Andri Atagoran
Andri Atagoran Freelanser

MENULIS BUKAN SEKEDAR HOBI Silakan kunjungi blog sederhana saya http://klikanakzaman.blogspot.co.id/ Alumni Fakultas Ekonomi-Universitas Pancasila

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perpustakaan Umum Freedom Institute, Kenyaman Membaca di Tengah Hiruk-pikuk Ibukota

27 Juli 2015   11:39 Diperbarui: 27 Juli 2015   11:39 1050 2 2

Di tengah kesibukan dan kemacetan kota Jakarta dengan berbagai aktifitas, tentu tidak mudah bagi setiap orang untuk menyempatkan diri beristirahat sejenak di tempat yang nyaman dan asri apalagi sekedar untuk membaca.

Kegiatan membaca merupakan sebuah keharusan bagi setiap individu untuk menambah pengetahuan maupun mengupdate informasi sehari-hari berkaitan dengan aspek kehidupannya. Pertanyaannya, adakah tempat yang nyaman untuk membaca agar setiap pengetahuan yang dibaca dapat terserap ke otak dengan baik? 

Perpustakaan Umum Freedom Institute menjadi salah satu refrensi yang pas bagi penduduk kota Jakarta untuk melakukan aktivitas membaca. Terletak di jalan Proklamasi no. 41, Cikini, Jakarta pusat tepatnya di Wisma Proklamasi seberang Tugu Proklamasi, Perpustakaan Umum Freedom Institute menjadi tempat yang mudah diakses dan nyaman bagi masyarakat Jakarta.

[caption caption="Ruangan Baca Perpustakaan Umum Freedom Institute."][/caption]

Memiliki area taman yang luas dan asri menjadi satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mampir ke perpustakaan ini. Memasuki area lobi perpustakaan, anda akan disambut oleh para librarian yang ramah dan informatif. Ruangan baca yang luas dengan meja belajar yang bervariasi disinari cahaya bolam sedikit redup yang diatur sedemikian rupa agar tidak merusak mata memberikan kesan pertama yang penuh chemistry dengan tempat ini. Perpustakaan ini juga menyediakan fasilitas internet gratis dan HotSpot area. Internet gratis ini disediakan sebagai salah satu sumber informasi yang cepat dan mudah. Saat ini Perpustakaan Freedom juga menyediakan fasilitas jaringan komputer nirkabel (wireless) yang bertujuan lebih memberikan kemudahan pengguna perpustakaan dalam mengakses internet yang bisa dijangkau kapan saja secara instan dan mudah.

[caption caption="Perpustakaan Umum Freedom Institute tampak dari depan"]

[/caption]

Memiliki ruangan baca yang nyaman yang merupakan salah satu syarat dari perpusatakaan tidak diragukan lagi di Freedom Institute.

Tidak hanya itu Freedom institute juga bekerja sama dengan komunitas Jazz Kemayoran (KJK) yang dipimpin oleh Beben Jazz (guitar, vocal, trumpet), seorang dosen seni musik perguruan Tinggi swasta Universitas Pelita Harapan yang melakukan pertemuan pentas muzik Jazz setiap bulan. Ini merupakan referensi yang cocok  untuk para penggemar musik Jazz.   

Selain memiliki banyak literatur baik di bidang ekonomi, politik, sosial, pendidikan dan budaya, Perpustakaan Umum Freedom Institute juga menjadi pusat studi kajian hukum, ekonomi, pendidikan politik dan sosial budaya melalui diskusi atau seminar bulanan hingga pemutaran film-film yang edukatif.

[caption caption="Musik Jazz dari komunitas Jazz Kemayoran menjadi daya tarik tersendiri bagi perpustakaan ini."]

[/caption]

Selain menjadi ruang baca publik yang nyaman, Freedom Institute yang beroperasi dari jam 09.00 pagi hingga 08.00 malam WIB juga menjadi tempat belajar bagi para akademisi dan pelajar dari SD hingga Mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Hal ini karena Perpustakaan Freedom Institute menjadi salah satu perpustakaan di Indonesia yang menyediakan refrensi buku terlengkap. Tapi jangan lupa, untuk menjadi pengunjung tetap Perpustakaan Umum Freedom Intitute anda diwajibkan untuk membuat kartu anggota Freedom Institute tanpa dikenakan biaya. Bagaimana, anda tertarik?