Kerjaan Mahasiswa Jaman Sekarang

03 Juli 2012 16:33:28 Dibaca :
Kerjaan Mahasiswa Jaman Sekarang

Sejak kemarin di kantor saya kedatangan teman lama. Ia menginap di kantor saya dan pagi hari ini kami sedikit ngobrol-ngobrol konyol. Awalnya ngobrol diawali bahas artikel yang dimuat oleh koran lokal di kota bekerja saya saat ini. Gak tahu gimana detil bahan obrolan, tahu-tahu jluntrungan ngobrol pagi ini adalah bahas kerjaan mahasiswa jaman sekarang.

Karena teman saya itu tipe orang yang lumayan ngocol dan memang kebiasaan kami bincang bahan yang konyol-konyol. Tentunya kita gak bahas kegiatan mahasiswa yang udah bener. Maksudnya mahasiswa yang benar-benar ngerti bahwa statusnya adalah seorang pembelajar yang dididik dimana intelektual dan ilmu pengetahuan dijunjung tinggi.

Tetapi kami ngobrol tentang kegiatan (yang kami anggap) konyol yang dilakukan mahasiswa jaman sekarang. Kegiatan-kegiatan yang hampir tidak temui saat kami tempo lalu menjadi mahasiswa.

Obrolan kami mengidentifikasi beberapa hal konyol yang dilakukan mahasiswa. Samapai saya menulis ini pun saya masih “ngikik” sendiri dari obrolan pagi ini. Kerjaan “lucu” mahasiswa jaman sekarang tersebut antara lain.

1. Demo dengan drama teaterikal

Memang sih untuk beberapa karakter pribadi mahasiswa “demonstrasi” ini kayak panggilan jiwa. Waktu saya kuliah dulu-pun kegiatan ini dilakukan teman-teman saya. Dari isu biaya pendidikan sampai protes ke presiden Bush ada yang ngedemo. Pokoknya apa aja deh, yang rame ada di berita biasanya ikut-ikutan demo. Capek deh.. Tapi yang saya gak habis pikir kenapa sekarang mulai marak pake pertunjukan teaterikal pula. Maksud saya pemerintah sekarang kan diingetin pake bahasa yang paling sederhana aja gak ngerti. Nah ini, ngingetin pake acara ber-teater. Biasanya dibumbui dengan puisi parau, absurd, dan aneh. Lalu mahasiswa pemain teater ini berkostum cuma pake kacrut, dan badannya dilumuri lumpur atau darah imitasi. Ada lagi yang lebih drama, saya pernah liat dengan akting seperti diatas terus ada temen mahasiswa yang lain berdiri di kursi terus naburin mawar ke temennya yang lagi dlosor garuk-garuk aspal. Ampuunn.....

2. Mahasiswa penonton acara tivi

Nah suka ada kan, kalau kita nonton acara macam; Bukan 4 Mata; OVJ; atau Dahsyat ada mahasiswa yang ikutan nonton. Mereka ini ketawa-ketiwi dengan laugh scenario dari pihak broadcasternya. Pada hal buat saya guyonannya banyak gak lucunya. Masih kalah lucu sama Foke..

Nah hal yang bikin saya gak ngerti, kenapa mahasiswa itu pake almamater dan dengan tujuan apa nonton acara begituan? Bukannya belajar hal bener atau hunt scholarship. Ada yang bisa jawab? Karena jujur saya gak ngerti, ngapain sih mereka..

3. Minta sumbangan di jalan

Hal satu ini juga bikin saya gak bisa paham. Jadi gini, mereka kan kaum terpelajar tapi kenapa caranya kayak gitu. Disini saya gak bilang salah, tentang sumbangannya ya!! Tapi CARA-nya. Masak sih intelektualitas itu diwujudin dengan beralmamater menenteng kardus berjalan diantara angkot-angkot jalan raya. Ngapain, coba? Yah.. memang sih cara ini cara termudah dan instan. Maksudnya mahasiswa gak perlu pening bikin proposal brilian. Melatih berbicara dengan baik, aktual, dan sesuai konteks. Lalu menawarkannya kesana kemari.

Ada yang bilang kegiatan kayak gini itu ulah oknum saja. Bener juga sih. Karena ini negeri Indonesia. Negeri besar dengan 200 juta oknum..

Udah kayaknya segitu aja deh. Kalau diterusin sangat mungkin beberapa pembaca gak cuma dimasukin ke hati, tapi omongan saya juga dimasukin ke tivi. Ampun.. broo..

Ah iya, yang mau nambahin boleh juga kok..

Salam..

Andiko Setyo

/andikosetyo

primates, hominidae, homo, homo sapiens, sapiens andiko, sapiens sapiens pembebasan.
-supermarketkata.wordpress.com

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?