menimbulkan peristiwa apapun.

Ia menoleh ke sebelahnya, melihat rekannya mengibarkan sayap untuk kembali mengirim taifun ke Filipina dan tornado skala 4 Fujita ke Kansas, mengantar Dorothy kembali ke Oz.

Kupu-kupu sayap putih mengepakkan sayapnya dan lagi-lagi tak terjadi apa-apa.

Terbakar oleh rasa putus asa, kupu-kupu putih menghentakkan kaki mungilnya ke permukaan jamur kuping yang diinjaknya. Getaran kecil akibat hentakan itu menggema melalui batang jamur dan masuk jauh ke dalam mantel bumi. Semakin lama, amplitudo getaran menguat dan akhirnya menggoyahkan setiap patahan dan sesaran tektonik kulit bumi yang yang rapuh hingga jauh ke utara. Jepang porak poranda, Hawaii menjadi lautan lahar dan California tenggelam ditelan Samudra Teduh.

Puas dengan hasil kerjanya, kupu-kupu putih melirik rekannya yang lebih besar, dan akhirnya terbang tinggi ke puncak gunung.

 

Bandung, 17 Juli 2017