Beberapa Manfaat dan Efek dari Kopi Hijau

21 Maret 2017 00:49:49 Diperbarui: 21 Maret 2017 01:31:35 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Kopi adalah teman setia bahkan seakan menjadi teman wajib bagi para muda mudi kekinian yang gemar nongkrong sambil bersenda gurau bersama kawula muda lainnya. Dan kopi hijau yang sedang digemari saat ini bukan berarti kopi yang berwarna hjau, tetapi kopi yang melalui proses pemangganan dan menghasilkan kopi berwarna hitam. Dan biji kopi hijau yang  memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa ini, ternyata tidak hanya menjadi teman kongkow-kongkow saat menghabiskan malam anak muda, tetapi juga mempunyai manfaat lain bagi tubuh, karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang). Dan diduga ternyata asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan.

Kopi hijau yang  menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara Dr. Oz pada 2012. Dalam acara itu disebutkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan. Mau tau apa aja manfaat yang dikandung dari kandungan asam klorogenat yang rendah setelah proses pemanggangan ini, yuk kita bahas di bawah ini :

Manfaat minum kopi hijau

1. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan. Pada penelitian tersebut  kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama berguna untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Menurunkan darah tinggi

Selain dapat menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah.

3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau mempunyai efek yang positif pada suasana hati dan aktivitas otak Anda. Menurut penelitian pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi  mengonfirmasi, bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

4. Merupakan antioksidan

Biji kopi ini mengandung beberapa zat antioksidan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Keterangan diatas menunjukkan bahwa apapun jenis kopi yang ada, meski mengandung caffeine, ternyata mempunyai efek positif bagi para penikmatnya. Tetapi tidak dapat dipungkiri, bahwa kandungan caffeine dalam kopi juga mempunyai efek yang tidak baik dicerna terlalu banyak apalagi dikonsumsi untuk anak dibawah umur. Nah dalam pembahasan kali ini, bukan hanya manfaat dari ekstrak kopi hijau yang kami jabarkan, untuk sekedar memberi info dan kewaspadaan bagi para penikmatnya, berikut akan kami jabarkan juga efek samping dari ekstrak kopi hijau yang ada, berikut penjelasannya :

Efek samping kopi hijau

1.    Asam Lambung Meningkat

Kita tahu bahwa kopi hijau memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. namun ada hal yang perlu di perhatikan yakni ada beberapa zat yang berfungsi mengurangi penyerapan karbohidrat dipencernaan usus besar yang  bagus untuk program menurunkan berat badan alias diet ketat. Tapi bila seseorang penderita magh / asam lambung sebaiknya jangan terlalu banyak minum kopi ya guys, karena akan berdampak buruk pada kesehatan lambung loh..

2.    Menyebabkan Gangguan Mata

Tidak hanaya kopi biasa, ternyata kopi hijau memiliki kadar kafein yang hampir sama dengan kopi biasa. Sehingga apabila seseorang minum kopi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan pada mata (Glucoma). Jadi alangkah lebih baiknya, bila dalam 1 hari tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 3 kali. sebab hal demikian sangan berpengaruh dengan kesehatan.

Para kawula muda penggemar kopi yang ingin beralih ke kopi hijau sebaiknya periksa dahulu dengan teliti keluhan atau penyakit yang anda derita, karena beberapa penderita penyakit tidak dianjurkan untuk meminum Kopi Hijau ini. sebab akan di khawatirkan dapat memperburuk kondisi tersebut. berikut tipe & penderita yang tidak disarankan :

  • Anak dibawah umur 2 tahun
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Penderita gangguan usus
  • Osteoporosis (Tulang keropos)
  • Gangguan perdarahan
  • insomnia
  • gugup
  • gelisah
  • sakit perut
  • mual dan muntah
  • meningkatnya detak jantung dan pernafasan
  • Mengonsumsi sejumlah besar kopi juga dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan, gelisah, telinga berdenging, dan detak jantung tidak teratur.

Kopi hijau mungkin aman ketika diminum dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal 480 mg per hari, selama maksimal 12 minggu. Ekstrak kopi hijau tertentu juga aman digunakan maksimal 200 mg lima kali sehari dalam 12 minggu. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena kopi hijau juga mengandung kafein mirip seperti kopi biasa. Oleh karena itu, ia juga menyebabkan efek samping terkait dengan kafein yang mirip dengan kopi.

Selain itu, mengonsumsi kopi ini juga memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus jika Anda menderita penyakit atau kondisi tertentu karena diperkirakan akan memperburuk kondisi tersebut, seperti pada penderita:

  •  Tingkat homosistein yang tinggi
  •  Gangguan kecemasan
  •  Gangguan perdarahan
  • Diabetes
  • Diare
  • Glaukoma
  • Kolesterol tinggi
  • Sindrom iritasi usus
  • Osteoporosis

Nah, diatas sudah kami jelaskan sedikit banyak nya manfaat dan efek samping dari kandungan biji kopi hijau. Intinya gus, semua jenis kopi mengadung caffeine dan tidak baik bila terlalu berlebihan dalam mengonsumsiya dalam tubuh. Buat para kawula muda, sehat dan bijak ya dalam menikmati apapun jenis makanan dan minuman, khususnya dalam menyantap kopi guys.  Jangan sampe keasyikan ngobrol bareng temen-temen seperjuangan, malah jadi lupa untuk memperhatikan kadar kandungan kopi yang kita minum.

Oke salam untuk para coffee lovers dimanapun brosist berada…

Seperti kopi lainnya, kopi hijau juga tak baik jika diminum berlebihan. Jadi, akan lebih baik bila menikmati kopi tiak terlalu berlebihan dan terserah mau bertahan dengan kopi hitam biasa, atau beralih ke Discoffeery, Kopi Hijau 100% Asli, asal jangan sering-sering, ya!

Wibi Alwi Surya Kuncoro

/areaseoku

Saya adalah seorang penulis blog lepas, Photographer, yang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan Kontraktor swasta di Jakarta.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana