PILIHAN

Bandung Surganya Makanan Enak

22 November 2010 04:57:13 Diperbarui: 26 Juni 2015 11:24:36 Dibaca : Komentar : Nilai :

Lagi ngelamun tentang Bandung, memorizing hal-hal tentang Bandung yangbikin aku selalu kangen dan pengan pulang ke Bandung…. tentunya selain keluarga dan temen-temen tercinta yang ada di bandung..


Hasilnya ternyata semua tempat makan qiqiqiqiq….(apa karena aku lagi laper yah???) Bandung emang surganya makanan enak dan murah nothing can beatdeh… pada setuju kan??? Semua yang aku certain disini tempat-tempat Favorit aku waktu masih tinggal di Bandung…sampe sekarang kalo lagi pulang ke Bandung.


Bubur, Roti Bakar dan Surabi


Kalo lagi kepengen sarapan bubur..yang enak itu Bubur Ayam Mang oyo..tempat Jualan nya ada di Jl. Dago sebelum Perempatan Simpangsebelah Toko Brownies Amanda, ada juga yang di Jl. Sulanjana, buburnya kentel banget..bisa Pilih sendiri pelengkapnya..mau Cuma ayam boleh, Ati Ampela juga ada, telur, kacang, seledri, emping dan kerupuk..mau manis , asin atau pedes tinggal tambah sendiri…yang pasti rasanya enak banget…


Selain Bubur Ayam Mang Oyo ada juga Bubur Ayam Pelana, tempat nya di JL. Burangrang seberang Bakso Malang Enggal..kalo yang ini bubur ayam nya encer..nggak sekentelBubur Mang Oyo, pelengkapnya hampir sama Ayam, Ati Ampela, Telur, Cakwe, Kerupuk, sledri dan bawang Goreng tapi minus kacang kedele…


Selain Bubur, pilihan yang lain Roti Bakar Cari Rasa di Pasar Kosambi, dulunya masih pake Grobak Tapi sekarang udah punya Toko yang cukup besar..pilihan Rasanya lengkap, Keju, Coklat, Strawberry, Kacang, susu, kita tinggal Pilih rasanya apa, mau dibakar atau biasa aja, ukuranya ada yang disebut Kadet (bulat Kecil), Tawar kecil dan tawar Besar..sekali coba pasti ketagihan…..Bukanya dari pagi sampai Malem..tapi hati-hati tertipu..soalnya memang banyak yang pasang Merk yang sama “Cari Rasa” tapi kualitas dan Rasanya berbeda..


Kalo pengen yang Khas Sunda Banget bisa Pilih Surabi..tempat surabi Favoritku tempat jualannya di depan Yoghurt Cisangkuy namanya lupa soalnya nggak pernah merhatiin , Rasanya macem-macem ada surabi kinca yang manis, Surabi oncom yang gurih-gurih pedes, Coklat, Keju, Coklat Keju, Pisang keju, Kornet Keju, kornet, Sosis Keju, telur, lengkap deh…dan harganya bersahabat dengan kantong… ukurannya nggak terlalu besar, sedeng-sedeng aja…dua buah cukup kenyang lah kalo buat sarapan.


Selain Surabi Cisangkuy ada juga Surabi ENHAII dan Surabi Imut, dua-duanya ada di Jl.Setiabudhi deket dengan STPB (sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) yang dulunya NHI…Pilihan rasanya kuranglebih sama dengan Surabi Cisangkuy, untuk Surabi dengan Citarasa Asin (selain Oncom) disajikan dengan Mayonnaise, ukurannya besar jadi pesen satu aja udah pasti kenyaaaaaaaaaaaaaang banget…


Bakso, Batagor & Pempek


Bakso Joko Sirod yang ada di Jl. Asia Afrika tempatnya di Gang sebelah Bank Mandiri & Indosat..hmm..baksonya enak banget..pilihan mie nya bisa mie yang lebar atau mie halus, bisa yamien bisa juga kuah..satu Porsi isinya mie (kalo Suka), Bakso Besar, Bakso Kecil, Siomay, Bakso Tahu, pangsit, ceker. Tapi kita bisa Pilih maunya Bakso aja, atau tambah yang lainnya , tambahannya ada juga kerupuk pangsit..untuk minumnya bisa Pilih teh botol atau es campur yang enaaaaaaaaaaaaaakkk banget deh…


Terakhir kesana 1 porsi nya masih Rp. 9000 dan es Campurnya Rp. 6000,- cukup murah kan????


Ada juga Bakso Mang Jai..tempat dkt banget sama jalan Kereta di Jl. Gudang Selatan..uniknya Bakso nya gede-gede banget, satu Porsi Isinya 3 Bakso Besar dan satu batagor yang juga Gede, kalo kita memang mau pake mie..harus Request khusus, tempat buat makan di tempat sempit Banget, jadi rata-rata yang makan bakso disitu pada makan di mobil..dan pesennya pun nggak perlu pake turun cukup panggil Mang Parkir atau yang suka anter baksonya…5 menit kemudian Baksonya udah dianter deh…pokoknya recommended banget deh buat yang lagi pacaran wkwkwkwkw…harganya pun sama seperti di bakso Sirod Rp. 9000, cuman disini nggak ada tukang es Campur, jadi minumnya cukup Teh botol aja….


Kalo kepengan makan Bakso tapi males kalo harus makan di pinggir jalan ada juga bakso enak yang tempatnya enak dan selalu penuh namanya Bakso Akung, seperti jug adi tempat yang lain disini pilihan mie nya ada dua macem juga, mie yang lebar biasanya buat Bakso kuah dan mie yang kecil buat yamien..selain itu ada juga bihun atau mie putih, macem macem pilihan isinyanya ada Bakso halus, bakso urat, siomay, pangsit, ceker, babat, juga pangsit goreng, bisa yamien bisa kuah, bisa setengah Porsi atau 1 porsi, kalo buat cewek aku recommend setengah Porsi aja, soalnya 1 porsi nya bener-bener buanyaaaaaaaaaaaaaaaaakkk, dijamin nggak bakal habis, pilihan minumannya lengkap dari softdrink, teh botol, Juice, sampe es campur. Kalo lagi nunggu antrian (ngantri nya pake nomor..kayak kalo mau berobatke dokter ) bisa beli macem-macem camilan khas bandungatau rujak..asal jangan banyak-banyak ntar bakso nya dateng perutnya udah nggak muat gara-gara ngemil dan makan rujak..yang terpenting jangan dateng ke Warung bakso ini pas hari jumat, Hari Raya Islam atau pas malem-malem selama bulan Puasa karena dijamin bakal kecewa, soalnya pada har-hari tersebut warung bakso tidak buka alias tutup


Bakso malang yang enak, tempat makan nya lumayan luas dan Juice nya murah tapi asli kentel dan enak, tempatnya di Bakso Malang Enggal di JL. Burangrang dan Jl. Pasteur..sistemnya kayak Parasmanan gt..jadi kita tinggal Pilihyang kita mau terus dibumbui dan dikasih kuah sama yang jaga, bayar, duduk ntar baksonya dianter deh…tapi kalo dateng pas jam makan siang atau sore-sore biasanya penuh banget sampe susah parker.


Masih sodaranya Bakso ada juga Lomie Bakso dan Lomie Pangsit yang Yummmy Banget..tempat nya di Jl. Imam Bonjol..deket baby House Lavie..pokoknya kalo belanja ke Lavie mampir deh ke si Lomie ini dijamin ketagihan deh…harganya nggak mahal sekitar 10- 12 rb aja (iya nggak ya???agak2 lupa )


Selain Bakso yang terkenal enak-enak di Bandung ada juga Batagor yang terkenal banget..Yup Batagor Riri dan Batagor Kingsley..kalo Batagor Riri adanya di Jl. Burangrang dan Paskal Hyer Square Pasir Kaliki, Kingsley adanya di Jl. Veteran..nggak usah dijelasin lagi semua orang udah pada tau deh…


Di Bandungmpek-mpek yang enak dandijamin asli Palembang (yang jualannya maksudnya) tempat nya di Jl. Rama daerah Jl. Pajajaran..nama tempatnya Pempek Rama, jenis pempeknya lengkap sampe yang pistel isi papaya dan pempek panggang juga ada, selain pempek ada juga Tekwan,minumannya ada es kacang merah dan jeruk Calamansi, pokonya top markotop deh….(widiiiiiiihhh pak Bondan banget nggak siy????!!!!)


Warung nasi


Mau makan siang atau makan malem dan menunya yang sunda banget…. ada Warung bancakan di Jl. Trunojoyo..di tempat ini jenis-jenis masakan sunda yang udah jarang banget dibikin orang selalu tersedia misalnya tumis genjer, tumis iwung, tumis oncom, semur jengkol, Pesmol ikan mas dan masih banyak lagi …..nasi nya bisa Pilih nasi timbel atau Nasi liwet, sambel nya ada sambel terasi ada juga sambel tomat, untuk lauknya bisa pesen ikan asin, mau dibakar bisa digoreng juga boleh, kalo gepuk, ayam goreng,ikan goreng, pepes ikan itu mah udah pasti tersedia..lalapan nya komplit dari yang mentah sampe yang rebus, lalapan yang jarang ada di tempat lain di warung bancakan pasti ada, kayak tespong dan pohpohan. Teh tawar panas disediakan dengan gratis, kalo mau yang special ada es goyobod yang manis-manis seger, untuk oleh oleh atau untuk Dessert ada juga kue balok yang Freshly Made on the spot..rasanya enak deh…asli kayak jaman dulu waktu aku masih kecil hehehe…tapi kalo nggak suka makan atau minum pake piring dan Gelas dari Kaleng jangan kesini yah…soalnya asli kayak jaman dulu banget piring dan gelas yang dipake nya berbahan kaleng..


Selain Bancakan ada juga Warung Nasi Ciganea, dulu sih tempat nya di Belakang Telkom Jl. Japati tapi nama jalan nya lupa, selain itu buka cabang juga di Paskal Hyper Square..yang enak disini Pepes ikan emas dan Gurame Goreng (Menurut orang-orang..Secara aku nggak suka ikan hehehe..)serta sambel Terasinya kalo buat aku yang enak disini ayam goreng, ikan peda goreng, perkedel jagung,lalap mentah dan sambel terasinya..


Satu lagi yang paling terkenal dan cabangnya ada dimana-mana Warung Nasi Ampera….menunya udah pasti lengkap banget deh…tapi buat aku yang paling istimewa dari Warung nasi Ampera ikan Asin jambal Roti , Tahu Goreng, Gimbal Udang, sambel dadak dan lalapan nya..nggak perlu pesen yang lain deh..itu aja udah pasti nikmat banget…


Rujak , Lotek & Yoghurt


Tiba –tiba kepengan yang pedes dan seger-seger ??? jangan takut di bandung ada kok, mampir aja ke Jl. Macan disana dijual macem-macem rujak dan Asinan, ada rujak buah dengan sambel gula, rujak bébék, rujak cuka, Asinan sayur, asinan Buah pokoknya lengkap banget deh…menu lainnya yang juga dijual disini ada soto ayam, lontong sayur, lotek dan karedok, jajanan kayak Kue-ape dan aromanis juga ada…


Selain di jalan macan, kalo lagikepengan Lotekdan rujak yang juga nggak kalah terkenal dan enak dateng aja ke lotek Kalipah Apo di Jl. Kalipah Apo, kalo disini selain lotek, karedok, rujak, ada juga nasi plus masakan dan juga macem-macem kolak, mulai dari kolak pisang,biji salak, candil, ubi, biji mutiara yang pasti mah santen nya lekoh pisan …kalo yang kepengen nyobain tapi nggak tau jalan Kalipah Apo atau males parkirnya karena jalannya yang sempit, semua makanan itu bisa juga didapet di Café Bali jl. Riau, Rasanya bener-bener sama nggak ada bedanya, yang beda tempatnya yang lebih nyaman dan harga nya yang sedikit lebih dibanding di jl. Kalipah Apo nya.


Kalo rujak dan Asinan belum cukup bikin seger juga, atau lagi pengen minuman yang seger, paling pas kalo pergi ke Yoghurt Cisangkuy, pilihan rasa Yoghurt nya lengkap, Rasa dijamin asli asem seger enak…selain yoghurt tersedia juga macem-macem Cakes dan Cookies, rasanya nggak kalah enak dari yoghurt nya, kalo nggak suka cake bisa juga pesen kentang sosis, Pisang kejuatau pesen makanan yang di jual disekitar toko yoghurt ini, ada sate, kue pancong, Bakso Tahu dan Surabi.


Kedai Kopi


Ngumpul-ngumpul bareng temen, sambil ngobrol dan ngopi-ngopi memang asik..kalo lagi dibandung coba deh mampir ke Rumah Kopi , tempat nya emang rada-rada jauh dari pusat kota Bandung tempat nya di daerah Dago atas bisa masuk dari komplek perumahan istana Dago (iya nggak ya?? Namangan lupa tapi tempat nya aku inget banget ) tempatnya emang rada-rada nyungsep,( kalo udah pernah ke Warung Lela pasti tau soalnya tempatnya cuman 200 meteran dari Warung Lela)tapi tempatnya homey bgt dan kopi nya asli enak, selain kopi ada juga macem-macem teh dan Hot Chocolate, bisa Pilih yang dingin atau yang panas, menurut aku mendingan Pilih yang panas soalnya tempat nya dingiiiiiiiiiin banget jadi cocoknya minum yang panas….Pastry nya enak-enak apalagi Apple Pie dan Apple Strudelnya, makanan yang ditawarin disini rata-rata European food tapi ada juga makanan lokal seperti nasi goreng…harganya sesuai dengan rasanya.. ..


Tempat yang juga asik Ngopi Doeloe…tempat nya ada beberapa di Bandung tapi, yang aku tau di Jl. Merdeka sama di jalanApa yah yang sebelahnya Borromeus itu lho…Jl. Hasanudin bukan ya??? Pokoknya disitu deh..yang tau info yah…Kopi nya enak..tapi yang paling enak es Cingcau hijau samaGreen Tea Float nya....(nama beneranya Lupa…kalo udah tua gini deh..lupaaaaaaaaaa mulu..), menu makanannya Variatif..aku pernah coba Chicken Cordon Bleu, Roti Canai, Martabak telor, rasanya enak dan harganya nggak terlalu mahal juga…pokonya recommended deh..udah gitu ada WIFI nya lagi..jadi kalo ngumpul-ngumpul bareng temen dijamin betah…


Ternyata lumayan banyak juga ya…padahal belum semua aku ceritain…..selain surganya makanan enak Bandung juga surganya belanja….next time aku certain tempat belanja yang oke di Bandung versi nya aku :-D

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Featured Article