Muh Amran Amir
Muh Amran Amir profesional

Jujur, Sederhana, Hemat dan Bersahaja

Selanjutnya

Tutup

72 Tahun Mengisi Kemerdekaan, Pemuda Bikin Apa di Luwu?

13 Agustus 2017   08:32 Diperbarui: 13 Agustus 2017   08:42 11 0 0

72 TAHUN MENGISI KEMERDEKAAN, PEMUDA MAU BIKIN APA DI LUWU ?

Diskusi bertemakan "Refleksi Peran Pemuda Dalam Mengisi Kemerdekaan" yang dilaksanakan Pemuda Karang Taruna Kabupaten Luwu,  sejumlah pertanyaan tentang apa dan bagaimana Pemuda saat ini di Kabupaten Luwu Dalam mengisi Kemerdekaan.

Sejumlah Tokoh Pemuda yang hadir sebagai pembicara dalam diskusi tersebut memaparkan kajiannya dan merefleksi kegiatan Pemuda selama beberapa tahun terakhir.

Diskusi digelar di gedung Karang Taruna Jalan Trans Sulawesi Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Jumat Siang.  Dalam diskusi ini dibutuhkan output peran pemuda dalam mengisi Kemerdekaan di usi a 72 tahun kemerdekaan Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut Sul Arrahman, selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Luwu,    yang juga narasumber menjelaskan bahwa generasi muda sebagai generasi penerus dari suatu Bangsa merupakan faktor utama yang harus diperhatikan dalam perkembangan kehidupan berBangsa dan berNegara,  secara Khusus dibentuk kesiapannya sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia, dalam mengembangkan Kabupaten Luwu.

"Pemuda Luwu harusnya menjadi Pemuda yang memiliki tanggung jawab yang besar untuk membawa perubahan bagi kemajuan Bangsa, mampu menata kota dan membangun Kampung, bukan Cuma sekedar hedonisme," ujarnya.

Konsep Menata kota dan membangun Kampung, bagi Sul Arrahman, konsepnya cukup sederhana, namun dibutuhkan skill dan kemauan bukan sekedar konsep belaka.

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang artinya tempat. Taruna artinya remaja atau pemuda. Karang Taruna artinya tempat kegiatan para remaja.

Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah sekitar atau komunitas sosial sederajat.

Diketahui Kabupaten Luwu memiliki luas 3.000,25 km , memiliki wilayah geografis yang unik karena wilayahnya terbagi dua yang dipisahkan oleh sebuah daerah otonom yakni Kota Palopo, ada pun daerah yang terpisah tersebut adalah wilayah Walenrang dan Lamasi atau yang juga dikenal dengan sebutan WALMAS. terdiri dari daratan, pegunungan dan laut.