Pembelian Tiket KA di Mini Market Sebuah Terobosan

05 Juni 2011 22:41:00 Diperbarui: 25 Juni 2015 21:49:30 Dibaca : 501 Komentar : 11 Nilai : 3 Durasi Baca :

Seminggu yang lalu, saat berbelanja di gerai mini market Indomaret, saya diberitahu petugas kasirnya, bahwa bulan Juni ini, tiket kereta api dapat dibeli di sana. Surprise mendengarnya. Terus terang saya belum pernah mendengar  berita itu sebelumnya.

Kebetulan pagi ini, saya membaca artikel berita terkait di sebuah harian. Benar  ternyata. Dalam rilisnya Humas PT KAI, mengatakan bahwa sebenarnya program ini sudah berjalan sejak bulan November 2010. Namun sosialisasi yag minim membuat masyarakat tak banyak yang tahu tentang hal ini.

Dijelaskan, bahwa ini sebuah rencana jangka panjag dari PT KAI, dimana nantinya penjualan tket tidak lagi dilakukan di stasiun. Jadi di stasiun hanya berlaku penukaran struk pembelian tiket. Dengan begini diharapkan antrian calon penumpang yang akan membeli  tiket, tidak lagi menumpuk di loket stasiun. Selain itu juga, hal ini menghindari praktek percaloan yang kerap terjadi. Hingga melambungkan harga tiket menjadi naik berpuluh kali lipat.

Adapun cara pembelian tiket di gerai mini market ini, sama dengan pola penjualan tiket KA di kantor pos. Para calon penumpang yang membeli tiket, akan menerima struk pembelian yang nantinya bisa ditukar dengan tiket asli di stasiun pada jam keberangkatan. Untuk menukarnya diperlukan identitas berupa KTP asli dan fotokopi, untuk diperlihatkan kepada petugas. Setiap tiket yang dibeli di gerai mini maret ini, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 7.50o.

Dipilihnya Indomaret sebagai mitra, karena gerai mini market ini telah mempunyai banyak cabang. Tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek.

Namun saat dikonfirmasi, pihak Indomaret mengatakan program ini baru berjalan pada bulan Mei, dan masih tahap uji coba karena beberapa kendala sistem. Baru bulan Juni ini programnya berjalan lancar.

Tentu berita menggembirakan, bagi anda yang kerap memakai jasa transportasi kereta api. Satu kemudahan, mengingat gerai Indomaret sangat banyak tersebar hingga pelosok, bahkan beberapa memberlakukan sistem operasi 24 jam.

Apalagi mengingat sebentar lagi akan ada momen liburan sekolah, dan dalam 2 bulan ke depan  jelang hari raya Idul Fitri. Dimana bisa di pastikan lonjakan penumpang arus mudik menggunakan moda transportasi kereta api ini akan sangat tinggi.

Semoga ketersediaannya tiketnya selalu cukup, tanpa kendala tehnis berarti. Hingga kapanpun, setiap saat, kita bisa memesan tiket kereta api, bagi kelancaran perjalanan kita.

.

Selamat berburu tiket liburan teman....Semoga info ini membantu....

Aulia Gurdi

/auliagurdi

TERVERIFIKASI

spread wisdom through writing...
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana