Yugi-oh! Permainan Kartu Terbaik yang Pernah Ada

18 Mei 2017 14:09:51 Diperbarui: 18 Mei 2017 14:20:23 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Yugi-oh! Permainan Kartu Terbaik yang Pernah Ada
HacksPK.com

Mungkin anda menganggap bahwa judul yang saya ambil itu berlebihan. Ah, mana mungkin sih permainan yang di angkat dari sebuah anime atau kartun bisa menjadi permainan kartu terbaik yang pernah ada? Saya dengan sangat jelas dan penuh keyakinan akan menjawab, iya. Yugi-oh Trading card games adalah permainan kartu terbaik yang ada saat ini.

Di berbagai belahan dunia, dimana pun anda berada, anda akan menjumpai orang-orang yang memainkan permainan kartu ini. Anda salah jika anda menganggap permainan ini adalah permainan yang simpel dan remeh temeh, yang hanya merupakan permainan anak-anak. Sangat salah. Perlu strategi berpikir, kebijakan dan juga pengalaman untuk bisa memenangkan permainan kartu ini.

Permainan kartu Yugi-Oh sebenarnya bukan barang baru di dunia ini. Permainan kartu ini dirilis pertama kali oleh Konami, pada tahun 1998. Tidak terasa sudah 18 tahun, ia dikenal oleh anak-anak di penjuru dunia ini. Saya sendiri mengenal kartu Yugi-Oh semenjak SMP. Tapi kala itu saya tidak tahu cara bermainnya dan hanya suka melihat-lihat gambar yang ada di dalamnya. 

Ketika di SMA, saya baru mulai mencoba memainkannya. Berbekal sering melihat teman memainkan kartu ini, saya akhirnya mengetahui peraturan permainan ini. Dan tentu saja itu sangat mengasikkan, apalagi setelah mengenal kartu Yugi-Oh, kemampuan saya berbahasa Inggris meningkat pesat. Ya... modal utama untuk bisa memainkan permainan ini adalah paham bahasa Inggris. Karena semua efek kartu yang ada di Yugi-Oh dituliskan dalam bahasa Inggris dan mau tidak mau kita harus belajar untuk bisa mengetahuinya.

Jenis Kartu Yugi-Oh

Kartu Yugi-Oh sendiri terdiri dari 3 kartu utama, yaitu Monster Card, Spell Card dan Trap card

1. Monster Card 

Monster card ini memiliki ATK (Attack - nilai power kekuatan untuk menyerang) dan DEF (Defense - nilai power kekuatan untuk bertahan). Jika kita menyerang monster dengan ATK lebih rendah dari ATK monster kita, maka monster musuh akan hancur dan selisih ATK tersebut akan dikurangkan pada Life Point. Ah rasanya agak susah jika saya menjelaskan detailnya seperti apa.

Yang jelas, kartu monster ini berdasarkan efek yang dimilikinya dibagi jadi dua:

a. Normal Monster -monster ini tidak memiliki effect atau skill khusus yang dimilikinya

b. Effect Monster - monster ini memiliki effect atau skill khusus yang dimilikinya

Bukan berarti normal monster lebih lemah dari effect monster, Jika kita bisa menggabungkan dan menyusun strategi, boleh jadi kumpulan normal monster jauh lebih menakutkan dari effect monster

Selain dari effect -Monster juga dapat dikategorikan berdasarkan cara untuk mensummon / memanggilnya:

a. Normal Summon - Monster dengan level 4 ke bawah, bisa di summon satu kali setiap giliran kita

b. Tribute Summon - Monster dengan level 5 dan 6 dapat dipanggil dengan mengorbankan 1 monster milik kita. Sedangkan level 6 ke atas dapat dipanggil dengan mengorbankan 2 monster milik kita

c. Special Summon - Monster dapat dipanggil dengan cara khusus, misalnya dapat dipanggil menggunakan effect kartu tertentu. Contoh Monster Reborn dapat digunakan untuk men-special summon monster kita yang telah hancur dan berada di kuburan (graveyard)

d. Fusion Summon - Monster dapat dipanggil dengan menggabungkan dua monster yang dipersyaratkan, biasanya fusion ini dilakukan dengan tambahan kartu magic. Misal untuk mensummon Thousand Dragon yang ada di Extra Deck, anda memerlukan monster Time Wizard + Baby Dragon dan Magic Card "Polymerization". 

e. Ritual Summon - Monster jenis ini dapat dipanggil jika anda memiliki Magic Card dan Monster Card yang dipersyaratkan serta mengorbankan sejumlah kartu monster sejumlah level monster yang akan kita panggil. Misal untuk memanggil monster "Relinquished" anda membutuihkan kartu magic "Black Illusion Ritual" dan mengorbankan monster level 1.

f. XYZ summon - Monster jenis ini dapat dipanggil dari extra deck dengan mengorbankan beberapa monster dengan level yang sama. Misalnya kartu Number 39 : Utopia, dapat dipanggil dengan mengorbankan 2 monster level 4.

g. Synchro Summon - Untuk bisa memanggil monster ini, anda membutuhkan monster dengan efek Tuner dan monster lain yang jika jumlah levelnya dijumlahkan akan sesuai dengan jumlah level monster synchro yang akan dipanggil. Misal: Untuk memanggil Synchro monster "Armory Arm" level 4 maka anda membutuhkan 1 monster tuner level 2 dan 1 monster non tuner level 2 (jumlah level keduannya adalah 4 (level 2 ditambah level 2) sesuai dengan level Armory arm)

h. Pendulum Summon - Anda bisa memanggil monster sebanyak apapun yang anda mau, tapi anda harus memasang 2 monster pendulum di pendulum zone. Level monster yang bisa di summon berada di antara level 2 monster pendulum yang anda pasang. Misal monster pendulum satu memiliki level 2, sedangkan monster pendulum dua memiliki level 7, maka anda dapat mensummon monster lvel 3 sampai 6 sebanyak yang anda inginkan di tiap giliran anda.

i. Link Summon - ini adalah metode summon yang terbaru dan saya belum begitu paham. Intinya untuk memanggil monster ini, anda harus memiliki link material monster yang dipersyaratkan sejumlah dengan Link number. Dan keistimewaan link summon ini memiliki panah-panah pada sudutnya yang merupakan effect miliknya pada kartu lain yang ditunjuk oleh panah tersebut.

Yang jelas untuk memenangkan permainan ini ada 3 cara yang bisa dilakukan:

1. Mengurangi jumlah Life Point lawan menjadi 0

2. Lawan kehabisan kartu (tidak memiliki kartu lagi di deck nya)

3. Special method, ada beberapa cara khusus agar anda bisa menang. Misal dengan mengumpulkan 5 kartu Exodia, maka secara otomatis anda akan menang.

Hadeuh... capek banget saya mengetik ini.... dan masih banyak sisi dari monster card yang belum dikupas. Belum bahas, field card, equip card, spell card, trap card, extra deck, graveyard, dan sebagainya. Mungkin saya bisa buat satu buku buat menjelaskan keseluruhan detail permainan kartu ini. 

Yang jelas permainan Yugi-oh ini adalah permainan yang selalu berkembang dan berkembang. Nggak ada matinya pokoknya. Selalu ada kartu baru, metode permainan yang baru yang membuat kita selalu tertantang dan tidak bosan memainkannya. Anda bisa menyusun deck anda sendiri dari ratusan (atau ribuan?) kartu yang ada. Bisa menggunakan metode summon apapun, bisa menggunakan strategi yang tak terbatas untuk bisa memenangkan permainan. Monster yang lemah pun bisa menjadi lawan yang menakutkan jika kita bisa mengkombinasikannya dengan efek kartu lain yang ada.

Cobalah permainan ini dan anda akan menyadari betapa kompleks dan mengasikkannya permainan yang sudah belasan tahun ada di dunia ini...

*LETS DUEL

Syahdan Adhyasta

/alf_dc

Hidup ini bagaikan sebuah lautan, dan kitalah nelayan yang sedang mengarunginya.. Sejauh apapun kita melaut, pasti akan ada masa dimana kita harus kembali ke daratan tempat kita berasal.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL hiburan

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana