Arih Sinulaki
Arih Sinulaki Mohon Tunggu... wiraswasta -

Lelaki yang memiliki jejak hidup nyata ,Humoris Normatif dan hidup apa adanya. Senang Memberikan Komentar @kompasiana

Lamma Island Pulau Kecil di Hongkong

27 Agustus 2010   02:55 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:40 352
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Lamma Island - Kepulauan Kecil Di Hongkong . Saya sebenarnya tidak menyangka bahwa semua daerah dihongkong sama modern  dan ternyata tidak begitu masih banyak pulau  terpisah pisah.kebetulan pas pada saat itu yang mengantar ada dari rekanan Ke Lamma island yang katanya pulaunya bagus dan melihat  pemandangan matahari terbenam amat indah.dan saya mengatakan okelah tidak masalah lagian memang ditempatnya itu lumayan cocok buat pejalan kaki - dog missing area - sepeda,karena mereka juga sudah siap berangkat ,maka berangkatlah kami langsung ke nort point persis di depan gedung IFC hingkong letakj dari dermaga yang menuju ke lamma island.sebelumnya kami ada menunggu 25 menit menunggu kapal datang dan berangkat,pembayaran tiket ke lamma island dengan koin  $hk 15 / orang sekali jalan.apa bila kita tidak ada koin kita bisa menukurnya disebelah dengan tukaran yang pas karena tidak ada potongan menukar uang kertas ke koin. Di Lamma island ini ada pembangkit listrik besar untuk kota hongkong dan pulau pulau lainya ,daerahnya sepi angkutan tidak ada sama sekali yang ada hanya sepeda dan rumah penduduk - hotel kecil restoran menyatu dengan alam cocok bagi yang suka suasana ketenangan karena tidak ada suara mobil dan kesibukan yang tampak sama sekali,penduduknya juga ramah serta sedikit. Masuk kedaerah lamma  island tidak dipungut ( Karcis ) biaya sana sini dan kapal  dari north point hongkong ada setiap jam serta terjadwal dan tepat waktu beda dengan di negeri kita,karena lima menit sebelum kapal berangkat akan dibunyikan lonceng kecil petanda kapal akan berangkat dan yang belum masuk atau masih diluar dermaga akan ditinggalkan tanpa ada kompromi,bila tertinggal kita harus sabar menunggu kapal jadwal berikutnya  waktu yang dibutuhkan dari north point hkong ke lamma island hanya 35 menit karena memutar melewati beberapa pulau  dan pulangnya dari Lamma island ke hkong hanya 20 menit karena langsung tanpa melewati  beberapa pulau kecil lainya atau dengan kata lain langsung.sesampai di pulau lamma kita akan disambut dengan kalimat well come to lamma island di depan halaman perpustakaan kepulauan lamma ,perpustakaan dipulau ini tidak begitu besar dan berada di sebelah kiri di dermaga kurang lebih 100 meter dari dermaga memiliki AC dan internet. isi bukunya semua berbahasa inggris china , lainya dan apabila kita berjalan terus akan di sambut kantor post lamma yang ukuranya kecil dan unik,buka sesuai waktu kerja di lamma pegawainya juga sedikit tidak banyak tenang beda jauh dengan kota hongkong yang sibuk. Di Lamma Island kebutuhan untuk mencari tempat makan banyak karena restoran dan tempat makan buka  ada sampai jam 3 malam ,pada umumnya makanan khasnya makanan laut berbagai jenis ada dibakar di goreng dan di stim cocok buat yang senang makan makan.kebetulan pada saya berkunjung pas pada hari kerja jadi pulau tidak begitu ramai hanya sepi.dan yang paling unik di Lamma island adalah sekolah untuk anak tk ada dibawah dekat pantai berukuran kecil dan peralatan sekolahnya lengkap.muridnya hanya  sedikit,pas saya tanya guru yang mengajar disitu mengatakan bahwa penduduk di lamma sedikit dan kebanyakan disini penduduknya menetap di hongkong jadi anak sekolah disini juga tidak seramai di sekolah sekolah di kota.karena ini desa yang terpencil menurut mereka.hanya sedikit pembincangan saya dengan guru tk yang ada di lamma island karena harus menuju temple budha di lorong  sekolah tk tersebut ,templenya juga kecil mirip mirip tempat persembahan  (Tempat keramat di indonesia ) karena letaknya di tepi ding ding dari batu cadas.dan ada satu pendeta Bhiksu ( budha) yang mendiami dan berdoa ,kebeteluan saya tidak banyak bertanya karena harus menuju pantai yang katanya pantainya indah,jadi pada saat itu kita mengikuti alur jalan kaki perkampungan di desa lamma island ,jalanya semua di semen rapi  serta di berikan petunjuk jalan dan nama nama dari jalan tersebut .dipulau ini yang paling unik binatang sejenis dog bebas berkeliaran dimana mana dan pada umumnya daerah ini adalah  dog missing area ,sepanjang jalan kita akan menjumpai orang bule membawa seta anjing diikat di pinggal pada saat berjalan dan anak anak juga sama membawa anjing anjing kesayangan mereka berjalan kaki.sepanjang kita berjalan akan banyak menjumpai tempat pembuangan sampah ( tong sampah ) untuk membuang sampah ,karena itu di jalan jalan menuju pantai kita jarang menemui sampah berserakan karena semua penduduk menjaga kebersihan dan ketertiban.dan yang paling unik di sepanjang perjalanan kita banyak menjumpai tumbuhan yang sama dengan tumbuhan di indonesia pada umumnya ada pisang ,pohon pakis ,paku da n pohon pohon yang sama mirip dengan yang ada di indonesia.dipulau ini banyak juga binatang binatang burung berkicau seta nyamuk berterbangan. kebetulan saya menanyakan kepada yang membawa saya kepulau lamma ,disini juga banyak nyamuk dan penyakit DBD ya,saya bertanya ,dia mengatakan kepada saya disini memang ada nyamuk tapi bukan nyamuk yang menimbulkan dbd karena sering di semprot sahutnya dengan sedikit senyum karena kebetulan yang menjadi penunjuk jalan ke lamma island adalah 3 orang perempuan  dan satu lelaki warga hongkong.bedanya disini penduduknya kuat pada jalan kaki jauh dan cepat cepat pula,kebetulan saya merasa jalanya juga sudah cepat tapi masih kalah cepat dengan mereka mereka dan mengatakan cepat cepat ke saya,saya mengatakan oke,saya akan cepat karena saya tidak bisa mengikuti cara jalan mereka ( karena mereka pada biasa jalan cepat sedikit agak berlari).sepanjang jalan saya banyak menegak air mineral karena capek sedikit lelah ,terus terang saya memang terbiasa jalan kaki tapi bukan dengan  cara jalan kaki begini sahut saya kepada mereka mereka ketawa dan bergosip entah apa ,santai sedikit kenapa karena saya mulai kesal pada waktu itu,karena pulaunya juga menurut saya tidak begitu indah dan mengena jauh lebih indah pulau pulau di indonesia pada umumnya tapi saya sering mengatakan bagus tempatnya dan pemandanganya biar mereka senang saja karena mereka memang senang sepelihatan mata saya dan ada mengatakan seorang perempuan hongkong kamu sewa sepeda saja biar agak cepat dan santai tapi sudah terlanjut ditengah perjalanan kan rugi kata temanya lagi ,oke kita abaikan hal ini. Di tengah perjalanan menuju pantai kami berhenti di parkiran sepeda karena di atas jalan ada kantor polisi dan polisinya juga sedikit jumlahnya hanya ada 6 Orang pakaian mereka tidak sama dengan pakaian polisi di hongkong pada umumnya ,pakaianya hampir sama dengan pakaian Linmas kalau di indonesia,polisinya patroli dengan sepeda mengitari mengelilingi pulau,kantornya juga tidak besar kecil dan Ber Ac .dibawah ada tertulis pengumuman jadwal patroli siang dan malam.