Lihat ke Halaman Asli

Peace Festival 2016 - Menciptakan Perdamaian Melalui Keberagaman di Indonesia

Diperbarui: 5 Juni 2016   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peace Festival 2016 berlangsung di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Mall. (3/6)

Jakarta, 3 Juni 2016 – Dalam rangka mewujudkan kepedulian kepada sesama serta mendukung aksi perdamaian sebagai salah satu poin dalam Sustainable Development Goals, World Merit Indonesia Jakarta City Chapter menyelenggarakan kegiatan Peace Festival yang diadakan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Mall dengan mengusung tema “Bringing Youth as the Agents of Peace”.

Peace Festival 2016 terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu charity, flea market, dan pada puncak acara Peace Festival yaitu talk show. Talk showyang membahas“Youth’s Role in Fostering Peace in a diverse nation” dihadiri oleh beberapa pembicara yakni, Nina Nasution selaku direktur eksekutif Bina Antar Budaya, Ayi Yunus Rusyana sebagai Founder Young Interfaith Community Indonesia, Tylla Subijantoro selaku Former Governance Advisor – UN DPKO dan Shintya Rahmi Utami dari Global Peace Foundation. Talkshow yang terbagi dalam dua sesi ini dimoderatori oleh Presiden World Merit Indonesia, Annes Farah Utami.

Selain talk show, rangkaian acara berikutnya pada puncak Peace Festival adalah art exhibition, art performance dan penyerahan hasil charity. Art exhibition didukung oleh Chandra Kartika dan Cindy Herdiyani Sitompul, yang menyajikan karya seni lukisan di panggung Galeri Indonesia Kaya. Art performance dipersembahkan oleh Sang Weelee yang menyajikan sebuah tarian tradisional, serta Peacecapella yang membawakan dua lagu yaitu Salam dan Kasih Putih. Puncak acara dari peace festival adalah penyerahan hasil charity berupa pemberian donasi kepada Sekolah Kopaja yang merupakan rumah belajar bagi anak-anak pekerja jalanan. Pada 17 Mei 2016 lalu, Sekolah Kopaja terbakar dan menyebabkan semua fasilitas belajar dan tempat tinggal anak-anak didiknya habis tak tersisa. Hasil charity yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana melalui platform kitabisa.com dan diserahkan sepenuhnya kepada Sekolah Kopaja. Pada acara ini, anak-anak didik perwakilan dari Sekolah Kopaja membawakan tiga lagu dengan iringan musik yang dibawakan oleh mereka sendiri.

Kegiatan Peace Festival ini merupakan yang pertama diadakan oleh World Merit di Indonesia dan berjalan dengan sukses, dilihat dari antusiasme para peserta yang sangat mendukung kegiatan ini. World Merit merupakan organisasi internasional yang berbasis di Liverpool, Britania Raya serta California, Amerika Serikat. Anggota dari World Merit ialah sebanyak 98916 orang yang tersebar di 225 negara dan salah satunya Indonesia.

World Merit Indonesia Jakarta City Chapter berupaya ingin meningkatkan kepedulian pemuda untuk menciptakan perdamaian melalui keberagaman di Indonesia melalui acara Peace Festival 2016.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline