Mohon tunggu...
Retnani Dwi P
Retnani Dwi P Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Ninzy Bags," Your Truly Gadget Bag Organizer"

1 Juni 2018   22:18 Diperbarui: 1 Juni 2018   22:34 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

LESSONS LEARNED

Pada tahap persiapan exhibition, tim CO&CO Hoodie membagi beberapa tugas untuk dikerjakan. Saya mendapat tugas untuk membeli bantal leher tiup yang telah disepakati sebelumnya. Sedangkan, pembagian tugas lainnya meliputi pengendalian di media sosial (pembuatan konten dan penuansaan feeds instagram), booth design, penyediaan brosur, mini booklet dan paper bag, serta follow up vendor. 

Di tahap ini, kami cukup gencar melakukan promosi di media sosial, terutama di Instagram. Kami melakukan promosi di akun instagram bisnis kami, yakni @coandcohoodie dan juga di akun instagram pribadi masing-masing. Sekiranya satu minggu sebelum exhibition, kami sudah mulai melakukan kiat promosi hingga pada akhir pelaksaan exhibiton. 

Pada tahap ini, kami memastikan agar produk kami lengkap tanpa kurang suatu apapun. Produk kami dapatkan ditangan sekitar dua hari sebelum exhibition, dengan total 12pcs, dengan 3 warna dan 2 ukuran, yakni M dan L Unisex. Untuk ukuran selain M dan L, kami alokasikan untuk pre-order.

Di tahap implementasi exhibition, kami membuka booth sekitar pukul 9 pagi di Perpusatakaan Pusat UI. Kami mendesain booth bersama sesuai dengan desain dan hiasan yang telah disepakati. Kami mempersiapkan gantungan baju beserta hangernya untuk menggantung produk kami. Setelah persiapan dari mulai booth design hingga menampilkan produk di gantungan baju, sebagian dari kami bersiap untuk hadir dikelas yang akan diselenggarakan pukul 11 siang. 

Pembagian shift dibagi menjadi tiga orang masuk kelas dan sisanya berjaga di booth. Sekitar hampir jam 2 siang, kami bertukar shift untuk menghadiri kelas jam 2. Kami membagi shift selama empat hari berdasarkan sisa absen (kelas mana yang urgent harus dihadiri) dan juga waktu yang tersedia oleh masing-masing anggota. Selama masa pelaksanaan exhibition, kami juga membagi jadwal untuk bergantian membawa pulang produk. 

Tiap anggota memiliki kewajiban satu hari untuk membawa pulang produk ke rumah atau kos, yang mana keesokan paginya dibawa kembali ke booth untuk kembali di pasarkan.

Pada saat exhibition, hari pertama kami meraih pembeli sebanyak dua orang, hari kedua sebanyak dua orang, hari ke tiga sebanyak empat orang, dan hari ke empat atau hari terakhir sebanyak dua orang. Jumlah pembeli dalam pelaksanaan exhibition di Perpusat UI yakni sebanyak 10 orang, meliputi dosen dan pengunjung perpustakaan. Pada saat menjaga booth, kami banyak mempersilahkan bagi orang yang mendekat ke booth kami untuk diberi penjelasan mengenai produk kami secara lebih detil dan melihat produk secara lebih dekat. 

Setiap pelanggan yang datang ke booth, kami beri selembar brosur dan mini booklet. Pemberian brosur dan mini booklet digunakan untuk membangun awareness kepada calon konsumen. 

Brosur dan mini booklet yang kami sajikan telah mencakup gambar produk beserta fungsinya secara detail, ketersediaan warna, dan ukuran. Selain itu, kami juga memberikan contact person berupa nomor telepon, email, dan perangkat sosial media untuk info lebih lanjut atau sebagai sarana pemesanan bila calon konsumen berminat.

Pada tahap setelah implementasi exhibition, kami tetap menawarkan produk di instagram utama @coandcohoodie dan juga pada akun masing-masing anggota. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun