HEADLINE HIGHLIGHT

Menimba Ilmu dari Pakar Jurnalisme Online dan Multimedia, Mindy McAdams

16 Juli 2012 22:03:40 Dibaca :
Menimba Ilmu dari Pakar Jurnalisme Online dan Multimedia, Mindy McAdams
Mindy McAdams semangat berbagi ilmu

Tak ada yang paling menarik selain belajar dan belajar menggali ilmu. Dan ilmu pembelajaran itu sesungguhnya terserak dimanapun dalam berbagai ruang dan kesempatan. Senin, 16 Juli 2012, saya sangat beruntung bisa hadir pada blogshop jurnalisme online dan multimedia yang dibawakan oleh nara sumber seorang pakar jurnalisme dari USA, Mindy McAdams. Acara yang digelar atas kerjasama kompasiana dan @america  menghadirkan seratusan kompasianer sebagai undangan.

McAdams membawakan materi seputar tehnik dan etika photo jurnalistik yang wajib kita ketahui sebagai seorang pewarta jurnalisme warga. Meski materi pelatihan disampaikan dengan pengantar bahasa Inggris namun tak mengurangi antusiasme para kompasianer untuk belajar dan bertanya.

McAdams menekankan banyak hal yang sangat perlu diperhatikan seseorang dalam membuat dan mempublish sebuah foto jurnalistik. Apa yang boleh dan tidak boleh dalam menghasilkan karya foto jurnalistik, proses editing, hingga secara keseluruhan, sebuah foto layak disajikan sebagai sebuah karya foto jurnalistik yang baik. Ia juga mengatakan bahwa sebuah karya foto jurnalistik bisa menjadi karya terbaik, sekalipun itu hanya dihasilkan dari sebuah kamera ponsel. Hal yang terpenting dalam menghasilkan karya foto jurnalistik yang baik  bukan ditentukan dari apa media kamera yang dgunakan namun lebih kepada bagaimana kita mau bersabar menangkap obyek dan momen terbaik dengan memperhatikan kapan saat yang tepat untuk membidik  (push the button). McAdams juga memaparkan etika dalam mewawancarai nara sumber, sebagai bagian dari proses reportase para pewarta berita.

5 hal  menyangkut teknis yang perlu kita ketahui saat mengedit hasil  foto jurnalistik, diantaranya :

Cropping -----> adalah bagaimana kita mengedit foto dengan cara memotong sebuah gambar agar diperoleh komposisi foto yang tepat.

Toning -----> menyangkut teknik pengaturan pencahayaan dari obyek foto, bagaimana mengatur tone gambar agar terlihat lebih gelap atau lebih terang

Rezising ---->  menyangkut pengaturan komposisi format dan pixel dari foto, agar tak terlalu berat saat dipasang di web. Selain juga lebih mudah untuk diupload dan didownload. Misalnya bila semula ukuran widthnya dan heightnya 4200x3200, kita perkecil menjadi 800x600 px.

Sharpening ------> menyangkut ketajaman gambar

Saving in optimized format -----> menyimpan gambar di web, membuat file dalam ukuran kecil

Lebih jauh McAdams memberikan satu quote penting terkait proses editing foto ini,

"editing should maintain the integrity of the photograpic images content and context. Don't manipulated... in any way that can mislead viewers or misrepresent subjects"

Yang bila diterjemahkan secara bebas bermakna proses editing harus tetap menjaga integritas dari gambar baik secara konten maupun konteksnya. Jangan pernah memanipulasi gambar. Karena cara ini akan menyesatkan pembaca dan mengaburkan subyek. Secara detil McAdams menjelaskan dalam etika jurnalisme, sangat tidak baik mengaburkan sebuah gambar foto dengan cara apapun, baik itu dengan menghapus sebagian foto, meski itu hanya sebuah spot kecil yang tidak kita sukai dan kita anggap sepele sekalipun, maupun menambahkan sesuatu hanya agar sebuah foto terlihat sempurna. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena akan menjadi sebuah foto yang unreal. McAdams menjelaskan semua ini dengan menyertakan banyak foto sebagai contoh kasusnya. Foto jurnalistik harus benar-benar ditampilkan secara jujur apa adanya. Never erase and Never add. That's the point.

Adapun terkait cara mewawancarai nara sumber, McAdams memaparkan pentingnya menghormati nara sumber yang kita ajak bicara. Tidak memotong pembicaraannya hanya karena kita sebagai pewarta dikejar target pertanyaan yang harus dipenuhi. Tetap jaga sikap agar tergali maksimal respon yang kita inginkan dari nara sumber.

Dan berikut beberapa foto reportase yang bisa disimak

1342468646788548738
Senyum Mindy McAdams sang pakar jurnalisme online dan multi media

1342468792597606574
sesi kedua McAdams menjelaskan photo editing
13424690541757984189
gambar bayi lucu ini adalah salah satu foto hasil cropping bidikan McAdams yang diambil saat ia berada di Namibia
13424711971938837513
kepala suku kompasiana, kompasianer berfoto bersama Mindy McAdams
1342475970490272605
senyum narsis mbak dan mas Admin kompasiana serta kompasianer

13424724621229672471
Vema, Saya, Valentino, Christie Damayanti

Last but not least, sungguh saya merasa beruntung bisa hadir menimba ilmu gratisan ini. Secara keseluruhan, acara ini sangat bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi. Meski materi yang disampaikan berbahasa Inggris, namun pronounciation pembicara masih cukup mudah dicerna. Setidaknya bagi saya yang paling jauh gaulnya cuma sama bule depok, hehehe...:)

Saya yang dangkal ilmu, akan selalu menanti acara serupa ini. Mencerahkan sungguh...saya banyak belajar. Terima kasih kepada kompasiana dan @america atas kesempatannya. Dan sebagai informasi tambahan, @america yang berlokasi di Pasific Place ini, secara berkala mengadakan workshop dan seminar bermanfaat yang terbuka bagi masyarakat umum. Event terdekat diantaranya workshop fotografi yang dipandu fotografer Arbain Rambey, seminar mengenai ruang hijau terbuka yang digagas oleh komunitas Transformasi Hijau (TRASHI). Untuk keterangan lebih lanjut mengenai info detil acara, bisa anda lihat disini.

.

See u in the next event teman....

.

Aulia Gurdi

/auliagurdi

TERVERIFIKASI (HIJAU)

spread wisdom through writing...
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?