Ketentuan Pidana dan Perdata Mengenai Penghinaan dan/atau Pencemaran Nama Baik di Indonesia

28 Februari 2011 11:19:22 Dibaca :

Dasar Hukum :

PIDANA :

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (Wetboek van Strafrecht voor Nedherland Indie)

Pasal 310 ayat (1) : "Barangsiapa dengan sengaja menyerang kehormatan/nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan/pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah"; ayat (2) : "Jika hal itu dilakukan dengan tulisan/gambaran yang disiarkan, dipertunjukan/ditempelkan dimuka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan/pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah".

Pasal 311 ayat (1) : "Jika yang melakukan kejahatan pencemaran tertulis diperbolehkan untuk membuktikan apa yang dituduhkan itu benar, tidak membuktikannya dan tuduhan dilakukan bertentangan dengan apa yang diketahui, maka ia diancam melakukan fitnah dengan pidana penjara paling lama empat tahun".

Undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Pasal 27 ayat (3) jo. 45 ayat (1) : "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, dipidana dengan penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak satu miliar rupiah".

Pasal 36 jo. pasal 51 ayat (2) : "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak/melawan hukum melakukan perbuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain dipidana dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun dan/atau denda paling banyak dua belas miliar rupiah".

Undang-undang No. 32 tahun 2002 tentang Pers

Pasal 36 ayat (5) jo. pasal 57 : "Isi siaran yang bersifat fitnah, menghasut, menyesatkan dan/atau bohong, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak satu miliar rupiah untuk penyiaran radio dan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak sepuluh miliar rupiah untuk penyiaran televisi

PERDATA

Kitab Undang-undang Hukum Perdata (Burgelijke Wetboek)

Pasal 1365 : "Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk mengganti kerugian tersebut".

Unsurnya yaitu : Melanggar kewajiban hukum si pelaku; Melanggar hak subyektif orang lain yang telah diatur oleh Undang-undang; Bertentangan dengan kesusilaan; Bertentangan dengan kepatutan, ketelitian dan ketidakhati-hatian.

Pasal 1372 : "Tuntutan perdata tentang hal penghinaan diajukan untuk memperoleh penggantian kerugian serta pemulihan kehormatan dan nama baik".

Andru Bimaseta Siswodihardjo

/andrubimasetasiswodihardjo

Managing Partner/Founder Siswodihardjo Iskandar Simanjuntak Counsellor&Attorney at Law
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?