Arsil Ihsan
Arsil Ihsan profesional

Kabupaten Kepulauan Selayar

Selanjutnya

Tutup

Regional headline

Bu Susi di Kolaka, Pembius Ikan Jinato Terus Beraksi di Takabonerate Selayar

21 Maret 2017   12:35 Diperbarui: 21 Maret 2017   17:26 464 1 0
Bu Susi di Kolaka, Pembius Ikan Jinato Terus Beraksi di Takabonerate Selayar
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Bupati Kolaka Ahmad Safei, dan sejumlah pegawai KKP saat berada di mobil pikap polisi. (Kompas.com/Suparman Sultan)

Selayar. Hari ini Selasa 21 Maret 2017, sementara Menteri Kelautan Perikanan RI, Susi Pudji Astuti di Kolaka Sulteng, informasi yang diterima dari Pulau Jinato Takabonerate, Selayar, Sulawesi Selatan bahwa puluhan pembius ikan terus melakukan aksinya di Kawasan Nasional Takabonerate. Dari informasi yang ada, mereka selain membius ikan sunu merah, hari ini juga memburu ikan kerapu tiger yang keluar untuk bertelur di Kawasan Takabonerate. 

Belum diketahui pasti kapan kegiatan illegal fishing ini bisa dihentikan di kawasan Takabonerate Selayar. padahal telah banyak juga yang menjadi korban. Pemerintah terkesan tak berdaya dibuatnya. Padahal, semua tingkatan pemerintah ada di Jinato Takabonerate. Terbukti tak ada satu pun upaya yang nyata terlihat untuk menghentikan kegiatan ilegal ini. Memang kerap ada patroli, namun ironisnya kelompok ini tetap aman. Bila patroli ada, mereka tidak beroperasi dan bila patroli kembali, pembius pun beroperasi. Entah apakah ini saling terkait atau wallahu alam. 

dokpri
dokpri
Malah ada suara-suara sumbang yang kemudian menyayangkan lemahnya sistem pengawasan namun semua itu hanya teori. Tebukti bila kasus atau masalah lain, misalnya teror SMS atau indikasi terorisme yang terselubung di dunia maya, bisa terungkap, tapi pembius ikan jinato dan jalur bahan baku kegiatan terlarang ini selalu mentah dan terkesan sangat sulit dibongkar aparat. 

Bila informasi ini kemudian dibahas dalam sebuah grup diskusi dengan dana negara selalu bersemangat, tapi praktiknya jauh dari teori yang sebenarnya. Sudah berapa anggaran pemberantasan dan penanganan illegal fishing digelontorkan untuk Selayar namun semuanya terbungkus dengan rapi. Pertanggungjawaban lancar, praktik lapangan juga jalan. 

Bila pada kasus lain ada istilah laporan informas dari masyarakat dan laporan informasi dari media, untuk hal pembiusan ikan di Jinato Takabonerate Selayar mungkin tidak berlaku. Malah bila pembius ikan di Pulau Jinato ini ditulis atau disuarakan, selalu ditangkis dengan kalimat mana buktinya, atau jangan sampai ini hanya hoax atau ah ini hanya isu.... Jauh beda dengan petugas Damkar. Dibohongi ada kebakaran pun mereka selalu mencari tahu kebenarannya. 

Hari ini Bu Susi Pudji Astuti berada di Kolaka Sulawesi Tenggara, dan kemarin berpidato tentang kegiatan illegal fishing serta Bu Susi akan memberi hadiah bila ada yang menangkap pelakunya. Bersamaan dengan itu, para pembius ikan di Jinato Takabonerate Selayar juga terus beraksi di Taman Nasional Takabonerate yang pada tahun depan akan dijadikan sebagai salah satu ikon pariwisata Selayar. Artinya, Bu Susi kuat berteori, tapi pemerintah di semua tingkatan tidak berani menyentuh pembius ikan jinato Selayar. Mantap.