Mohon tunggu...
Inovasi Pilihan

Kapal Pengangkut Sampah

9 Desember 2016   02:04 Diperbarui: 9 Desember 2016   02:21 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pencemaran Lingkungan dan Pencemaran Sungai lingkungan, khususnya persoalan pencemaran,bukanlah fenomena baru. Faktanya, pencemaran telah menjadi permasalahan semenjak dahulu peradaban manusia; dan kapasitas pengelolaannya berkembang sesuai dengan tantangan dan kemajuan kehidupan masyarakat. Jumlah ikan di lautan kita akan jauh lebih sedikit disbanding sampah plastik dalam 35 tahun ke depan. Demikian laporan yang diterbitkan World Economic Forum (WEF) seperti dilansir ScienceAlert, Minggu (24/1).

Laporan tersebut mengatakan bahwa hampir sepertiga dari sampah plastik yang ‘terbuang’ ke lingkungan, sebagian besar berakhir akan di lautan, di mana sampah-sampah tersebut mungkin akan dimakan satwa liar atau pada akhirnya akan mengambang menjadi kumpulan sampah yang banyak. WEF mengeluarkan laporan bersamaan setelah menganalisis sekitar 200 penelitian dan berbicara kepada 180 ahli, dan akan menggunakannya sebagai panduan. Hal yang mungkin paling mengejutkan adalah, meskipun upaya kita mengurangi penggunaan kantong plastik dan berinvestasi dalam tupperware, penggunaan plastik kita masih tetap naik.

Adapun solusi dari hal ini adalah dengan menciptakan sebuah kapal yang sederhana namun tetap efisien dan aplikatif. Teknologi dan Material Kapal. Mesin maupun material yang digunakan pada kapal ini kami rencanakan menggunakan teknologi ramah lingkungan dengan material dari kapal itu sendiri yang digunakan adalah kayu agar lebih ekonomis. Teknologi yang lebih spesifik berupa mesin kapal yang digunakan berupa mesin perahu tenaga erupakan mesin non-BBM yang di keluarkan oleh. Rancangan mesin perahu DC yang akan diaplikasikan merupakan perpaduan teknologi konvensional dan teknologi canggih serta penerapan teknologi yang ramah lingkungan sebagai mesin alternatif non-BBM. Teknologi konvensional pada bagian system penggerak gear box, L-gear, dan variable speed pengatur kecepatan.

Pada penggunaan system proteksi arus listrik motor penggerak menggunakan teknologi modern. Sedangkan penggunaan tenaga batrai sebagai sumber penggerak motor DC merupakan penerapan teknologi ramah lingkungan.

Model Mesin Perahu Tenaga Baterai. Mesin perahu DC ini beroperasi dengan tenaga baterai (accu) yang bisa bertahan selama 5 jam. Daya maksimum yang disediakan adalah 1200 WH, sedangkan luaran yang dihasilkan adalah putaran yang diteruskan ke baling – baling dengan torque dan rpm tertentu.

Keunggulan Menggunakan Mesin Perahu Tenaga Baterai

Mesin perahu DC ini memiliki keunikan tersendiri dari kebanyakan mesin perahu yang lain yaitu merupakan mesin ramah lingkungan yang tidak menimbulkan asap dari pembakaran dan tidak menggunakan BBM sebagai bahan bakar mesin. Mesin menggunakan tenaga baterai accubisa berlayar optimal sesuai dengan accuyang dibawa atau selama 3 jam 30 menit dengan perincian accu yang dipakai memiliki daya 65 Ah dan mesin perahu DC secara uji membutuhkan daya 10-20 A DC output.

Perancangan Design Kapal. Main design yang umumnya dipakai oleh engineeradalah Lines Plan(rencana garis) dan Rencana Umum Kapal. Kedua design tersebut sudah menjadi pakem dalam pendesainan kapal. Lines Plan adalah gambar design kapal yang berisi informasi utama kapal seperti : panjang, lebar, tinggi, kecepatan dinas kapal, kegunaan kapal, bentuk umum, serta hal-hal lain yang menjadi hal utama dalam kapal. Design ini berupa rencana garis irisan-irisan kapal ditinjau dari berbagai arah.

Sedangkan Rencana Umum adalah design yang menginformasikan sistem yang ada di dalam kapal dan tata letak ruangannya, posisi setiap peralatan dan lain sebagainya.

Kelebihan Kapal Alternatif

Trimaran merupakan suatu perahu multihulls yang terdiri dari hull utama (vaka) dan dua hulls cadik kecil (Amas), yang melekat pada lambung utama dengan struktrur lateral (Akas). Desain dan nama untuk komponen trimaran berasal dari perahu asli yang dibuat oleh penduduk asli Kepulauan Pasifik. Gagasan baru yang kami tawarkan yaitu dengan memodifikasi kapal nelayan yang murah dan menganut prinsip kapal trimaran, dimana nantinya kapal nelayan tersebut akan dipasangkan lambung penyeimbang di sebelah kiri dan di sebelah kanan, yang nantinya juga akan digunakan sebagai tempat jaring yang dipakai untuk mengambil sampah yang ada di laut. Sedangkan bagian lambung tengahnya, hanya terdiri dari dua ruangan yaitu ruang kendali dan ruang tempat sampah. Ada beberapa kelebihan kapal trimaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun