Mohon tunggu...
ARUL MUCHSEN - KOALISI ONLINE PESONA INDONESIA
ARUL MUCHSEN - KOALISI ONLINE PESONA INDONESIA Mohon Tunggu... -

I am Online Journalist Of www.kabarindo.com yang menyeru Good News Spirit About INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Pilihan

Pariwisata Indonesia, Butuh Country Branding

1 Januari 2016   22:08 Diperbarui: 2 Januari 2016   01:18 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kempar Galakkan Strategi Digital Marketing

Saya pastinya akan tersedak dan tidak habis mengerti saat pasca awal pekan saat aktivitas politik dan pemerintahan bergulir lagi.

Presiden RI Jokowi yang hari ini sudah di Jakarta dan sudah mulai didekati dengan banyak kepentingan politik untuk melakukan reshuffle terhadap para pembantu-pembantunya.

Memang dari banyak kalangan serta pengamat, kalangan profesional seperti Ignatius Jonan atau Arief Yahya mantan CEO PT. Telkom memang lemah dukungan dan bargaining partai politik.

Tapi tentu saja penulis sebagai jurnalis sekadar mengingatkan saja atas artikel menarik di www.kabarindo.com yang mensiratkan banyak hal tentang kondisi pariwisata Indonesia terkini.

Kementerian Pariwisata, tidak hanya memperjelaskan positioning promosi wisata mancanegara dengan Wonderful Indonesia dan nusantara itu dengan Pesona Indonesia.

Bayangkan saja, capaian wisman Januari hingga Oktober 2015 secara kumulatif sebanyak 8.017.589 wisman. Itu artinya tumbuh 3,38% dibandingkan periode yang sama tahun 2014 sebanyak 7.755.616 wisman.

"Saya optimis sampai akhir Desember 2015 bisa tembus lebih dari 10 juta atau tumbuh 5,81% sehingga sesuai target 1o juta wisman tahun 2015. Sementara wisnus-wisatawan nusantara melakukan perjalanan Januari hingga Oktober 2015 sebanyak 208 juta perjalanan dengan estimasi November dan Desember 2015 22,5 juta dan 27,5 juta perjalanan sampai akhir tahun sebagai 255 juta perjalanan sesuai target dengan pengeluaran Rp. 880.925 untuk tiap perjalanan," papar Menpar Arief Yahya yang disingkat AY.

Dijelaskan kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional sebesar 4,23% atau melampaui target 4% sedangkan dalam penyerapan tenaga kerja langsung maupun tidak langsung sebanyaka 12,16 juta atau di atas target 11,3 juta tenaga kerja.

Anda perlu tahu, berikut ini destinasi wisata prioritas dari Kempar.
1. Toba, Sumatera Utara
2. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung
3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
5. Morotai, Maluku Utara
6. Kepulauan Seribu DKI Jakarta
7. Tanjung Lesung, Banten
8. Borobudur, Jawa Tengah
9. Bromo, Tengger, Semeru Jawa Timur
10. Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Yah, dari situ dikenal Kawasan Ekonomi Khusus dengan Perpres sehingga melibatkan investor dan pendampingan pemda atau pemkab seperti telah diresmikannya lapangan udara Labuan Baju Pulau Komodo untuk pesawat berbadan besar selain itu KEK Mandalika, NTB untuk wisata halal yang mencengangkan dengan capaian tiga award untuk INDONESIA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun