4 Cara Mengencangkan Tubuh di Rumah

11 April 2011 22:28:29 Dibaca :
4 Cara Mengencangkan Tubuh di Rumah

Ada banyak cara untuk membentuk tubuh yang dapat dilakukan di rumah. Nah, dari banyak cara itu ada beberapa yang dapat dilakukan di rumah. Jadikan tiap ruangan sebagai tempat latihan yang berbeda untuk tiap otot. Berikut ini adalah beberapa ruangan di rumah yang bisa digunakan sebagai tempat latihan mengencangkan otot. Mengencangkan Perut dan Push Up di Kamar push up dan sit-up di kamarKamar tidur adalah tempat yang bagus untuk latihan dasar mengencangkan perut. Sit-up adalah latihan yang paling sering dianjurkan untuk mengencangkan otot perut. Sit-up di kamar dapat dilakukan dengan cara berbaring telentang di lantai dan betis dilipat pada bangku atau samping tempat tidur, sehingga tubuh Anda berada dalam sudut 90 derajat sempurna dengan paha Anda. Letakkan tangan Anda di belakang kepala dengan siku lebar-lebar (bisa juga dengan memegang telinga). Saat Anda mengeluarkan napas, perlahan-lahan naikkan tubuh bagian atas dari lantai. Lakukan latihan ini sebanyak 15 sampai 20 pengulangan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan latihan push up sebanyak 20kali pengulangan. Latihan ini berguna untuk menguatkan otot lengan bagian atas. Latihan Squat di Kamar Mandi Latihan squat di kamar mandi

Di kamar mandi, Anda bisa melakukan latihan squat. Awalan untuk gerakan ini adalah dengan berdiri tegak pada kaki terbuka. Sambil berpegang pada meja, luruskan tulang punggung. Perlahan-lahan turunkan pinggul hingga posisi kuda-kuda. Kemudian kembali berdiri tanpa mengunci lutut. Lakukan satu set dengan 15 sampai 20 geraan squats. Istirahat selama satu menit, kemduian lakukan set kedua. Berbeda dengan set 1, kali ini (set 2) angkat tumit dari lantai dan lakukan gerakan squat dengan tumpuan jari kaki Anda. Tangga untuk Dips, Lunges, dan Calf Raises Ilustrasi latihan dipsLatihan dips dilakukan untuk melatih otot trisep.Caranya adalah dengan duduk di anak tangga paling bawah. Letakkan tangan di belakang tubuh dengan jari-jari menghadap ke tubuh Anda. Luruskan kaki di depan Anda dengan tumit saja yang bertumpu pada lantai. Turunkan tubuh Anda ke bawah sedikit sampai siku hampir sejalan dengan bahu Anda. Dorong kembali sampai lengan diperpanjang. Lakukan 12 sampai 15 pengulangan.

Ilustrasi latihan calf raises

Selanjutnya, masih di anak tangga paling bawah, balikkan badan (dalam posisi berdiri) sehingga menghadap tangga. Berpeganglah pada pegangan tangga untuk dukungan. Kemudian  perlahan-lahan turunkan tumit Anda ke lantai dan bangkitkan tubuh dengan tumpuan jari-jari kaki. Mulailah dengan 10 sampai 12 pengulangan.

Ilustrasi latihan lunges

Untuk menekuk lutut, berdiri di lantai menghadap tangga. Arahkan kaki kanan ke depan, menempatkan kaki Anda pada langkah bawah. Turunkan lutut kembali ke arah lantai sambil menekuk lutut depan Anda ke sudut 90 derajat. Kembalikan kaki kanan untuk berdiri dan ulangi dengan kaki kiri. Gunakan 20 pengulangan, atau 10 pengulangan pada setiap kaki.

Latihan Peregangan di Ruang Keluarga

Ilustrasi latihan peregangan kakiRuang keluarga adalah tempat yang tepat untuk menyelesaikan latihan. Hidupkan acara TV favorit Anda sambil melakukan latihan peregangan. Duduklah tegak dengan kedua kaki terbentang di depan Anda. Perlahan-lahan bungkukkan tubuh ke pinggul dan raihlah jari-jari kaki dengan kedua tangan. Untuk alternatif, bungkukkan tubuh pada satu lutut.

Anom Harya

/anomharya

Kurangi Bengong, Banyakin Nge-Blog
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?