Ternyata Ada Sebatang Pohon Mahoni Seharga 1 Miliar Rupiah

14 Maret 2011 23:02:06 Dibaca :

Pohon mahoni (Swietenia Macrophylla King) sering kita jumpai sebagai tanaman pelindung dan perindang di tepi jalan. Pemilihan mahoni sebagai tanaman lindung tepat sekali karena dapat mengurangi polusi udara sekitar 47-69 persen. Daun-daunnya bertugas menyerap polutan di sekitarnya dan akan melepaskan oksigen yang membuat udara di sekitar pohon itu menjadi segar.

Ketika hujan turun akar-akar mahoni akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air, sehingga sering dijuluki filter udara dan penyimpan air. Pohon mahoni adalah tumbuhan berbatang keras yang dapat tumbuh mencapai 40 meter dengan diameter hingga 125 cm. Batangnya lurus berbentuk silindris dengan kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik dan akan mengelupas ketika sudah tua.

Kayu mahoni dapat digunakan sebagai bahan baku mebel, kerajinan dan kayu bakar. Kadang juga dipakai sebagai bahan pembuatan perlengkapan rumah seperti kusen, daun pintu dan daun jendela di desa-desa karena bukan merupakan kayu unggulan.Jika bukan kayu unggulan bagaimana mungkin berharga satu miliar rupiah per batangnya? Bisa saja terjadi bila tuntutan Walikota Padang, Fauzi Bahar terhadap Kentucky Fried Chicken (KFC) di Jalan Ahmad Yani, Kota Padang, sebesar satu miliar rupiah dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Padang.

Fauzi Bahar menuntut pengelola rumah makan ayam cepat saji itu karena diduga telah meracuni pohon mahoni yang tumbuh sebagai tanaman pelindung di samping bangunan KFC itu. Saat ini akar dari tanaman itu sedang diperiksa untuk membuktikan kebenaran dugaan yang dilontarkan oleh Fauzi Bahar.

Menurut Fauzi, tuntutan terhadap KFC didasarkan Undang-Undang Lingkungan Hidup dan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 tahun 2005 tentang Ketertiban dan Ketenteraman Umum, karena akibat racun yang digunakan pihak KFC maka pohon pelindung itu rubuh pada tanggal 28 Desember 2010 yang lalu, bersamaan dengan datangnya hujan deras dan angin kencang di Kota Padang.

Apabila tuntutan Walikota Padang ini dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Padang maka bisa masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) menjadi pohon mahoni bernilai paling tinggi di Indonesia, sekaligus sebagai peringatan kepada semua orang agar tidak merusak dan menebang pohon pelindung.

Sumber:
- wikipedia
- okezone

Fajar

/alfajar

TERVERIFIKASI (HIJAU)

orang biasa sedang belajar menulis apa saja
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?