HIGHLIGHT

Katarak Sembuh Tanpa Operasi

06 Mei 2011 06:44:30 Dibaca :

Sudah menjadi kebiasaan saya, nyetir mobil sambil dengarkan radio. Waktu itu perjalanan ke rumah sakit, di salah satu stasiun radio favorit saya lagi menyiarkan iklan. “ Telah hadir di kota anda pengobatan mata tanpa operasi. Mengobati segala macam penyakit mata seperti katarak, glaukoma, mata minus, mata plus, dll. Katarak sembuh tanpa operasi,” begitulah bunyi iklannya.


Sebenarnya iklan ini sudah saya dengar berkali-kali. Namun baru saat itu saya terusik. Kebetulan saat itu telah menunggu pasien saya di rumah sakit untuk menjalani operasi katarak. Dalam hati saya bergumam, kalau ada orang yang sanggup menyembuhkan katarak tanpa operasi, mengapa saya justru melakukan operasi?. Bukankah tindakan operasi merupakan momok yang menakutkan bagi kita semua. Mendengar kata operasi saja sudah menakutkan apalagi menjalaninya. Apakah tidak sebaiknya pasien itu saya rujuk ke orang tersebut, agar dia tidak perlu menjalani operasi yang menakutkan itu?.


Sepanjang perjalanan, saya bertanya-tanya bagaimana caranya orang yang diiklankan  itu dapat menyembuhkan katarak tanpa melakukan operasi. Alangkah hebatnya orang itu. Mestinya dokter-dokter mata berguru kepada dia agar bisa mengobati katarak tanpa perlu susah-susah melakukan operasi, disamping punya resiko gagal juga tidak sedikit biaya yang dibutuhkan. Namun sampai sekarang belum pernah ada secara resmi di dalam acara-acara ilmiah tahunan di bidang penyakit mata, menampilkan pakar pengobatan katarak tanpa operasi itu.


Seperti pembaca telah ketahui, katarak adalah penyakit dimana telah terjadi proses kekeruhan di lensa mata yang seharusnya jernih. Karena terjadi kekeruhan itulah maka muncul gejala  penglihatan menjadi kabur. Seperti kaca jendela rumah kita yang kotor, maka pandangan kita akan terhalang oleh kotora itu, sehingga kabur. Makin tebal kekeruhan lensa makin kabur penglihatan kita. Hingga pada akhirnya kita tidak bisa melihat sama sekali.


Sampai sekarang, dibidang kedokteran belum ada obat yang dapat membersihkan lensa yang terlanjur keruh itu. Obat-abatan yang ada hanyalah lebih bersifat pencegahan agar tidak terjadi kekeruhan di lensa. Oleh karena itu metode pengobatan yang di pakai saat ini adalah mengambil lensa yang keruh itu dan menggantikannya dengan lensa buatan. Hanya itulah satu-satu cara di dunia kedokteran, agar orang yang menderita katarak bisa melihat lagi secara normal.


Lalu bagaimana metode yang dipakai oleh orang yang ada iklan radio itu?. Banyak pasien saya yang bertanya tentang ini. Dan saya jawab, " saya tidak tahu". Jika saya dimintai pendapat tentang ini, saya tidak merekomendasikan pun tidak melarang. Itu hak setiap pasien, dimana dia mau mencari kesembuhan.

Ahmad Thohir

/atmata

Dokter spesialis mata, praktek di RSI UNISMA Malang
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?