INVESTO, Kenalkan Tunas Muda Investasi Bumi

30 Januari 2012 18:24:35 Diperbarui: 25 Juni 2015 13:15:54 Dibaca : 224 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :
INVESTO, Kenalkan Tunas Muda Investasi Bumi
1327971579441752899

Semarang-Kompas Muda (27-28/1) menyelenggarakan INVESTO ‘Investasikan Energimu untuk Bumi’. Dalam rangkaian acara ini Kompas Muda memberikan ruang bagi anak muda untuk mengenal lingkungan, mulai dari workshop hingga berbagai stan organisai lingkungan plus ditemani hiburan.

Diantaranya ada pameran, workshop fotografi. Pengenalan secara visual isu – isu lingkungan. Berbagai gambar yang membingkai lingkungan dalam lensa berbanjar rapi disepanjang koridor menuju ruang workshop.

Bagi mereka yang lebih suka membingkai dalam kata juga terdapat workshop jurnalisme warga. Pembicara dalam workshop ‘Citizen Jurnalism’ tentang Lingkungan tersebut antara lain : Bapak Lenovo dari Pertamina Foundation, Mas Verykurniawan dari Teh Kotak serta, Mas Brigita Iswara dari Kompas.

Dalam workshopnya Pertamina Foundation memperkenalkan ‘Kebun Raya Mini’ serta mengajak para muda untuk peduli pada lingkungan. “Maju dalam pengertian orang Barat sebenarnya adalah kembali pada alam. Jika Indonesia ingin maju, maka Indonesia seharusnya kembali pada laut dan hutan” tutur Bapak Lenovo dengan background cuplikan video Sekolah Alam di Cibinong.

Untuk kembali ke alam dan menyayangi, berbagai stan organisasi lingkungan Semarang menunjukkan konsistensi mereka. Salah satunya ialah CEO (Care Enviroment Organisation), misalnya program campaign mereka yakni untuk memakai tumbl dimana saja dan kapan saja. “Karena satu botol minuman ringan bisa berimbas banyak untuk lingkungan. Kita para muda sebaiknya membawa Tumblr jika berpergian sehingga tidak perlu membeli botol minuman ringan dan merusak lingkungan. Dengan begitu kita sudah termasuk berinvestasi pada bumi,” tutur Ratna Novita Sari sebagai salah satu anggota CEO.

1 Kotak, 1 Bibit Bayam

Sebagai salah satu pendukung acara INVESTO, Teh Kotak juga ikut meramaikan acara ini dengan sebuah stan. Campaign ‘Tribute to Nature’ sebagai apresiasi Teh Kotak pada alam juga dilaksanakan dalam INVESTO, teh kotak kali ini membawa ratusan bibit makanankesukaan Popeye. Dengan membawa satu Teh Kotak kosong ke stan mereka, maka akan ditukardengan bibit bayam.

Jadi Penjahat, Polisi Hijau Muda Bertindak

Acara INVESTO Kompas Muda dijaga ketat oleh Polisi Hijau Muda. Dengan seragam lengkap dilengkapi berbagi atribut, mereka waspada berjaga. Apa sih Polisi Hijau Muda? Mereka adalah pemuda yang bertugas untuk menangkap para penjahat lingkungan. Yakni, para pembuang sampah sembarangan. Berbekal trash bag polisi hijau muda menyisir tiap jengkal lokasi INVESTO untuk menjaga kebersihan.

Seandainya saja polisi hijau ada di sekitar kita setiap hari, mungkin lingkungan kita akan terjaga kebersihan. Karena polisi hijau hanya ada dalam INVESTO, maka pilihan terkahir ialah jadikan diri kita yang masih tunas muda ini untuk menjadi polisi hijau bagi lingkungannya sendiri. Investasikan Energi untuk Bumi mulai dari diri sendiri! (afika)

Arfika Pertiwi

/arfikapertiwi

berusaha menerapkan konsep cantik yg holistik &berkarisma: mengenali diri sendiri, menerima sesuatu dg realistis,menjaga lisan,cerdas dlm berkomunikasi,percaya diri
selalu mementingkan kualitas yang positif dalam hidup untuk menentukan di kehidupan yang selanjutnya
\nhttp://arfika.wordpress.com/

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana